Informasi dan Tips – informasitips.com

Manfaat Minum Air untuk Membentuk Tubuh Berotot

informasitips.com – Tidak dipungkiri lagi, mengonsumsi air memang sangat penting bagi kesehatan manusia. Begitu juga bagi Kamu yang ingin membuat tubuh menjadi berotot, mengonsumsi air memegang peranan penting dalam keberhasilan Kamu untuk mendapatkan tubuh berotot. Berikut ini beberapa peran mengonsumsi air dalam keberhasilan mendapatkan tubuh berotot:

  • Meningkatkan Kekuatan Otot

    Penelitian membuktikan bahwa kondisi tubuh yang mengalami dehidrasi atau kekurangan air akan membuat kekuatan otot berkurang. Nah, jika dalam keadaan dehidrasi itu Kamu tetap memaksakan tubuh Kamu untuk berlatih maka jangan kaget kalau ukuran otot-otot tubuhmu menjadi berkurang. Tidak hanya itu, penelitian yang dipublikasi di Jurnal Biokimia menyatakan bahwa kekurangan air akan membuat sel-sel otot menjadi menyusut, pada saat itu protein otot akan terurai sehingga akan sulit bagi Kamu yang ingin membentuk tubuh berotot.

  • Mencegah Kehilangan Energi

    Tidak hanya sulit mendapatkan tubuh berotot ketika Kamu mengalami dehidrasi, namun juga tubuh Kamu akan mudah mengalami kelelahan dan pusing akibat kurang energi. Kalau sudah begitu, sebaiknya jangan paksakan tubuh untuk berlatih karena dapat mengakibatkan cedera.

  • Menjaga temperatur tubuh

    Mekanisme tubuh dalam mengatur temperaturnya terjadi melalui transfer panas dari sel-sel otot ke air yang ada di dalam tubuh. Air yang mengandung panas itulah yang kemudian diekskresikan melalui pori-pori kulit sebagai keringat. Melalui keringat, 80% panas yang diproduksi oleh tubuh dibuang keluar. Dalam proses yang terjadi itu, air berfungsi sebagai pendingin yang mencegah tubuh agar tidak mengalami overheat. Pada saat tubuh melakukan latihan pembentukan otot, maka sejumlah panas akan diproduksi. Panas yang diproduksi tersebut harus dibuang dari tubuh melalui keringat, di sini lah air berperan penting dalam keberhasilan seseorang dalam membentuk tubuh berotot.

  • Sistem Pencernaan

    Bahan baku utama pembentuk sel-sel otot adalah protein. Kebutuhan akan protein itu harus terpenuhi, terutama, melalui makanan yang Kita makan. Oleh karena itu, sistem pencernaan harus dapat memastikan terserapnya nutrisi-nutrisi makanan, terutama protein, ke dalam sistem metabolisme tubuh. Air memegang peranan penting dalam membantu proses pencernaan dan dalam pemeliharaan sistem pencernaan yang sehat. Selain itu, air juga merupakan komponen yang penting dalam produksi saliva dan asam lambung, dimana keduanya memiliki peran krusial dalam terlaksananya proses pencernaan yang baik.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

Pencarian Terkait:

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: