Informasi dan Tips – informasitips.com

Ragam Manfaat Mentimun bagi Kesehatan

informasitips.com – Siapa yang tidak kenal dengan mentimun? Sayuran yang berasal dari famili Cucurbitaceae ini memiliki penggemar yang tidak sedikit, baik itu di Indonesia maupun di mancanegara. Hal itu tidaklah heran karena mentimun tidak perlu dimasak terlebih dahulu untuk bisa dinikmati, selain itu juga memiliki rasa yang segar, serta juicy. Mentimun juga dikenal luas akan manfaat yang dimilikinya. Berikut ini beberapa manfaat dari mentimun yang mungkin belum banyak dari kita mengetahuinya:

  • Rehidrasi Tubuh dan Memenuhi Kebutuhan Vitamin

    Hampir 95% kandungan mentimun adalah air, sehingga cukup beralasan jika Kamu mengonsumsi mentimun maka tubuh Kamu akan terhidrasi oleh air yang terkandung di dalamnya. Hal tersebut sangat penting mengingat bahwa air merupakan komponen penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Dengan banyak mengonsumsi air dari mentimun maka bahan-bahan toksin atau limbah dalam tubuh Kamu bisa dibuang keluar. Diduga, mengonsumsi mentimun juga berkhasiat dalam melarutkan batu yang terdapat di ginjal. Kandungan vitamin yang terkandung dalam mentimun akan membuat kebutuhan vitamin tubuh Kamu per hari nya terpenuhi.

  • Memerangi Kanker

    Senyawa lignan yang terkandung di dalam mentimun, seperti lariciresinol, pinoresinol, dan secoisolariciresinol, diketahui selama ini berkhasiat dalam mengurangi resiko beberapa jenis kanker, termasuk kanker pay*d*ra, kanker ovarium, kanker uterine dan kanker prostat.

  • Mengatasi Diabetes

    Jus mentimun diketahui mengandung suatu hormon yang dibutuhkan oleh sel-sel pankreas untuk memroduksi insulin. Hal tersebut dapat digunakan untuk mengatasi diabetes.

  • Mengurangi Kolesterol dan Mengontrol Tekanan Darah

    Para peneliti menemukan bahwa mentimun mengandung senyawa sterol yang mungkin berkhasiat mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Mentimun juga kaya akan nutrisi seperti kalium, magnesium dan serat. Senyawa-senyawa tersebut efektif dalam mengontrol tekanan darah. Hal itu membuat mentimun sangat baik untuk mereka yang bertekanan darah rendah dan tinggi.

  • Menghilangkan Bau Mulut

    Untuk membunuh bakteri-bakteri penyebab bau mulut, Kamu bisa melakukannya dengan menaruh irisan mentimun di langit-langit mulut dan menekannya dengan lidah selama 30 detik. Senyawa-senyawa fitokimia yang terkandung dalam mentimun akan membunuh bakteri-bakteri tersebut, sehingga Kamu akan terbebas dari bau mulut yang mengurangi rasa PD kamu.

  • Mengatasi Mabuk atau Morning Sickness

    Utnuk menghindari rasa mabuk atau sakit kepala di pagi hari dapat dilakukan dengan cara mengonsumsi beberapa iris mentimun sebelum Anda pergi tidur. Mentimun mengandung gula, berbagai vitamin B dan elektrolit-elektrolit yang befungsi untuk memenuhi kebutuhan tubuh Anda akan nutrisi, sehingga dapat mengurangi intensitas mabuk ataupun sakit kepala.

  • Baik untuk Pencernaan

    Kandungan air dan serat makanan dalam mentimun membuatnya sebagai bahan makanan yang efktif dalam menyingkirkan racun-racun yang terdapat di dalam sistem pencernaan sehingga proses pencernaan akan menjadi lebih efektif. Konsumsi rutin mentimun per hari dianggap sebagai langkah kuratif dalam menangani konstipasi kronik.

  • Menjaga Kesehatan Sendi, menghilangkan sakit akibat Gout dan Artritis

    Kandungan silika dalam mentimun berkhasiat dalam menjaga kesehatan sendi dengan cara memperkuat jaringan ikat. Campuran mentimun dengan jus wortel diduga akan semakin memperkuat khasiat mentimun dalam menjaga kesehatan sendi. Rasa sakit akibat gout dan artritis yang berkurang terjadi melalui mekanisme pengurangan konsentrasi asam urat dalam darah.

  • Menghilangkan Mata Bengkak

    Seringkali mata Kita mengalami pembengkakan. Namun, Kamu tidak perlu khawatir karena dengan menggunakan kulit mentimun Kamu bisa menghilangkan bengkak di mata Kamu. Caranya adalah taruh irisan kulit mentimun di atas bagian yang bengkak, maka aktivitas anti-inflamasinya mampu mengurangi bengkak di mata Kamu.

  • Untuk Pertumbuhan Rambut

    Kandungan silikon dan sulfur di dalam mentimun bermanfaat untuk menstimulasi pertumbuhan rambut.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *