Informasi dan Tips – informasitips.com

Kata Kerja dalam Bahasa Inggris

informasitips.com – Ketika seseorang baru saja mempelajari bahasa Inggris, mungkin akan bingung dalam memahami kata kerja dalam bahasa Inggris. Seperti yang kita tahu, dalam bahasa Inggris ada tiga bentuk kata kerja, yaitu verb 1, verb 2, dan verb 3. Nah, masing-masing kata kerja tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda. Berikut adalah fungsinya:

Verb 1

Verb 1 adalah bentuk dasar dari kata kerja dalam bahasa Inggris. Kata kerja jenis pertama ini digunakan ketika akan menuliskan kalimat dalam bentuk simple present (tenses yang digunakan untuk menjelaskan kegiatan saat ini). Contoh penggunaannya adalah dalam kalimat berikut:

  1. I usually go to school at 6.30 am.
  2. He always sleeps late to finish his job.

Kata kerja bahasa Inggris

Dari kedua contoh kalimat di atas, go dan sleep adalah contoh kata kerja bentuk pertama yang digunakan. Pada kalimat kedua, bisa kita lihat bahwa ada sedikit perbedaan bentuk kata kerja ketika subjeknya adalah orang ketiga tunggal. Karena subjek pada kalimat kedua merupakan orang ketiga tunggal (He), maka untuk kata kerja pertamanya ditambahkan s atau es (V1 + S/es).

Selain dalam bentuk kalimat simple present, kata kerja pertama (verb 1) digunakan setelah modal (kata kerja bantu). Yang termasuk modal adalah will (akan), can (bisa), may (boleh), must (harus). Nah, setelah menggunakan modal maka kata kerja yang digunakan adalah bentuk kata kerja yang pertama. Contoh penggunaan dalam kalimat adalah:

  1. I must wake up earlier tomorrow.
  2. She can play guitar well.

Dari kedua contoh kalimat di atas, setelah modal (kata kerja bantu) selalu diikuti oleh kata kerja bentuk pertama (verb 1). Walaupun subjeknya adalah orang ketiga tunggal (contohnya pada kalimat kedua di atas), kita tidak perlu menambahkan s atau es setelah kata kerja.

Verb 2

Verb bentuk ke-2 digunakan untuk menjelaskan suatu peristiwa yang telah terjadi di masa lampau. Verb ini tidak dapat digunakan dalam bentuk kalimat yang lain. Jadi jika anda akan menuliskan peristiwa yang terjadi di masa lampau, gunakanlah kata kerja bentuk ke 2. Contoh penggunaan dalam kalimat adalah:

  1. They visited art museum yesterday.
  2. She drank a glass of milk this morning.

Nah, di sini apapun subjeknya, verb yang digunakan adalah tetap verb 2 tanpa ada penambahan apapun.

Verb 3

Verb bentuk ketiga ini tidak dapat berdiri sendiri seperti dua kata kerja sebelumnya. Kata kerja ini digunakan dalam perfect tense (tenses yang digunakan untuk menjelaskan suatu peristiwa yang telah usai) baik present perfect tense maupun past perfect tense. Contoh penggunaannya dalam kalimat adalah:

  1. I have finished my project this afternoon.
  2. She has cleaned her room.

Nah, di sini verb 3 harus diikuti oleh has atau have. Gunakanlah has untuk subjek ketiga tunggal seperti he, she, dan it.

Itulah sedikit penjelasan dari penggunaan kata kerja dalam bahasa Inggris beserta fungsi-fungsinya. Berikut ini akan dilampirkan beberapa bentuk kata kerja dalam bahasa Inggris yang sebaiknya anda ketahui.

Regular Verb
Verb ini bisa diartikan sebagai kata kerja yang beraturan yang berarti kata kerja yang memiliki pola tertentu. Cukup mudah dalam menghafalkan bentuk kata kerja ini karena hanya anda perlu menambahkan –ed saja. Kata-kata kerja yang termasuk regular verb adalah:

Verb 1Verb 2Verb 3
Play PlayedPlayed
WatchWatchedWatched
VisitVisitedVisited
StudyStudiedStudied
ListenListenedListened
CleanCleanedCleaned
WashWashedWashed
PlantPlantedPlanted

Nah, itu adalah beberapa kata kerja yang termasuk regular verb. Mudah bukan untuk menghafalnya?

Irregular Verb
Verb ini bisa diartikan sebagai kata kerja yang tidak berturan yang artinya kata kerja ini tidak memiliki pola tertentu seperti regular verb. Anda harus menghafalkan bentuknya karena tidak ada suatu pola tertentu dalam kata kerja ini.

Berikut adalah daftar kata kerja yang termasuk irregular verb:

Verb 1Verb 2Verb 3
EatAteEaten
DrinkDrankDrunk
GoWentGone
BuyBoughtBought
SingSangSung
ReadReadRead
WriteWriteWritten
SellSoldSold

Nah, itu tadi sedikit penjelasan tentang kata kerja dalama bahasa Inggris. Mudah-mudahan artikel ini dapat membantu anda lebih memahami prinsip kata kerja dalam bahasa Inggris. Selamat belajar =)



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

5 thoughts on “Kata Kerja dalam Bahasa Inggris

  1. umar faruk

    i like your information,
    and semoga kamu bisa mendapatkan ilmu-ilmu yang baru, karna kamu sudah membagi ilmu yang sudah kamu miliki,

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: