Fungsi Enzim Ptialin Saat Mencerna Makanan

Enzim Ptialin


informasitips.comEnzim Ptialin berfungsi dalam mempercepat proses pemecahan zat tepung atau pati (karbohidrat) yang terkandung di dalam makanan menjadi maltosa. Ingat ya, pati menjadi maltosa (disakarida), bukan glukosa (monosakarida). Maltosa baru akan diubah menjadi glukosa saat mencapai usus halus (intestin), enzim maltase lah yang bertanggung jawab dalam mengkatalis proses hidrolisis maltose menjadi glukosa.

Lokasi Kerja Enzim Ptialin

Enzim ptialin diproduksi oleh kelenjar saliva yang ada di mulut. Jadi, saat Kita mengonsumsi makanan, maka pada saat makanan dikunyah, enzim ptialin sudah mulai bekerja.

Enzim ptialin akan tetap terus bekerja dalam mengkatalis hidrolisis pati walau proses pencernaan sudah melewati kerongkongan danbaru akan berhenti saat pencernaan mencapai lambung, karena keadaan asam di lambung akan menon-aktifkan enzim ptialin yang memiliki karakteristik tidak tahan asam.

Fungsi Enzim Ptialin

Mengenai fungsi enzim ptialin, yang harus diingat adalah enzim ptialin berfungsi untuk mengkatalis proses hidrolisis pati (karbohidrat) menjadi Maltosa, bukan glukosa. Maltosa, atau merupakan disakarida, adalah produk akhir dari proses hidrolisis yang dikatalis oleh enzim ptialin.

Loading...

Maltosa nantinya memang akan diurai menjadi glukosa, namun hal itu tidak terjadi di area kerja enzim ptialin. Maltosa baru akan dihidrolisis menjadi glukosa saat proses pencernaan berlangsung di usus halus (intestin).

Enzim ptialin adalah enzim yang pertama kali memulai proses pencernaan pati (karbohidrat), sementara pencernaan protein dan lemak belum dimulai saat makanan berada di mulut. Jadi, proses pencernaan makanan itu dimulai dengan proses pencernaan/penguraian karbohidrat, dan itu dilakukan oleh enzim ptialin. Boleh dibilang, enzim ptialin adalah enzim yang memulai terjadinya proses pencernaan makanan semenjak makanan dikonsumsi oleh manusia.

Enzim Ptialin Merupakan Eznim Alfa-Amilase

Enzim ptialin masuk ke dalam keluarga enzim alfa-amilase yang diproduksi oleh tubuh manusia. Manusia hanya memroduksi enzim alfa-amilase, sementara enzim beta-amilase dan gamma-amilase tidak dapat diproduksi oleh manusia.

Enzim alfa-amilase yang diproduksi oleh manusia ada 2 jenis, yaitu alfa-amilase saliva (yang diproduksi oleh kelenjar saliva) dan alfa-amilase pankreatik8 (yang diproduksi oleh pankreas). Enzim ptialin masuk ke dalam golongan enzim alfa-amilase yang diproduksi oleh kelenjar saliva, sedangkan enzim maltase yang bertugas dalam mengkatalis hidrolisis maltosa menjadi glukosa termasuk ke dalam enzim alfa-amilase pankreatik.

Loading...

ARTIKEL TERKAIT:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading...

NEWSLETTER:

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan:

KATEGORI:

FOLLOW US: