Informasi dan Tips – informasitips.com

Fungsi Oksigen (Bagi Tubuh Manusia) yang Dihirup Saat Bernafas

informasitips.com – Bernafas merupakan sayarat utama bagi mahluk hidup, baik itu hewan, manusia ataupun tumbuhan? Semuanya bernafas dalam rangka mengumpulkan energi untuk tetap bisa mempertahankan kehidupannya. Esensi dari bernafas adalah usaha tubuh mahluk hidup untuk mendapatkan oksigen yang tersedia di udara. Lantas, apa saja fungsi oksigen bagi tubuh manusia jika memang molekul itu sebegitu pentingnya?

Mendapatkan Energi

Di dalam tubuh manusia, oksigen yang didapat dari proses pernafasan digunakan dalam proses katabolisme (penguraian) gula (glukosa), sehingga ATP atau Adenosine Triphosphate dapat dihasilkan.

ATP merupakan molekul yang menyuplai (memberi) energi untuk sel-sel, sehingga sel-sel tubuh itu bisa menjalankan fungsinya masing-masing. Proses menghasilkan ATP dari glukosa itu kerap disebut dengan respirasi sel atau pernafasan sel.

Setiap aktivitas yang dijalankan oleh setiap sel di dalam tubuh manusia membutuhkan ATP agar dapat berjalan. Dan, oksigen dibutuhkan dalam proses yang menghasilkan ATP dari glukosa.

Jadi, setiap makanan yang masuk ke dalam tubuh tidak akan bisa diproses menjadi energi jika tidak ada oksigen. Oksigen lah molekul yang sangat penting perannya bagi tubuh agar energi yang terkandung dalam makanan bisa diperoleh oleh tubuh.

Penting untuk Kerja Otak

Dalam mengolah informasi, otak sangat membutuhkan oksigen untuk dapat bekerja dengan baik. Setiap fungsi sel otak tidak bisa bekerja dengan baik jika sampai kekurangan oksigen. Sel-sel otak termasuk sel yang sensitif terhadap keadaan kekurangan oksigen.

Kekebalan Tubuh

Sel-sel tubuh yang mendapatkan cukup oksigen akan berfungsi dengan baik, sehingga tubuh akan mendapatkan kekebalannya. Proses metabolisme tubuh yang baik akan menjamin baiknya kekebalan atau sistem imun tubuh seseorang, sehingga dapat terhindar dari berbagai penyakit.

Membunuh Bakteri Penyebab Penyakit

Oksigen dapat membunuh berbagai bakteri penyebab penyakit (patogen) tanpa membunuh bakteri menguntungkan yang ada di dalam tubuh. Pada umumnya, infeksi oleh bakteri disebabkan oleh jenis bakteri anaerob, yaitu sejenis bakteri yang tidak dapat hidup pada lingkungan yang kaya akan molekul oksigen.

Proses Pembersihan Tubuh

Fungsi tubuh dalam memproses nutrisi, seperti gula, lemak, protein dan vitamin, yang didapatkan dari makanan dapat terhambat akibat dari adanya toksin. Toksin tersebut bisa masuk ke dalam tubuh melalui pernafasan dari udara yang tercemar polusi, ataupun dari air yang diminum. Untuk menghilangkannya, maka proses pembersihan harus dilakukan.

Manfaat atau fungsi lain oksigen bagi tubuh manusia

  • Oksigen berperan penting bagi penglihatan (kesehatan mata)
  • Memperkuat jantung, sehingga bisa dibilang bahwa oksigen mengurangi risiko terkena serangan jantung.
  • Menenangkan pikiran dan menstabilkan system saraf.
  • Mempercepat proses pemulihan tubuh sehabis menjalani aktivitas fisik.
  • Mengobati sakit kepala, migraine dan mabuk.
  • Memperbaiki proses pencernaan.
  • Mengatasi kram otot, sehingga sangat penting saat Kamu ingin berolah-raga.
  • Membuat tidur seseorang menjadi lebih berkualitas.

Cara Bernafas yang Baik

Kini, Kamu sudah mengetahui bahwa oksigen sangat penting bagi tubuh, dan bernafas merupakan cara utama bagi manusia untuk mendapatkan oksigen dari udara. Oleh karena itu, teknik bernafas yang benar harus diketahui, agar tubuh bisa memaksimalkan perolehan oksigennya.

Menurut para ahli, teknik bernafas yang dapat memastikan agar tubuh bisa memperoleh banyak oksigen adalah teknik bernafas diafragmatik, yaitu bernafas dengan menggunakan otot-otot diafragma. (Baca: Cara Latihan Pernafasan Diafragma)

Hal Menarik Tentang Oksigen

  • Dalam sehari, manusia menghirup oksigen dari udara kira-kira sebanyak 20 ribu kali.
  • Dalam setiap molekul air, 90% massa-nya adalah berasal dari oksigen, dan air merupakan komponen penyusun tubuh terbesar (65-75%).
  • Otak manusia yang mengambil bagian 2% dari total massa tubuh membutuhkan 20% oksigen dari yang dibutuhkan oleh tubuh manusia, sehingga bisa dikatakan bahwa otak merupakan organ tubuh yang paling membutuhkan oksigen. Dari fakta ini Kamu bisa ketahui bahwa oksigen sangat penting bagi kelangsungan fungsi otak.


loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *