Informasi dan Tips – informasitips.com

Tips Menjadi New Comer (Pendatang Baru) yang Asyik di Kantor Baru

informasitips.com – Kantor baru? Wow! Pastinya penuh dengan harapan baru untuk karir yang lebih sukses dan cerah. Namun, untuk mewujudkan harapan baru tersebut, kita terlebih dahulu ditantang untuk bisa “menaklukan” lingkungan kerja yang baru tersebut dan mampu beradaptasi dengan rekan kerja yang baru kita kenal. Hal ini penting bagi keberlangsungan karir kita ke depan, karena kemampuan kita dalam berbaur dan beradaptasi dengan lingkungan kerja baru tentunya juga akan mempengaruhi kinerja dan performa kita di kantor yang baru tersebut nantinya.

Menjadi new comer (pendatang baru) di sebuah lingkungan kerja baru memang susah-susah gampang. Bagi sebagian orang, beradaptasi di lingkungan baru adalah hal yang mudah, dan dalam hari pertama saja sudah bisa merasa nyaman dengan lingkungan maupun orang-orang baru. Namun tidak demikian halnya dengan orang yang agak tertutup dan pemalu. Butuh perjuangan keras bagi mereka untuk bisa menyesuaikan diri dan merasa enjoy dengan lingkungan kerja baru.

menjadi pendatang baru yang asyik di kantor baru

Bila Anda adalah new comer yang memang agak susah beradaptasi dengan lingkungan kerja di kantor baru, berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar mudah merasa nyaman dan enjoy dan diterima di lingkungan kerja yang baru :

  1. Tersenyum
    Senyum adalah bahasa yang universal. Senyum juga merupakan bentuk komunikasi awal yang kita bangun saat bertemu dengan orang baru. Sebagai orang baru, memperlihatkan sikap ramah dengan tersenyum adalah hal yang sangat penting. Tersenyum berarti menunjukkan bahwa Anda siap membuka komunikasi dan interaksi dengan orang lain. Rajin-rajinlah menebar senyuman. Semua orang menyukainya dan membuat mereka akan lebih mudah merasa nyaman dengan Anda.
  2. Menyapa
    Semua orang suka sikap ramah, dan semua orang suka diperhatikan dalam batas kewajaran. Dalam hal ini Anda harus sadar dengan apa yang terjadi di sekeliling Anda. Jangan cuek! Anda juga perlu memperhatikan orang-orang di sekitar dengan segala bentuk perubahan yang ada pada mereka. Tidak ada salahnya menyapa lebih dulu. Bisa dilakukan menyapa (mengucapkan) salam terlebih dahulu, misalnya selamat pagi saat baru datang. Bisa juga dengan memberi komentar tentang gaya berbusana seorang rekan kerja yang mungkin saja terlihat lain dari pada hari-hari biasanya. Anda juga bisa menanyakan keadaan teman yang baru ijin tidak masuk karena sakit atau lain sebagainya. Dalam hal ini harus diperhatikan pula cara penyampainnya adalah dari sisi yang positif dan tulus. Jangan berlebihan atau dibuat-buat agar terkesan ramah. Mungkin untuk teman-teman lama, Anda terbiasa langsung menyapa dan berkomentar yang agak “keterlaluan”. Tapi, di kantor baru dengan orang yang baru saja dikenal, Anda perlu lebih berhati-hati dan menjaga batasan-batasannya dulu. Bila tidak tepat, bisa jadi niat baik Anda untuk menyapa dan becanda dengan orang yang baru dikenal, direspon tidak baik oleh orang tersebut.
  3. Membaur
    Di setiap kantor pasti ada budaya-budaya tertentu. Apalagi untuk wanita biasanya ada aturan-aturan tak tertulis, misalanya pada hari tertentu kompakan memakai baju atau asesoris tertentu. Kita mungkin tidak begitu tertarik dan menganggap itu hal kecil dan tidak penting. Namun, tak ada salahnya dilakukan agar kita bisa cepat menyesuaikan diri.

    Anda bisa bergabung dan berupaya lebih membaur dengan kebiasaan-kebiasan baru di kantor baru Anda. Dengan membaur (sepanjang itu bukan hal yang negatif) maka orang akan merasa diterima oleh Anda dan Anda pun lambat laun akan diterima oleh mereka.

    Anda bisa juga mengikuti undangan makan siang bersama rekan kerja di suatu tempat atau makan malam sepulang kerja. Mungkin ada rasa canggung karena belum ada teman yang benar-benar dekat, tapi justru inilah waktunya untuk mendekatkan diri dengan mereka.

  4. Tampil apa adanya
    Tidak mudah memang untuk tertarik dan menganggap asyik semua orang yang baru dikenal. Pada saat awal-awal berkenalan, pada umumnya orang akan mempertahankan sikap jaga image (jaim) dan kesan professional. Tentunya hal ini bisa dianggap membosankan. Tapi hal itu tidak akan bertahan lama. Saat mereka menganggap Anda asyik dan bisa dipercaya, sikap mereka pun akan berubah menjadi lebih “nyantai”. Namun terlebih dahulu Anda juga harus memperlihatkan kejujuran dan sikap Anda yang apa adanya. Jangan terlalu jaim, atau terlalu dibuat-buat. Dalam hal penampilan pun Anda juga perlu tampil sewajarnya. Tak perlu berlebihan, supaya terkesan beda atau mencolok dibanding yang lain. Tampilah apa adanya agar orang lain juga tidak segan dekat dengan Anda dan akan menampilkan diri mereka yang apa adanya kepada Anda.
  5. Tunjukkan sikap tertarik
    Dalam kasus percintaan, cinta bertepuk sebelah tangan adalah biasa. Mungkin bila kita menyukai seseorang yang tidak menggubris kita, kita tetap akan mengejar-ngejar atau memujanya dalam hati. Namun, tidak demikian halnya dalam pertemanan. Orang-orang tidak akan tertarik bila Anda tak menunjukkan sikap tertarik pada mereka. Tertarik dalam hal ini bukan berarti tertarik untuk mengorek-ngorek informasi pribadi seseorang loh. Melainkan tertarik untuk menjalin persahabatan, ingin mengenal lebih dekat dan tertarik dengan keunikan karakter yang ada di diri mereka.

    Anda harus punya inisiatif untuk memulai duluan dan mencoba lebih dekat dengan mereka di lingkungan baru tersebut. Misalnya, saat seseorang berbicara, cobalah untuk ikut nimbrung dan memberi komentar (bila kira2 dibutuhkan) dan jangan diam saja. Hal ini akan memberikan kesan bahwa Anda tertarik mendengarkan topik yang dibicarakan dan juga pada orang yang sedang berbicara.

    Kasus lain adalah bila ada orang tertawa atau bergurau, ikutlah tertawa. Tertawa itu tidaklah sulit. Kamu tidak harus berteman dengan pelawak professional untuk bisa tertawa. Walaupun tidak lucu tertawa sajalah… lama-lama akan jadi menyenangkan. Sikap-sikap ketertarikan yang Anda tunjukkan akan membuat orang perlahan-lahan menjadi siap menerima Anda dan tertarik pula untuk mengenal Anda lebih dekat lagi.

  6. Jangan Cari Muka Dengan Boss
    Selain berpotensi jadi teman baru yang asyik, posisi anak baru juga berpotensi jadi saingan baru bagi orang-orang tertentu di kantor, terutama yang duduk pada jabatan atau posisi yang sama. Berusahalah mengenali atau mempelajari karakter dan menyesuaikan diri dengan atasan baru. Tetap tunjukkan prestasi kerja yang sebaik mungkin, namun hindari sikap cari muka/penjilat.

    Bersikaplah wajar dalam berhubungan dengan atasan baru. Hal ini untuk menghindari rekan kerja lainnya merasa terancam posisinya dengan kehadiran Anda. Namun hal ini tak selalu menjamin bahwa Anda akan terbebas dari berbagai pihak yang sirik dengan prestasi kerja Anda. Terkadang ada kalanya Anda sudah bersikap biasa saja dan tidak cari muka, namun karena prestasi kerja Anda yang cukup baik dan di atas rata-rata, maka atasan secara otomatis akan suka pada Anda. Hal ini bisa menjadi peluang besar bagi rekan kerja lain untuk merasa cemburu dan sirik pada Anda. Kalau sudah begitu yah..apa boleh buat. Tidak ada yang bisa dilakukan selain membiarkannya saja. Kita tidak bertanggung jawab untuk menyenangkan hati semua orang, kan?

  7. Bawa Makanan
    Sesekali bawalah makanan ringan/cemilan ke kantor untuk dimakan bareng-bareng. Atau kalo cukup dana bisa traktir teman-teman baru untuk makan siang di tempat tertentu. Semua orang suka makan, dan makanan cukup ampuh untuk ‘meluluhkan’ hati siapa saja. Dengan memberi terlebih dahulu biasanya orang akan lebih mudah suka dengan Anda. Dan perlahan-lahan akan benar-benar menerima Anda masuk ke dalam lingkungannya.

Tips di atas bukanlah mengajak kita untuk bersikap munafik. Kita harus tetap jadi diri sendiri. Namun tak ada salahnya mencoba lebih inisiatif dan memulai lebih dulu saat kita berada di posisi sebagai new comer agar bisa lebih mudah diterima lingkungan.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

One thought on “Tips Menjadi New Comer (Pendatang Baru) yang Asyik di Kantor Baru

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: