Informasi dan Tips – informasitips.com

Bintik Merah Muncul Setelah Demam Pada Bayi

informasitips.com – Sering kita jumpai munculnya bintik-bintik merah pada bayi atau anak setelah mereka sebelumnya mengalami demam yang tinggi. Apakah itu normal? Ya, itu hal yang normal. Hal tersebut normal terjadi ketika bayi atau anak Anda terjangkit virus tertentu. Keadaan munculnya bintik merah setelah demam tinggi umumnya merupakan gejala khas dari Roseola.

Penyebab Roseola

Roseola disebabkan oleh virus, tepatnya Human Herpes Virus (HHV) tipe 6 atau 7. Biasanya Roseola menyerang bayi dengan usia 6 bulan hingga balita berusia 2 tahun. Karena disebabkan oleh virus, maka Roseola dapat menular, terutama lewat air liur. Nah, jika Anak Anda berbagi gelas yang sama dengan anak lain yang terjangkit Roseola, maka dia dapat tertular. Meski sifatnya menular, namun Roseola berbeda dengan cacar atau penyakit lain yang disebabkan oleh virus yang dapat menyebar secara cepat. Roseola jarang menyebabkan outbreak pada suatu komunitas yang luas. Infeksi roseoladapat terjadi kapan pun sepanjang tahun.

Gejala Roseola Sebelum Muncul Bintik Merah

Gejala awal yang dirasakan oleh bayi yang terjangkit virus Roseola adalah demam tinggi yang bisa mencapai 39.5 derajat Celsius atau bahkan 42 derajat. Demam itu bisa berlangsung selama seminggu atau bahkan lebih, ada juga yang berlangsung lebih singkat dari itu. Seringkali demam juga disertai oleh gangguan saluran pernafasan atas. Selama demam, bayi atau anak Anda akan kehilangan selera makannya, rewel, dan mungkin saja akan mengalami pembengkakan pada kelenjar limpha di bagian leher.

Bintik Merah Muncul Setelah Demam

Demam yang terjadi akibat virus Roseola umumnya berhenti secara tiba-tiba. Suhu badan anak turun tiba-tiba dari tinggi hingga mencapai 34.5 derajat. Nah, pada saat demam anak mulai menghilang, biasanya akan muncul bintik-bintik kemerahan pada area dada dan perut bayi, serta dapat mencapai leher dan area lainnya. Kalau Anda jumpai bintik-bintik merah tersebut jangan terlalu khawatir, karena hal itu lumrah terjadi pada anak yang terjangkit virus Roseola. Bintik-bintik merah atau kemerahan itu akan hilang dengan sendirinya setelah beberapa jam atau mungkin lebih lama lagi, bisa mencapai 2 hari.

Meski demam yang tinggi yang diakibatkan oleh Roseola akan turun dengan tiba-tiba, namun tidak menutup kemungkinan bayi atau anak dapat mengalami febrile seizure (kejang demam). Jika hal itu sampai terjadi, segera bawa si buah hati ke dokter, karena akan berbahaya jika tidak tertangani. Tidak hanya itu, hubungi dokter juga jika bintik-bintik merah yang muncul setelah demam itu tidak kunjung hilang setelah 3 hari.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: