Informasi dan Tips – informasitips.com

Kehamilan 4 Bulan (Trimester Kedua Kehamilan)

informasitips.com – Kita memulai pembahasan kehamilan trimester ke-2. Kehamilan Anda makin nyata karena perut mulai tampak. Antara kehamilan bulan ke-4 dan ke-7 adalah waktu yang tepat untuk berwisata, karena keluhan-keluhan ibu, seperti mual dan muntah sudah menghilang, perut ibu juga belum terlalu berat untuk membawa janin. Untuk perjalanan yang lama, sebaiknya memakai kaos kaki khusus untuk mencegah macetnya aliran darah vena pada kaki yang dapat menimbulkan varises, oedem/bengkak dan trombosis (pembentukan bekuan darah karena aliran yang tidak lancar). Saya belum tahu apakah di Indonesia ada stockings seperti ini, namun saya perlihatkan disini gambarnya.

stocking khusus ibu hamil mencegah pembengkakan kaki varises trombosis



Minggu ke-13
Waktu trimester pertama, anda boleh menghabiskan 2200 kalori makanan perhari, sekarang, waktunya menambah asupannya sedikit lebih banyak, sekitar 250 kalori tambahan, jadi kurang lebih anda boleh makan sebanyak 2500 kalori perhari pada trimester ke-2. Dengan asupan makanan yang benar, berat anda akan bertambah 1-1.5 kg perbulannya. Jadi penambahan berat badan total selama hamil yang normal adalah 10-15 kg. Ada wanita yang di trimester kedua ini sudah mengeluarkan ASI pertamanya, baik keruh maupun kekuningan cairannya. Ada pula yang ASI pertamanya keluar setelah melahirkan. Kapan ASI itu keluar, tidak mempengaruhi kemampuan ibu menyusui ASI setelah melahirkan. Konsumsi asam folat untuk bayi anda kini sudah tidak berpengaruh lagi, asam folat dibutuhkan pada tiga bulan pertama kehamilan.

USG kehamilan minggu 13

Sekarang janin anda panjangnya 6 cm, beratnya 18 gram. Janin masih sangat rentan, namun tulang rawan pada lengan dan tungkai mulai mengeras. Pembentukan jaringan tulang ini dimulai dari tengah-tengah, dari tulang rawan menjadi tulang. Tulang tengkorak janin belum menutup, karena otak terus berkebang. Tulang-tulang pendengaran sudah terbentuk, janin sekarang dapat mendengar bunyi pertama. Pita suara sikecil mulai dibentuk minggu ini. Organ-organ lain yang sejak trimester pertama dibentuk masih terus berkembang sampai fungsinya sempurna. Walaupun kelopak mata janin belum terbuka, ia sudah dapat membedakan cahaya dan gelap.

Minggu ke-14
Antara minggu ke 11 sampai 14 dapat dilakukan nuchal translucency test, yaitu mengukur ketebalan ruang transparan di leher belakang pada janin dengan menggunakan USG. Test ini untuk mengetahui apakah janin mempunyai kelainan kromosom, misalnya sindroma down.

Perubahan hormonal dapat membuat anda kurang tidur, dan mempengaruhi imunitas tubuh. Anda jadi mudah terkena flu, perdarahan gusi dan infeksi saluran kemih. Hati-hati meggunakan obat-obatan, lebih baik bergerak, hirup udara segar dan makan yang bergizi. Tahu kan, setiap kehamilan itu dibayar dengan satu gigi? Maksudnya, jika Anda hamil, anda harus mengkonsumsi banyak makanan yang mengandung kalsium untuk membantu pertumbuhan tulang janin. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan gigi Anda, saat hamil gigi lebih rentan mengalami karies karena perubahan hormonal. Seringnya muntah karena morning sickness, membuat enamel gigi terkikis, karena muntahan mengandung asam lambung. Dengan menggunakan pasta gigi yang mengandung Flor atau tablet sumplemen flor, gigi dapat terlindung dari kikisan tersebut dan menguatkan gigi.

USG kehamilan bulan 4 minggu 14

Sekarang si kecil sudah 7.1 cm panjangnya dan 25 gram bobotnya. Kulit janin anda ditutupi oleh lemak/vernix caseosa yang melembabkan dan melindungi kulit. Reflex mengepal dan menghisap sudah muncul, si kecil kini suka menghisap jempolnya. Wajahnya semakin nyata, karena kontur hidung, bibir, dagu dan mata semakin jelas. Janin Anda berenang dalam 100 ml cairan ketuban, yang tiap 3 jam diperbarui.

Minggu ke-15
Banyak wanita yang merasa mudah lupa, hal ini karena terjadi sedikit penyusutan hormon otak, sehingga kerja otak sedikit menurun, namun ini tidak berbahaya, dan keadaan akan pulih kembali. Anda sebaiknya mencatat setiap jadwal check-up Anda agar tidak terlupa.

USG kehamilan minggu 15 bulan 4

Pada trimester ke-2, semakin jarang dokter memperkirakan usia janin dengan mengukur panjang janin. Metode yang lebih sering digunakan adalah pengukuran diameter kepala (BPD = biparietal diameter). Minggu ini panjang janin 8.1 cm dan beratnya 50 gram. Jantungnya sudah sempurna berkembang, baik itu ruangnya maupun sekatnya. Liver/ hati telah memproduksi cairan empedu dan pankreas menghasilkan hormon insulin. Sekarang jenis kelamin si kecil bisa dilihat melalui USG. Jika janin anda perempuan, ia sudah dibekali beberapa juta sel telur/ovum yang belum matang dalam indung telurnya.

Minggu ke-16
Pada minggu ini pay*d*ra ibu sudah memproduksi kolostrum (ASI pertama berwarna kekuningan) yang nantinya akan diberikan pada bayi. Kolostrum akan memberikan imunitas dan nutrisi khusus pada bayi baru lahir, setelah beberapa hari melahirkan ASI akan menjadi berwarna putih. Sekarang rahim anda sudah sebesar bola tangan.

USG kehamilan minggu 16

Janin Anda mempunyai bobot 90 gram dan hampir 9.4 cm panjangnya. Si kecil semakin sering meregangkan badannya. Dengan cara ini ia melatih otot-otot punggung dan lehernya. Pada ujung-ujung jarinya, terdapat alur-alur yang nantinya akan menjadi sidik jari. Walaupun belum bisa mendengar secara normal, indra pendengarannya sudah mampu mendengar suara ibu, bunyi jantung dan usus anda.

Salam 
dr. Vetta Fegitalasky

——————————

Berikut Seri Perkembangan Kehamilan Lengkap (1 hingga 9 bulan) di informasitips.com :



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *