Informasi dan Tips – informasitips.com

Tips Mengatasi Heartburn Saat Hamil

informasitips.com – Salah satu keluhan yang sering dialami oleh ibu hamil adalah heartburn atau rasa panas di dada (ulu hati). Keluhan heartburn umum dialami oleh ibu hamil terutama bila sudah memasuki trimester ketiga kehamilan.

Heartburn merupakan kondisi dimana ibu hamil merasakan panas atau terbakar di daerah dada. Selain rasa panas dan seperti terbakar, ibu hamil juga kerap merasakan rasa seperti ditusuk-tusuk pada daerah ulu hatinya. Penyebabnya adalah karena adanya iritasi pada dinding kerongkongan akibat naiknya asam lambung ke kerongkongan.

Naiknya asam lambung tersebut bisa disebabkan oleh beberapa hal, yang pertama adalah akibat pengaruh hormon progesteron. Selama masa kehamilan, produksi hormon ini meningkat. Peningkatan hormon progesteron selama masa kehamilan memperlambat gerakan dan mengendurkan otot-otot pada sistem pencernaan. Tujuan mulianya adalah agar gizi dari makanan yang dikonsumsi ibu hamil bisa lebih banyak diserap oleh bayi. Otot polos pada rahim dan katup antara perut dan kerongkongan juga ikut mengendur. Hal tersebutlah yang membuat asam lambung mudah naik ke kerongkongan.

Penyebab lainnya adalah kondisi rahim yang semakin membesar seiring dengan usia kehamilan yang semakin membesar membuat bayi semakin memenuhi rongga perut ibu hamil. Akibatnya makanan yang sudah masuk ke lambung bisa terdorong kembali ke arah kerongkongan. Makanan yang terdorong kembali ke kerongkongan tersebut sudah bercampur dengan asam lambung yang pada akhirnya menimbulkan iritasi pada dinding kerongkongan. Iritasi pada dinding kerongkongan itulah yang dirasakan oleh ibu hamil sebagai rasa panas, nyeri seperti terbakar di ulu hati (daerah dada).

Wanita pengidap maag lebih beresiko tinggi mengalami heartburn saat hamil. Tapi tak perlu khawatir, karena keluhan tersebut bisa diatasi. Berikut beberapa tips dan cara mengatasi heartburn pada saat hamil:

tips dan cara mengatasi heartburn saat hamil

  1. Ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi makanan dalam jumlah (porsi) yang kecil/sedikit, tetapi sering. Tujuannya untuk mencegah perut kosong lebih lama sehingga asam lambung bisa dinetralisasi.

    Agar kebutuhan nutrisi ibu hamil tetap terpenuhi, makanlah dalam porsi kecil namun dalam frekuensi yang lebih sering, misalnya 5 – 6 kali sehari.

    Pola makan seperti itu jauh lebih baik dan dianjurkan bagi ibu hamil, daripada makan 3 kali sehari namun dalam porsi yang besar.

  2. Saat makan, ibu hamil juga tidak diperbolehkan untuk makan terburu-buru. Kunyah makanan dengan benar dan tidak perlu makan dengan terburu-buru. Mengunyah makan dengan benar dan perlahan akan meringankan kerja perut dalam mencerna makanan.
  3. Sebaiknya ibu hamil menjauhi makanan-makanan yang bisa memicu timbulnya keluhan heartburn, seperti makanan berlemak, berbumbu tajam, makanan asam, pedas, makanan atau minuman yang mengandung kafein dan bersoda.
  4. Perbanyaklah konsumsi makanan berserat dari sayur, buah dan gandum.
  5. Jangan minum selagi makan, karena dapat memperparah keluhan heartburn.
  6. Jangan makan sesaat sebelum tidur. Setelah makan sebaiknya beri jeda waktu sekitar 2-3 jam bagi lambung untuk mencerna makanan.
  7. Setelah makan, ibu hamil juga tidak diperbolehkan untuk langsung berbaring. Posisi berbaring akan memudahkan asam lambung untuk naik ke kerongkongan.

    Berilah jeda beberapa waktu setelah makan. Duduklah minimal selama 2 – 3 jam setelah makan. Ibu hamil juga diperbolehkan untuk berjalan-jalan setelah makan namun tidak diizinkan langsung berbaring setelah makan.

  8. Saat keluhan heartburn datang, sebaiknya segeralah berbaring dengan posisi kepala, dada, dan tubuh bagian atas lebih tinggi daripada perut untuk mencegah naiknya asam lambung ke kerongkongan. Anda dapat mengganjal bagian punggung Anda dengan menggunakan bantal.
  9. Hindari menggunakan pakaian yang terlalu ketat karena akan semakin menyiksa Anda bila heartburn melanda. Selain itu, pakaian yang ketat juga akan memberikan tekanan pada perut Anda. Gunakanlah jenis pakaian yang longgar terutama di sekitar daerah pinggang dan perut.
  10. Konsumsi buah pepaya matang (hindari pepaya mentah) dan air kelapa muda juga diperbolehkan dan baik untuk meringankan keluhan heartburn saat hamil.
  11. Mengunyah permen karet juga dapat meringankan keluhan heartburn saat hamil. Mengunyah permen karet bisa meningkatkan produksi saliva (air liur) yang dapat menetralkan asam lambung di kerongkongan.
  12. Jika ibu hamil mengalami keluhan heartburn yang cukup parah, ibu hamil dapat mengonsumsi obat maag yang bisa menetralkan asam lambung. Meskipun begitu, ibu hamil perlu terlebih dahulu mengkonsultasikannya ke dokter apakah penggunaan obat maag saat hamil diperbolehkan.

Itulah beberapa tips dan cara yang bisa dilakukan ibu hamil untuk meringankan keluhan heartburn saat hamil. Semoga berguna dan bermanfaat untuk Anda.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

One thought on “Tips Mengatasi Heartburn Saat Hamil

  1. nana

    terima kasih untuk infonya, sekarang saya bisa menjalani kehamilan dengan tenang ^^

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: