Fungsi Enzim Lipase

Enzim Lipase


informasitips.com – Enzim lipase pada proses pencernaan di dalam tubuh manusia berfungsi dalam memecah lemak atau lipid yang berasal dari makanan menjadi molekul-molekul penyusunnya yang berukuran lebih kecil, yaitu molekul asam lemak dan gliserol. Molekul asam lemak dan gliserol akan diserap oleh usus dan masuk ke dalam pembuluh darah untuk disebarkan ke seluruh bagian dalam tubuh. Asam lemak dan gliserol merupakan molekul yang padat akan energi yang bisa dimanfaatkan oleh sel-sel di dalam tubuh untuk menjalankan perannya masing-masing.

Fungsi Lipase Memecah Lemak Makanan

Utamanya, dalam proses pencernaan, enzim lipase diproduksi oleh organ pancreas, sehingga kerap disebut pancreatic lipase. Enzim pancreatic lipase itu akan bekerja di usus halus dalam memecah lemak atau lipid yang berasal dari makanan yang dikonsumsi. Pancreatic lipase membutuhkan asam empedu atau kolipase agar aktivitasnya dapat berlangsung optimal. Pancreatic lipase merupakan lipase yang bekerja pada kondisi alkaline atau basa, oleh karena itu disebut juga alkaline lipase.

Selain pancreatic lipase, ada juga jenis lipase yang lain namun dihasilkan oleh organ yang berbeda, yaitu gastric lipase yang dihasilkan oleh lambung yang berfungsi untuk memecah lemak makanan yang singgah di lambung. Tidak seperti pancreatic lipase, gastric lipase tidak membutuhkan asam empedu atau kolipase agar aktivitasnya bisa berjalan optimal. Karena aktivitasnya di lambung, maka gastric lipase termasuk ke dalam enzim lipase yang aktif dalam suasana asam.

Loading...

Selain kedua jenis lipase di atas, ada juga jenis lipase lain, yaitu lingual lipase. Lingual lipase diproduksi di mulut dan dikeluarkan bersama saliva. Lingual lipase adalah lipase pertama yang berperan dalam menghidrolisis lemak atau lipid saat masih berada di dalam mulut. Lingual lipase dan gastric lipase adalah dua jenis lipase yang aktif dalam pH asam.

Selain 3 jenis lipase di atas, ada juga jenis lipase lainnya yang memiliki fungsi masing-masing, yaitu lisosomal lipase, hepatic lipase, lipoprotein lipase dan endothelial lipase.

Pengangkutan Kolesterol

Selain berperan dalam proses pencernaan lemak, enzim lipase (hepatic lipase) juga berperan dalam proses pengangkutan kolesterol di dalam darah, baik itu mengangkut menuju sel atau mengangkut untuk membuang kolesterol dari dalam tubuh melalui hati. Enzim lipase yang memiliki fungsi spesifik, yaitu enzim Lecithin Cholesterol Acyltransferase atau LCAT, berperan dalam menggabungkan molekul kolesterol dengan molekul asam lemak menjadi LDL (kolesterol jahat) ataupun HDL (kolesterol baik) untuk diangkut menuju ke sel-sel di seluruh tubuh ataupun dibuang dari tubuh.

Loading...

ARTIKEL TERKAIT:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSLETTER:

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan:

KATEGORI:

FOLLOW US: