Informasi dan Tips – informasitips.com

Stimulasi Motorik Kasar dan Halus Bayi Usia 4 – 6 Bulan

Posted on by in , with 1 Comment

informasitips.com – Artikel ini merupakan lanjutan dari artikel sebelumnya yang berjudul “Stimulasi Motorik Kasar & Halus Bayi Usia 0-3 Bulan“. Perkembangan motorik adalah proses tumbuh kembang kemampuan gerak seorang anak.

Jika pada 2 bulan pertamanya gerakan refleks masih dominan, di usianya yang menginjak 4 bulan bayi sudah lebih bisa mengekspresikan dirinya dengan cara menggerak-gerakkan tubuh atas kemauannya sendiri.

Tangan dan kakinya semakin bebas bergerak dan otot lehernya juga semakin kuat. Bayi sudah bisa menegakkan kepalanya sejajar dengan tubuh dan menggunakan tangan untuk penopangnya. Genggamannya semakin erat dan bayi mulai senang memindahkan mainan favoritnya dari satu tangan ke tangan yang lain. Jadi, inilah waktu yang baik untuk memberinya banyak rangsangan.

Melihat apakah perkembangan motorik kasar dan halus bayi sudah termasuk
normal atau tidak merupakan hal yang sulit, karena kemajuan perkembangan setiap bayi berbeda. Ada yang lebih cepat perkembangannya, ada juga yang lambat. Jadi, ketika Anda mendapati perkembangan bayi tidak secepat bayi lainnya, jangan buru-buru menilainya mengalami kelainan. Sangat mungkin hal ini terjadi karena bayi tersebut kurang mendapatkan stimulasi sehingga kemampuan motoriknya tidak terasah dengan baik. Tetapi bila Anda merasa tidak yakin sebaiknya periksakan bayi ke dokter untuk mengetahui ada-tidaknya keterlambatan perkembangan.

Stimulasi perkembangan motorik kasar dan halus bayi usia 4 - 6 bulan

Ingat bahwa bayi adalah mahluk kecil “yang tidak berdaya” dan sangat bergantung kepada orang lain, terutama Anda sebagai orang tuanya. Sudah merupakan tugas Anda sebagai orang tua untuk terus memantau perkembangan motorik bayi dan memberikan rangsangan yang sesuai dengan usianya agar si kecil berkembang optimal.

Berikut berbagai stimulasi motorik kasar dan halus yang dapat Anda berikan kepada bayi Anda berdasarkan tahapan usianya :

Usia bayi 4 bulan

  • Stimulasi motorik kasar:

    Umumnya di usia ini bayi sudah dapat memiringkan badannya ke sisi kiri dan kanan. Berikan latihan kepada bayi Anda dengan membunyikan mainan di atas kepalanya, dan pindahkan mainan tersebut secara perlahan ke salah satu sisinya. Hal ini dapat merangsang bayi Anda untuk memiringkan badannya dan berguling.

    Jika hal ini dilakukannya, biarkan bayi mengambil mainan yang ada di tangan Anda sehingga bayi menyadari bahwa gerakannya membuatnya berhasil mendapatkan hal yang diinginkannya. Lakukan kegiatan ini secara bergantian pada sisi kiri dan kanannya.

    Sebaiknya ketika bayi Anda terjaga baringkan dia dalam posisi tengkurap dan rangsanglah dengan membunyikan mainan dari atas atau depan supaya dia mengangkat kepalanya. Kegiatan “tummy time” ini dapat melatih otot lehernya agar semakin kuat yang diperlukan saat dia duduk. Posisi ini juga memungkinkan bayi untuk bergerak maju, latihan ini dapat menguatkan otot lengan bayi Anda.

    Rangsangan lain yang bisa diberikan dalam keadaan tengkurap pada usia ini adalah dengan memegang kedua betis bayi, lalu gerakkan kakinya naik dan turun. Atau angkat kaki kirinya menyilang ke kaki kanan sampai telapak kakinya menapak. Kembalikan ke posisi semula dan bergantian dengan kaki kanannya.

  • Stimulasi motorik halus:

    Untuk melatih genggaman tangan bayi semakin kuat dalam memegang, berikan mainan yang memiliki pegangan seperti mainan aman yang enak digigit dapat mendorongnya untuk terus menggenggam. Anda juga bisa memberikan mainan bergemerincing dalam berbagai bentuk dan warna yang menarik, serta ukuran yang sesuai genggamannya.

    Letakkan beberapa mainan yang berwarna menarik dalam jangkauannya dan biarkan bayi mencoba meraih benda-benda tersebut dalam keadaan tengkurap di kasur atau busa tebal yang luas.

    Dalam keadaan telentang, genggam tangan bayi Anda dan rentangkan lengannya sejauh mungkin ke arah atas dan samping tubuh. Bisa dilakukan beberapa kali dengan gerakan yang bersamaan atau bergantian antara lengan kanan dan kirinya. Rangsangan ini dapat melenturkan otot bayi Anda untuk digerakkkan ke segala arah.

Usia bayi 5 bulan

  • Stimulasi motorik kasar:

    Di usia ini bayi pada umumnya sudah dapat berguling ke satu arah saja. Bisa dari posisi terlentang ke tengkurap saja atau dari posisi tengkurap ke terlentang. Berikan bantuan gerakan berguling ke arah perut bila bayi Anda masih belum dapat melakukannya dengan baik. Misalnya saat bayi mulai miring ke kanan, tekuk tungkai kaki kirinya ke depan, bantu dengan tangan Anda yang menekan dan mendorong punggung dan bokong bayi secara perlahan-lahan.

    Beri juga rangsangan lainnya dengan membunyikan mainan favoritnya atau memberikan cermin di depan posisi bayi saat memiringkan tubuhnya. Ini akan menarik perhatian bayi dan mendorongnya untuk mengarahkan badannya untuk menggapai mainan favoritnya atau melihat dirinya di cermin. Dengan stimulasi ini, lambat laun bayi dapat telungkup. Lakukan berulang kali sampai bayi bisa melakukannya sendiri.

    Bayi Anda mulai senang bila diberdirikan di atas pangkuan Anda pada usia ini. Kegiatan baru ini membuat bayi merasakan posisi yang lain selain berbaring atau duduk. Biarkan bayi menaik-turunkan tubuhnya dan berseru kegirangan. Rangsangan ini menambah kemampuan gerak serta kelenturan otot tubuh bayi Anda.

  • Stimulasi motorik halus:

    Baringkan bayi dalam posisi terlentang dan bermainlah dengan jari-jarinya. Biarkan bayi mempelajari apa yang bisa dilakukan dengan jari-jarinya. Berilah benang wol warna merah yang besar, gelindingkan di atas kepalanya. Ketika benang wol dijatuhkan bayi akan berusaha untuk mencari dan menggapainya.

    Berikan bayi Anda gelas plastik bergagang yang berwarna cerah, pertama ke satu tangannya, kemudian arahkan gelas plastik tersebut ke tangannya yang lain, sehingga mainan tersebut berpindah tangan. Rangsangan ini membuat bayi belajar bagaimana memindahkan mainannya sendiri dan mulai belajar untuk dapat menggenggam sebuah mainan dengan satu tangan saja. Bayi juga mulai dapat memutar pergelangan tangannya untuk melihat benda di dalam genggamannya.

Usia bayi 6 bulan

  • Stimulasi motorik kasar:

    Di usia ini bayi Anda belum bisa duduk sendiri, namun Anda sudah bisa memposisikannya untuk duduk saat bayi digendong atau diletakkan di kereta bayi. Sering-seringlah melakukannya karena posisi duduk ini dapat melatihnya untuk mampu duduk sendiri walaupun tidak dalam waktu yang lama tanpa dibantu Anda.

    Mendudukkan bayi Anda di kursi tinggi/kursi makannya juga bisa merangsangnya untuk belajar duduk sendiri tanpa dibantu.Stimulasi yang dapat juga dilakukan pada usia ini adalah dengan meletakkan dia di pangkuan Anda ketika duduk bersila di lantai dan menghadap ke luar. Kaki dan perut Anda memberikan dukungan yang dibutuhkan punggungnya untuk duduk sendiri.

  • Stimulasi motorik halus:

    Sediakan mainan gantung yang dapat mengeluarkan bunyi dan bercorak atau kontras di tempat tidur, kursi mobil khusus untuk bayi, ayunan atau kereta bayi Anda. Rangsang bayi untuk meraih dan memegang beragam tekstur. Saat ini banyak dijual mainan gantung atau buku bayi berbahan lembut yang dapat memberikan rangsangan taktil (berkaitan dengan sentuhan dan rabaan).

    Anda juga bisa memperkenalkan bermacam tekstur benda-benda di rumah seperti kain yang halus, kasar dan berbulu. Ketika sedang bersantai bersama buah hati Anda bisa bermain sambil memperkenalkan sensasi sentuhan yang lembut, menggelitik dan kuat (pijatan berupa sentuhan lembut namun mantap di tubuh bayi).

Jangan lupa untuk selalu berkomunikasi dengan bayi ketika Anda memberikan stimulasi. Bicaralah dengan kata-kata yang lembut dan berbagai ekspresi. Suara Anda adalah suara favorit bayi, karena memberi rasa aman dan nyaman baginya. Berikan stimulasi dalam suasana yang menyenangkan dan penuh rasa cinta.

Semoga bermanfaat!

Artikel Terkait

One thought on “Stimulasi Motorik Kasar dan Halus Bayi Usia 4 – 6 Bulan

  1. arelina

    Ass. Nama saya arelina, umur saya 27 th, saya mempunyai anak 2 ☺яåήĞ , anak yg pertama saya perempuan berusia 21 bulan, anak yang ke 2 saya laki-laki berusia 5 bulan, yang ingin saya tanyakan, kenapa anak ke 2 saya ini belum juga dapat tengkurap, dan kepala nya msh goyang-goyang bila di gendong, berat badan anak saya itu 7,5 kg, saya takut, apakah ada kelainan pada anak saya tsb, karena di bandingkan dgn kakaknya dulu tidak sprti ini, dan anak sebaya usia dia sudah dpt tengkurap, saya takut dan cemas, terimakasih.. Wasallam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

TEMUKAN KAMI DI:

NEWSLETTER

Mau berlangganan artikel Kami? Tulis Email Anda pada form di bawah ini.

Cek Email Anda setelahnya untuk mengaktifkan layanan newsletter. Terimakasih

OUR FRIEND