Informasi dan Tips – informasitips.com

Yuk Berwisata ke Kawah Putih, Ciwidey

informasitips.com – Apakah Anda pernah melihat film Heart yang dibintangi oleh Irwansyah, Acha Septriasa, dan Nirina Zubir pada tahun 2006? Jika pernah, tentunya Anda akan mengingat salah satu adegan dimana Irwansyah dan Acha dihibur oleh sekelompok pemain musik di sebuah kawah yang sangat indah. Kawah dalam film tersebut memiliki permukaan air berwarna putih kebiru-biruan dan putih kehijau-hijauan. Kawah indah yang digunakan sebagai lokasi syuting film Heart tersebut adalah Kawah Putih yang terletak di Kecamatan Ciwidey, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat. Kawah Putih telah lama terkenal sebagai salah satu tujuan wisata paling populer di daerah Pasundan.

Kawah Putih terletak di lereng Gunung Patuha, sebuah gunung yang terletak di kawasan Bandung Selatan dengan ketinggian sekitar 2386 meter diatas permukaan laut. Kawah Putih dapat dicapai dengan perjalanan sekitar 2 jam dari pusat kota Bandung. Jika Anda sedang berada di Bandung dan ingin mengunjungi Kawah Putih, maka Anda cukup menuju ke arah selatan melalui jalan Kopo dan Ketapang. Rute itu akan membawa Anda ke arah pusat Kabupaten Bandung, yaitu Soreang. Dari Soreang, Anda akan menempuh perjalanan ke arah selatan melewati Pasar Ciwidey dan dari pasar tersebut, Anda tinggal menuju ke arah selatan yang hanya terdiri dari satu jalan besar menuju Kawah Putih. Secara garis besar, rute yang Anda lalui cukup simple dan tidak memerlukan waktu yang lama. Mungkin yang akan menghambat perjalanan Anda adalah kondisi macet yang sering dijumpai di poros jalan Kopo.

Indahnya Kawah Putih Ciwidey

sumber gambar: www.jabarprov.go.id

Sejarah Kawah Putih

Kawah Putih ditemukan pada abad 19 tepatnya pada tahun 1837 oleh seorang ahli botani asal Belanda peranakan Jerman yang bernama Dr.Franz Wilhelm Junghuhn. Mungkin Anda akan bertanya-tanya mengapa baru pada abad 19, kawah tersebut baru ditemukan. Jawabannya adalah karena daerah sekitar Kawah Putih pada masa lalu dianggap sangat angker oleh penduduk sekitar Gunung Patuha.

Gunung Patuha adalah salah satu gunung yang dianggap keramat oleh masyarakat Bandung. Disamping itu, sebelum wisata Kawah Putih dibuka, daerah ini dipenuhi oleh hutan yang sangat lebat, sehingga menambah kesan angkernya. Karena desas desus yang berkembang di masyarakat sekitar Gunung Patuha pada jaman dulu maka munculah proses “penghalangan alami” terhadap eksplorasi tempat-tempat di sekitar lereng Patuha, termasuk lokasi Kawah Putih.

Sarana dan Prasarana wisata Kawah Putih

Kawah Putih dikelola oleh pihak Perhutani Unit III Jawa Barat. Kawah Putih dikelilingi oleh hutan yang cukup luas. Para pengunjung yang akan menuju Kawah Putih harus melewati jalan aspal yang menuju ke selatan hingga daerah perbatasan Bandung-Cianjur. Sewaktu wisatawan sampai di pintu masuk Kawah Putih, maka wisatawan akan disambut sebuah lahan parkir luas yang dilengkapi puluhan warung-warung yang menjajakan aneka makanan ringan. Di samping itu, para wisatawan akan memjumpai belasan mobil angkutan wisata jurusan Kawah Putih yang disewakan kepada para wisatawan yang tidak membawa kendaraan pribadi. Sebelumnya para wisatawan diharuskan membeli tiket masuk dengan harga yang tidak terlalu mahal, yaitu 15 ribu rupiah untuk hari biasa dan 26 ribu rupiah untuk hari libur. Sedangkan bagi para pengunjung yang hendak membawa mobil pribadinya langsung menuju lokasi Kawah Putih akan dikenakan tiket seharga 150 ribu rupiah per mobil.

Dari pintu masuk, Anda harus menyusuri jalan aspal sepanjang 6 kilometer yang membelah hutan lereng Gunung Patuha sekitar 5 menit sebelum sampai di lokasi Kawah Putih. Di depan lokasi Kawah Putih, Anda akan menjumpai satu lagi area parkir yang dilengkapi mushola dan toilet.

Keindahan Kawah Putih

Begitu Anda sampai di tepi Kawah Putih, maka Anda akan disambut pemandangan sebuah danau yang berwarna putih kebiru-biruan yang terkadang berganti warna menjadi putih kehijau-hijauan. Sekitar 50 meter dari Kawah Putih sudah tercium bau belerang yang cukup tajam, dimana terdapat pula sebuah papan pengumuman yang menghimbau para pengunjung agar tidak lama berada terlalu dekat dengan kawah karena dapat menyebabkan gangguan pernapasan. Jika Anda tidak cukup tahan akan aroma belerang yang pekat, maka Anda dapat membawa masker atau membeli di area perkir Kawah Putih dari beberapa penjual masker di sana dengan harga yang cukup murah, yaitu sekitar 5 ribu rupiah.

Kawah Putih sangatlah indah, sehingga untuk sejenak para wisatawan membayangkan seakan-akan diri mereka sedang berada di luar negeri seperti Skandinavia. Permukaan kawah yang berwarna campuran putih, biru dan hijau seakan menimbulkan kesan romantis dan sunyi yang memikat. Karena keindahannya, kawah Putih beberapa kali menjadi lokasi syuting film. Di antaranya adalah Heart (2006) dan The Butterfly (2007).

Sekeliling Kawah Putih terdapat hutan dan tebing batu yang cukup terjal.Ditinjau dari lokasinya, Kawah Putih seakan menjadi pusat dari gunung Patuha. Jika menjelang matahari terbenam, maka permukaan Kawah Putih akan berwarna keemasan sehingga menambah nuansa romantisnya. Disamping sebagai lokasi syuting film, Kawah Putih sangat sering dijadikan lokasi pemotretan pre wedding.

Objek wisata Kawah Putih Ciwidey

sumber gambar: bisnis-jabar.com

Jika Anda jeli menjelajahi kawasan sekitar Kawah Putih, maka Anda akan menjumpai sebuah gua Belanda peninggalan awal abad 20. Jika Anda beruntung, maka Anda mungkin akan melihat berbagai fauna yang mendiami Gunung Patuha, seperti babi hutan, macan tutul, monyet, elang, dan lain sebagainya. Saya sendiri pernah melihat seekor elang sewaktu berkunjung ke Kawah Putih pada tahun 2007. Selain fauna, para pengunjung dapat juga melihat beberapa tumbuhan yang jarang dijumpai di perkotaan seperti bunga Edelweis, tanaman Cantiqi, dan tanaman Lemo yang berkhasiat mengobati bekas gigitan hewan berbisa.

Tunggu apalagi? Segeralah berkunjung ke Kawah Putih di Ciwidey, Bandung Selatan dan nikmati keindahan alamnya serta kekayaan flora dan faunanya.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: