Informasi dan Tips – informasitips.com

Tips Tetap Sehat dan Bugar Saat Puasa

informasitips.com – Ramadhan penuh berkah dan ampunan telah datang menyapa, saatnya kita menjalankan ibadah puasa. Menahan haus dan lapar selama satu bulan terkadang membuat tubuh menjadi lemas dan kurang energik. Akibatnya kita hanya bermalas-malasan sepanjang hari. Padahal di bulan yang agung ini pahala ibadah kita dilipatgandakan. Rugi bukan kalau waktu kita habis untuk tiduran saja? Nah, berikut ini tips sehat dan bugar selama berpuasa agar puasa tidak mengganggu aktivitasmu.

1. Saat Sahur
Makan sahur sangat penting bagi kesehatan sekaligus berpahala. Sahur juga penting sebagai bekal kita untuk menjalankan ibadah puasa selama seharian penuh. Makan sahur adalah momen yang tepat bagi tubuh untuk menjaga pasokan nutrisi selama bulan puasa.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat sahur adalah:

  • Jangan makan sahur di waktu yang terlalu awal. Lebih baik akhirkan waktu sahur agar makanan dicerna ketika kita sudah mulai berpuasa sehingga perut tetap kenyang selama puasa. Selain itu, mengakhirkan makan sahur akan mencegah kita tidur setelah sahur.

  • Konsumsi lebih banyak makanan tinggi protein dan serat ketika sahur. Proses pencernaan protein dan serat lebih lama daripada karbohidrat sehingga terhindar dari rasa lapar. Serat juga dapat menjaga kestabilan gula darah. Untuk itu, perbanyaklah konsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan agar tubuh tetap sehat dan bugar sepanjang hari.

    tips sehat dan bugar saat puasa Meskipun begitu, bukan berarti Anda hanya perlu makan protein saja. Makanan yang baik saat sahur adalah makanan yang tidak mengandung satu zat gizi saja, namun mengandung protein, karbohidrat (khususnya karbohidrat kompleks seperti seperti kacang, nasi, beras merah, pisang, kentang, ubi, jagung, gandum), vitamin dan mineral lainnya yang dibutuhkan tubuh.

  • Kurangi konsumsi lemak dan minyak karena menyebabkan rasa haus.
  • Minum susu dan jus buah untuk melengkapi kebutuhan vitamin dan mineral sehingga tetap bugar sepanjang hari.
  • Hindari kekenyangan karena akan membuat anda malas beraktivitas.



2. Saat Berbuka
Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat berbuka adalah:

  • Setelah seharian berpuasa tentunya kadar gula darah kita menurun. Untuk itu, konsumsilah makanan hangat dan manis, misalnya teh manis hangat agar gula darah segera naik. Makanan terbaik untuk berbuka adalah kurma karena mengandung glukosa yang mudah dicerna. Selain itu, kurma juga kaya akan kandungan gizi dan manfaat, diantaranya kalium, magnesium, vitamin B, dan kaya serat yang bisa membantu mengatasi masalah gangguan pencernaan saat puasa.

    Meskipun boleh mengkonsumsi makanan yang manis, namun jangan berlebihan (terlalu manis) karena segala sesuatu yang berlebihan tentunya tidak baik untuk tubuh.

  • Hindari konsumsi es atau minuman dingin saat adzan maghrib berkumandang. Minuman dingin membuat tubuh mengeluarkan energi lebih banyak untuk mencernanya.
  • Beri jeda waktu sebelum mengonsumsi makanan yang berat seperti nasi lengkap dengan lauk-pauk. Hal ini dimaksudkan agar lambung tidak kaget.
  • Hindari prinsip “balas dendam” saat berbuka puasa. Biasanya, karena sudah lapar setelah seharian berpuasa, ketika berbuka kita ingin menyantap segala makanan yang ada. Akibatnya perut menjadi kekenyangan dan tubuh kita jadi tidak energik. Kekenyangan bisa menyebabkan sakit perut dan juga menghambat aktivitas ibadah Sholat tarawih. Prinsip “balas dendam” saat berbuka juga akan mengakibatkan peningkatan berat badan berlebih pada saat puasa. Itulah sebabnya mengapa banyak orang justru jadi bertambah gemuk pada saat berpuasa, karena tidak pandai mengatur pola makannya saat puasa.



3. Sholat tarawih
Sholat tarawih selain untuk beribadah kepada Allah juga bermanfaat baik bagi tubuh kita. Sholat tarawih akan meningkatkan metabolisme tubuh. Saat adzan maghrib berkumandang, biasanya kita akan menyantap segala jenis makanan yang ada dihadapan hingga kekenyangan. Akibatnya perut terasa sakit. Nah, untuk menghindarinya laksanakanlah sholat tarawih. Gerakan sholat akan membantu proses pencernaan sehingga terhindar dari sakit perut. Selain itu sholat tarawih akan mencegah kita dari tidur dalam keadaan kenyang yang tidak baik untuk kesehatan.


4. Perbanyak air putih
Menahan haus ternyata lebih berat daripada menahan lapar. Seringkali puasa menyebabkan dehidrasi yanga bisa menimbulkan berbagai keluhan seperti mulut kering, lemas, dan lainnya. Untuk menghindari dehidrasi saat puasa, dianjurkan banyak mengonsumsi air putih di malam hari. Hal ini tidak berarti anda harus minum banyak air putih sekaligus saat berbuka, namun minum air putih secara berkala mulai dari saat buka puasa hingga menjelang tidur dan saat sahur.

Pertahankan konsumsi 8 gelas air perhari meskipun sedang berpuasa. Pasokan air yang cukup sangatlah diperlukan agar keseimbangan carian tubuh tetap terjaga. Selama berpuasa seharian, cairan akan terbuang dari tubuh terutama saat beraktivitas padat di siang hari. Menjaga cairan tubuh tetap seimbang dapat membuat tubuh kita menjadi lebih bugar dan fit sepanjang hari. Konsumsi juga makanan yang mengandung air seperti buah-buahan dan hindari makanan yang merangsang pencernaan seperti makanan pedas.


5. Tidur
Cukup tidur akan membuat kita sehat dan bugar. Waktu tidur yang baik menurut kesehatan adalah 6-8 jam sehari, tidak kurang dan tidak berlebihan. Seringkali kita menghabiskan waktu untuk tidur lebih banyak saat puasa, padahal terlalu banyak tidur justru membuat tubuh lemas.

Usahakan tidak tidur setelah makan sahur. Kebiasaan ini akan membuat tubuh menjadi lemas di siang hari. Saat tidur asam lambung diproduksi lebih banyak dan gerak peristaltik dipercepat, sehingga makanan juga lebih cepat dicerna.

Hindari tidur siang terlalu lama. Maksimal boleh tidur siang selama 1-2 jam saja. Terlalu lama tidur siang justru dapat menurunkan semangat, produktivitas dalam bekerja dan beribadah serta mengakibatkan penumpukan lemak di tubuh kita.


6. Olahraga
Olahraga adalah cara tepat menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Olahraga juga tetap perlu dilakukan meskipun sedang puasa. Hanya intensitasnya dikurangi dan waktunya diubah. Jika biasanya olahraga dilakukan tiga kali seminggu, sebaiknnya sekarang dilakukan sekali dalam seminggu. Karena sedang berpuasa, maka olahraga bisa dilakukan setelah isya’. Awali dengan pemanasan sebelum melakukan olahraga inti. Dengan demikian tubuh tetap bugar selama puasa.


7. Hindari Soda
Hindari terlalu banyak minuman bersoda baik saat sahur maupun berbuka. Selain memang kurang baik untuk kesehatan, konsumsi nimuman bersoda akan mengurangi konsumsi air putih yang mengandung banyak mineral penting yang diperlukan tubuh.


8. Perhatikan makanan
Perhatikan makanan yang dikonsumsi saat sahur dan berbuka. Agar bisa lebih tahan dan tidak lemas saat siang hari, perbanyaklah makan makanan yang lebih lama dicerna oleh usus, misalnya biji-bijian seperti oat, gandum, kacang-kacangan, dan protein. Perbanyak pula makan makanan yang berserat karena selain lebih lama dicerna, serat juga dapat menjaga kesehatan pencernaan selama berpuasa. Serat bisa diperoleh dari buah-buahan dan sayuran. Selain kaya serat, buah-buahan dan sayuran juga kaya vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan tubuh.

Salah satu jenis vitamin yang penting untuk dikonsumsi setiap hari adalah vitamin B dan C karena fungsinya mampu membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan juga berperan dalam metabolisme karbohidrat menjadi energi.

Bagi anda yang sudah lanjut usia dan tetap berpuasa, sebaiknya konsumsi makanan yang lembut untuk mempermudah pencernaan. Jangan lupa tetap minum susu penguat tulang.


9. Pilih aktivitas yang bermanfaat
Hindari hal-hal yang menguras energi dan kurang bermanfaat seperti game, main petasan, lari-lari, ngrumpi, dan sebagainya. Selain tidak bermanfaat, aktivitas diatas juga menguras energi. Meskipun begitu, jangan sampai juga kamu tidak melakukan aktivitas apapun, dengan dalih berpuasa. Justru bermalas-malasan dan tidak melakukan aktivitas apapun bisa membuat tubuh menjadi lemas.

Dengan menjalankan tips-tips diatas, semoga tubuh kita tetap sehat dan bugar selama berpuasa. Dengan demikian aktivitas kita tidak terganggu, bahkan bisa memperbanyak amal ibadah. Selamat menjalankan ibadah puasa, tunggu tips-tips bermanfaat berikutnya.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *