Fungsi Enzim Kimotripsin

Enzim Kimotripsin


informasitips.com – Enzim kimotripsin berfungsi dalam mengkatalisis pemecahan protein pada proses pencernaan menjadi asam-asam amino, sehingga termasuk ke dalam enzim protease, tepatnya serine protease. Kimotripsin diproduksi oleh pankreas dalam bentuk tidak aktifnya (inactive zymogen), yaitu kimotripsinogen. Kimotripsinogen kemudian akan diubah menjadi kimotripsin oleh tripsin melalui proses proteolitik dan terjadi di dalam usus halus.

Mengapa kimotripsin diproduksi oleh pancreas dalam bentuk inaktifnya atau dalam bentuk kimotripsinogen? Jawabannya adalah agar enzim protease tersebut tidak mencerna organ pancreas. Mekanisme seperti itu umum terjadi di dalam tubuh dengan tujuan untuk melindungi organ agar tidak dicerna oleh aktivitas enzim protease. Aktivitas enzimatik dapat memiliki efek samping pada organ yang ada di dalam tubuh, terutama organ yang mengandung substrat untuk enzim tersebut. Oleh karena itu, banyak enzim diproduksi dalam bentuk tidak aktifnya oleh organ tubuh.

Walaupun sama-sama menghidrolisis protein dan memiliki struktur kimia yang mirip, namun sesungguhnya enzim kimotripsin dan tripsin memiliki perbedaan dalam hal spesifitas letak pemotongan pada struktur protein yang dihidrolisis. Tripsin memotong ikatan peptida pada residu arginin dan lisin, sementara kimotripsin cenderung memotong ikatan peptida yang terbentuk oleh residu asam amino bermolekul besar dan hidrofobik, yaitu tirosin, fenilalanin dan triptofan (asam-asam amino aromatik).

Loading...

Asam Amino Aromatik

Sebagai contoh, suatu molekul peptida kecil yaitu glisilfenilalanilglisin (GlyPheGly) dihidrolisis oleh enzim kimotripsin menjadi glisilfenilalanin (GlyPhe). Dari contoh tersebut terlihat bahwa kimotripsin memotong pada ujung asam amino fenilalanin yang merupakan asam amino aromatik dan hidrofobik, sesuai dengan spesifitas kimotripsin.

Selain dengan tripsin, kimotripsin juga memiliki kemiripan dengan enzim yang juga termasuk ke dalam golongan enzim protease, yaitu enzim elastase. Enzim elastase memotong ikatan peptida pada residu asam amino molekul kecil dan netral.

Loading...

ARTIKEL TERKAIT:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSLETTER:

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan:

KATEGORI:

FOLLOW US: