Informasi dan Tips – informasitips.com

Kehamilan bulan ke-8 (Trimester Ketiga Kehamilan)

informasitips.com – Artikel ini merupakan satu rangkaian pembahasan mengenai perkembangan kehamilan trimester ketiga. Anda juga dapat menyimak artikel sebelumnya yang membahas perkembangan kehamilan tiap bulannya untuk trimester satu dan dua.

Minggu ke-29
Antara awal minggu ke-29 dan akhir minggu ke-32 adalah waktunya check up besar yang ketiga, yaitu mencakup penimbangan berat badan ibu, tekanan darah, urin (memeriksa gula, protein dan kuman), pemeriksaan darah, dan USG. Seperti pembahasan pada artikel yang lalu, pada trimester ketiga ini, ibu dapat merasakan kontraksi-kontraksi kecil atau disebut juga kontraksi Braxton Hicks. Kontraksi tidak beraturan dan ini tidak membahayakan, tidak menyebabkan pembukaan leher rahim. Adanya kontraksi merupakan sarana dari Tuhan untuk mempersiapkan rahim menyambut kelahiran bayi. Namun perlu diperhatikan, jika kontraksi menjadi teratur dan lebih dari tiga kali perjam, segera konsultasikan ke dokter.

USG Kehamilan minggu 29 trimester ketiga

Mulai kini janin anda mendapatkan imunitas yang lebih kuat melalui plasenta. Banyak janin yang dalam minggu ini sudah memutar posisi badannya, kepala di bawah. Janin masih sering aktif bergerak, paling sering berputar ke kanan dan ke kiri, atau meninju dengan tangan dan kaki. Bobot janin sekarang 1250 gram dan panjangnya 37 cm.

Minggu ke-30
Saat Anda menaiki tangga, membawa sesuatu atau berlajan-jalan mudah terasa lelah dan sesak bernapas. Ini karena si janin pada minggu ini sudah berada pada posisi presentasi kepala di bawah dan nanti kepalanya akan memasuki ruang panggul Anda. Hal ini menyebabkan tekanan pada diafragma dan paru-paru karena bagian terbesar janin yaitu bokong dan kaki berada di atas. Saat Anda bersandar di kursi, taruhlah bantal di belakang punggung, kaki dinaikkan lebih tinggi, ini membuat pernafasan Anda lebih baik. Juga saat Anda berbaring, badan Anda posisinya lebih tinggi, juga jangan lupa letakkan bantal di belakang punggung. Berbaring terlentang sangat tidak nyaman, dan perut Anda dapat menekan pembuluh darah vena yang alirannya ke jantung, sehingga menyebabkan sirkulasi darah terganggu. Jangan lupa, pada minggu ini ada baiknya jika juga memeriksakan kesehatan gigi Anda ke dokter gigi.

USG Kehamilan minggu 30 bulan kedelapan

Taukah Anda? Kebanyakan janin lebih menyukai menghisap jempol kanan daripada jempol kiri. Mulai minggu ini ia dapat merasakan adanya nyeri. Ia juga sangat sensibel terhadap rangsangan dari luar. Ia sangat senang dengan belaian Anda melalui perut. Janin dapat mengontrol suhu tubuhnya sendiri. Rambut sesungguhnya sudah mulai tumbuh di kepala, menggantikan rambut-rambut kecil/ lanugo. Karena si kecil sudah besar, dan ruang rahim semakin sempit, janin yang kini posisi kepalanya ada di bawah, menekuk tungkainya dan menekuk tangannya ke depan dada. Beratnya kini mencapai 1400 gram dengan panjang 40 cm.

Minggu ke-31
Kaki dan pergelangan kaki yang bengkak sangat tak nyaman. Cobalah tambahkan tinggi tumit sepatu 2-4 cm, ini akan membuat kaki, pergelangan tangan dan punggung Anda lebih nyaman. Mandi air hangat dan pijatan kaki juga membantu. Hindari terlalu lama berjalan, berdiri atau banyak duduk. Banyak ibu yang menjadi khawatir karena tidak merasakan gerakan janin dalam beberapa jam, atau pada suatu hari gerakannya lebih lemah daripada biasanya. Mulai minggu ke-31 ini normal terjadi karena janin semakin besar dan ruang rahim sangat berkurang, tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

USG kehamilan 31 minggu

Janin Anda tidur 15-20 jam sehari, saat tidur gerakannya berkurang. Saat ibu berjalan, janin akan tertidur dan ikut terayun-ayun dalam buaian rahim. Janin akan aktif kembali gerakannya saat Anda berhenti bergerak. Pada saat anda makan, biasanya gerakan janin aktif kembali, karena gula darah juga mengalir ke janin Anda saat itu. Kini si kecil bobotnya 1600 gram dan panjangnya 42 cm.

Minggu ke-32
Kini rahim Anda setinggi antara tulang dada dan pusar. Karena bobot janin semakin berat, sebaiknya dengarkanlah tubuh Anda, jangan membebaninya dengan sesuatu yang bisa Anda kerjakan setelah melahirkan. Sayangi diri Anda dan janin.

Pada minggu ini janin sudah sangat berkembang, hanya kurang dua hal saja untuk bertahan hidup, yaitu lapisan lemak di bawah kulit yang masih harus ditambah dan paru-paru yang masih harus dimatangkan. Namun bila janin lahir prematur pada minggu ini, fisiknya cukup kuat, tanpa kecacatan untuk bertahan hidup. Janin Anda semakin kuat, karena posisi kepalanya di bawah, ia akan menendang-nendang diafragma Anda. Gerakan tendangan juga terkoordinasi dan lebih lambat. Banyak janin yang saat ini lebih sering cegukan, untuk melatih pernafasannya, Anda merasakannya melalui rasa kedutan di perut yang sering tidak nyaman untuk Anda. Kini si kecil bobotnya 1800 gram dan panjangnya 43 cm.

USG kehamilan 32 minggu

Simak terus kelanjutan perkembangan kehamilan trimester terakhir Anda. Semoga artikel ini bermanfaat.

Salam 
dr. Vetta Fegitalasky

———————————-

Berikut Seri Perkembangan Kehamilan Lengkap (1 hingga 9 bulan) di informasitips.com :



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: