Informasi dan Tips – informasitips.com

Enzim Lipase: Pengertian, Fungsi dan Mekanismenya

informasitips.com – Enzim lipase adalah enzim dalam saluran pencernaan yang berfungsi untuk memecah lemak menjadi penyusunnya, yaitu asam lemak dan gliserol, sehingga dapat diserap di dalam usus dan dimanfaatkan oleh tubuh. Pada dasarnya, reaksi pemecahan lemak (makanan) pasti akan terjadi di dalam sel, namun reaksi tersebut terjadi dalam kecepatan yang lambat. Nah, di situlah kehadiran enzim lipase sangat dibutuhkan, yaitu untuk mempercepat reaksi pemecahan lemak di dalam tubuh.

Penghasil Enzim Lipase

Enzim lipase sendiri dihasilkan di pankreas, mulut dan perut. Dari ketiga sumber tersebut, enzim lipase yang paling berperan adalah yang diproduksi oleh pankreas. Lipase yang diproduksi oleh pankreas disebut juga pankreatik lipase yang menjalankan aksinya di usus halus (usus halus terdiri dari duodenum, jejunum, dan ileum).

Fungsi Enzim Lipase

Seperti yang telah dikatakan di atas, enzim lipase berfungsi dalam memecah lemak yang berasal dari makanan menjadi asam-asam lemak dan gliserol. Enzim lipase memecah molekul lemak yang besar yang berasal dari makanan menjadi molekul-molekul yang lebih kecil, yaitu asam lemak dan gliserol, yang padat akan energi, sehingga dapat dimanfaatkan oleh semua sel-sel tubuh agar tubuh memiliki tenaga untuk menjalankan aktivitasnya.

Proses pencernaan atau pemecahan lemak terjadi di sepanjang jalur pencernaan, mulai dari mulut hingga ke usus halus. Saat makanan dikunyah dan berada di mulut, lipase sudah menjalankan perannya dalam memecah lemak. Proses pemecahan terus berlanjut hingga makanan ditelan dan mencapai perut atau lambung, di sini lemak juga dipecah oleh lipase atau lebih tepat disebut dengan nama gastric lipase. Selepas dari lambung, pencernaan tetap terjadi, yaitu saat makanan mencapai usus halus. Di usus halus inilah proses pencernaan lemak yang utama terjadi. Pankreatik lipase menjalankan perannya untuk memecah lemak menjadi molekul-molekul penyusunnya. Lemak yang dicerna oleh pankreatik lipase bukanlah lemak yang murni berasal dari makanan, tetapi terlebih dahulu lemak tersebut diubah atau diemulsifikasi menjadi fat globules oleh asam empedu yang dihasilkan oleh hati dan dilepaskan ke dalam usus. Barulah setelah itu, pankreatik lipase memecah globul-globul lemak tersebut menjadi asam lemak dan gliserol untuk selanjutnya diserap ke dalam peredaran darah dan diedarkan ke seluruh tubuh bersama aliran darah. Asam lemak dan gliserol itu akan dimanfaatkan oleh sel-sel tubuh untuk menghasilkan energi atau mungkin sebagai cadangan energi yang baru akan dimanfaatkan nanti jika dibutuhkan.

Selain dalam proses pencernaan, lipase juga berperan penting dalam mengontrol selera makan serta dalam menjaga kadar kolesterol dan trigliserida dalam tubuh.

Penyakit Terkait Lipase

Dalam keadaan normal, seseorang tak membutuhkan asupan lipase dari luar. Namun, dalam keadaan medis tertentu, seseorang mungkin saja membutuhkan suplemen lipase, seperti pada pasien yang menderita Celiac Disease dan Cystic Fibrosis.

Selain itu, dalam kondisi pankreatitis, yaitu terjadinya peradangan di pankreas, lipase dapat ditemui di darah dalam kadar yang tinggi. Hal tersebut dapat terjadi karena saluran di pankreas yang menyalurkan lipase ke usus halus terbokir.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: