Informasi dan Tips – informasitips.com

Manfaat Kopi untuk Kesehatan Tubuh

informasitips.com – Siapa yang tidak kenal kopi? Kita, sebagai warga negara Indonesia yang merupakan salah satu negara penghasil kopi terbesar di dunia, tentu telah akrab dengan biji yang memiliki aroma khas tersebut. Para penikmat kopi tidak susah untuk dijumpai di sekitar kita. Sungguh beruntunglah mereka, karena banyak studi menunjukkan bahwa kopi memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Nah, berikut ini beberapa manfaat kopi untuk kesehatan tubuh:

  • Manfaat kopi sebagai minuman berenergi

    Kopi bermanfaat dalam meningkatkan energi tubuh kamu, sehingga Kamu tidak merasa lelah lagi (Referensi: 1). Senyawa yang terkandung dalam kopi, yaitu kafein, merupakan suatu stimulan yang di dalam otak dapat berfungsi dalam mem-blok senyawa penghambat neurotransmitter, yaitu Adenosin. Hal itu akan menyebabkan meningkatnya jumlah neurotransmitter di dalam otak, seperti norepinephrine dan dopamine, yang pada akhirnya akan menstimulasi neuron-neuron yang terdapat di dalam otak (Referensi: 2, 3). Stimulasi neuron tersebut akan meningkatkan beberapa fungsi otak, seperti kemampuan memori, meningkatkan mood, energi, respon terhadap rangsangan, serta fungsi kognitif secara umum (Referensi: 4, 5) . Hal tersebut akan membuat Kamu menjadi lebih pandai ketimbang sebelumnya.

  • Kopi Bermanfaat Meningkatkan Kemampuan Fisik

    Manfaat kopi dalam menstimulasi kemampuan fisik disebabkan oleh kandungan kafein yang dapat merangsang pelepasan hormon Adrenalin atau Epinefrin (Referensi: 6), serta kemampuan kafein yang mempengaruhi sel-sel lemak dalam mengurai lemak menjadi asam lemak (Referensi: 7, 8). Pelepasan adrenalin membuat tubuh siap dalam melakukan berbagai aktivitas fisik, sementara itu kafein juga akan mempengaruhi sel-sel lemak untuk terpecah menjadi penyusunnya, yaitu asam lemak, yang siap digunakan sebagai sumber energi untuk berbagai aktivitas fisik yang akan dilakukan. Hal tersebut membuat kafein dikatakan sebagai senyawa yang mampu meningkatkan performa fisik sebesar 11 hingga 12% (Referensi: 9, 10).

  • Kopi Mengatasi Depresi dan Membuat Lebih Bahagia

    Sebuah studi yang dilakukan oleh para peneliti di Harvard University menyebutkan bahwa dengan mengonsumsi kopi 4 cangkir sehari akan menurunkan risiko untuk terkena depresi sebanyak 20% (Referensi: 11). Studi lain menyebutkan bahwa mereka yang meminum kopi sebanyak 4 cangkir sehari akan menurun kecenderungannya untuk melakukan bunuh diri sebesar 53% (Referensi: 12).

  • Kopi Berkhasiat Membakar Lemak

    Kandungan kafein dalam kopi dapat meningkatkan laju metabolisme sebesar 3 hingga 11% (Referensi: 13, 14). Hal tersebut dapat menstimulasi pembakaran lemak dalam tubuh, seperti yang ditunjukkan oleh sebuah studi yang membuktikan bahwa kafein dapat meningkatkan proses pembakaran lemak pada mereka yang gemuk sebesar 10% dan mereka yang kurus sebesar 29% (Referensi: 15). Hanya saja, efek tersebut tampaknya akan hilang pada mereka yang telah lama menjadi peminum kopi.

  • Khasiat Kopi Menurunkan Risiko Diabetes Tipe II

    Sebuah studi menunjukkan bahwa mereka yang meminum kopi akan mengalami penurunan risiko terkena diabetes tipe II sebesar 23-50%, bahkan studi lain menunjukkan bahwa risiko diabetes tipe II dapat turun hingga 67% (Referensi: 16, 17, 18, 19, 20). Diabetes tipe II merupakan masalah kesehatan yang dihadapi dunia, bagaimana tidak, 300 juta jiwa mengalami masalah kesehatan terkait diabetes tipe II.

  • Kopi Berkhasiat Menurunkan Risiko Parkinson

    Parkinson merupakan penyakit neurodegenerative yang disebabkan oleh matinya sel-sel di otak yang berfungsi menghasilkan dopamine. Hingga saat ini, dunia medis belum menemukan pengobatan yang bisa menyembuhkan penyakit Parkinson. Oleh karena itu, saat ini para peneliti lebih memfokuskan diri pada proses pencegahannya. Berbagai studi menunjukkan bahwa mereka yang meminum kopi akan memiliki risiko Parkinson yang rendah. Risiko terkena Parkinson akan turun sebesar 32-60% (Referensi: 21, 22, 23, 24). Menurut studi yang lain, kafein diduga merupakan senyawa yang berperan dalam penurunan risiko Parkinson tersebut, pasalnya mereka yang meminum kopi tanpa kafein tidak terpengaruh risiko Parkinson-nya (Referensi: 25).

  • Kopi Bermanfaat Melindungi dari Alzheimer dan Demensia

    Alzheimer merupakan penyakit neurodegenerative yang menyebabkan terjadinya demensia. Biasanya penyakit seperti ini muncul pada mereka yang berusia lebih dari 65 tahun. Sayangnya, hingga kini belum ada obat yang dapat menyembuhkan Alzheimer. Meski begitu, ada beberapa hal yang bisa dilakukan guna mencegah penyakit kepikunan ini, seperti memiliki kebiasaan hidup dan makan sehat. Selain itu, mengonsumsi kopi diduga dapat menurunkan risiko terkena Alzheimer. Hal tersebut dibuktikan oleh beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa para peminum kopi memiliki risiko terkena Alzheimer yang lebih rendah, risiko Alzheimer akan turun sebesar 65% (Referensi: 26, 27, 28).

  • Manfaat Kopi dalam Melindungi Hati

    Manfaat Kopi untuk Kesehatan

    Hati merupakan organ yang penting bagi tubuh manusia. Ratusan fungsi dijalankan oleh organ hati. Di saat yang sama, beberapa penyakit diketahui dapat mempengaruhi fungsi hati secara negatif. Jika keadaan bertambah parah, maka akan muncul luka pada jaringan hati yang kemudian disebut dengan cirrhosis. Kopi diketahui bermanfaat dalam melindungi organ hati dari cirrhosis. Menurut penelitian, mereka yang meminum 4 cangkir kopi per hari nya akan turun risiko untuk terkena sirosis hati sebesar 80%. (Referensi: 29, 30, 31).

  • Meminum Kopi Bermanfaat dalam Menurunkan Risiko Beberapa Jenis Kanker

    Paling tidak ada dua jenis kanker yang dapat diperangi oleh kopi, yaitu kanker hati dan kanker kolorektal. Kedua jenis kanker tersebut masing-masing menempati urutan ke-3 dan ke-4, secara berturut-turut, sebagai penyakit kanker yang menyebabkan kematian di dunia. Sebuah studi menunjukkan bahwa para peminum kopi mengalami penurunan risiko sebesar 40% terkena kanker hati (Referensi: 32, 33). Studi yang lain menunjukkan bahwa meminum 4-5 gelas kopi sehari dapat menurunkan risiko terkena kanker kolorektal sebesar 15% (Referensi: 34).

  • Kopi Menurunkan Risiko Stroke dan Tidak Menyebabkan Penyakit Jantung

    Mungkin banyak dari kita sering megira bahwa kopi dapat meningkatkan tekanan darah. Hal tersebut memang benar, namun peningkatannya ternyata tidak lah tinggi, peningkatan yang terjadi sebesar 3-4 mm/Hg. Namun, hal itu terjadi pada mereka yang jarang mengonsumsi kopi, bila Kamu termasuk yang sering meminum kopi maka efek peningkatan terkanan darah tersebut tidak lagi akan Kamu rasakan (Referensi: 35, 36). Beberapa studi juga membuktikan hal tersebut (Referensi: 37, 38), meski mungkin pada sebagian orang peningkatan tekanan darah itu tetap terjadi (Referensi: 39, 40). Di sisi lain, terdapat bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa para perempuan yang suka meminum kopi mengalami penurunan risiko penyakit jantung, seperti yang ditunjukkan pada studi 41. Studi lain (Referensi: 42, 43) menunjukkan bahwa risiko terkena stroke akan turun sebesar 20 persen pada para peminum kopi.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: