Informasi dan Tips – informasitips.com

Tips Liburan (Bepergian) ke Luar Negeri

informasitips.com – Berlibur (liburan) ke luar negeri kedengarannya mengasikkan, terlebih karena kita bisa mengunjungi negara lain dan mengenal budaya serta daerah-daerah wisatanya. Namun, berlibur ke luar negeri tentu membutuhkan lebih banyak persiapan dibandingkan melakukan liburan domestik ke kota lain. Seperti apakah persiapan yang perlu kita lakukan? Ambil selembar kertas dan pensil lalu buatlah daftar-daftar seperti tertera di bawah ini. Dengan demikian, kita tidak akan melewatkan satu hal pun dan bisa menikmati liburan kita.

Negara Tujuan
Akan berlibur ke negara manakah nanti? Eropa tentu merupakan pilihan yang mengasikkan karena sekali mendayung, dua tiga pulau terlampaui. Maksudnya begini, ketika mendapatkan Visa Turis ke salah satu negara di Eropa, kita juga bisa mengunjungi beberapa negara Eropa lainnya. Selain Eropa, negara-negara Asia lainnya juga menarik untuk dikunjungi, seperti Jepang, Korea, atau India yang terkenal dengan Taj Mahal-nya. Atau Anda juga bisa pergi berlibur ke Australia. Banyak juga keindahan yang ditawarkan di negeri Kangguru tersebut seperti di Sydney, Perth atau Melbourne.

  • Mencari informasi negara tujuan
    Apapun negara yang kita pilih, pastikan kita mencari informasi sebanyak-banyaknya mengenai negara tersebut, seperti bahasa yang digunakan sehari-hari, aturan-aturan umum di jalan, dan sebagainya. Patut diingat bahwa hanya karena bahasa Inggris merupakan bahasa internasional, tidak semua penduduk di negara tujuan kita fasih berbahasa Inggris. Karena itu, ada baiknya membekali diri dengan kamus bahasa setempat sehingga bisa memudahkan kita untuk berkomunikasi dengan penduduk setempat, kalau-kalau kita perlu menanyakan sesuatu.
  • tips liburan ke luar negeri

  • Mencari tahu daerah wisata di negara tujuan
    Saat ini banyak dijual buku panduan berlibur ke luar negeri. Cobalah membeli satu buku yang berkaitan dengan negara yang kita tuju supaya kita tahu tempat apa yang sebaiknya dikunjungi, di mana letaknya, bagaimana pergi ke tempat tersebut (apakah bisa dengan kendaraan umum atau sekedar jalan kaki), tiket untuk masuk ke tempat tersebut (apakah bisa melakukan reservasi melalui internet untuk menghindari antrian panjang atau pembatasan jumlah pengunjung), referensi hotel dan restoran yang ada di negara tersebut, serta hari-hari libur nasional di negara tersebut.

Tanggal Keberangkatan
Memilih kapan kita akan berlibur ke luar negeri tentu tidak boleh terlewatkan. Jangan memilih hari keberangkatan secara mendadak, terutama bila kita tidak mengenal dengan baik negara yang kita tuju. Sebagian besar negara memiliki 4 musim, jadi pilihlah musim liburan dengan bijak. Musim apakah yang terbaik untuk berlibur di luar negeri? Musim panas mungkin merupakan jawaban yang paling aman karena baik musim semi, gugur dan dingin memiliki cuaca yang tidak terlalu bersahabat dengan orang Indonesia yang terbiasa dengan iklim tropis.

Dokumen Perjalanan
Setelah mengetahui negara tujuan dan tanggal keberangkatan, kita bisa mencari tahu mengenai dokumen perjalanan yang dibutuhkan. Dokumen utama yang penting dimiliki adalah paspor. Paspor berfungsi sebagai tanda indentitas internasional dan bisa diperoleh di Kantor Imigrasi setempat.

Selain paspor, tentu kita membutuhkan visa. Cari informasi terlebih dulu apakah negara yang kita tuju memberlakukan VoA atau Visa on Arrival. Jika iya, maka kita tidak perlu mendatangi konsulat atau kedutaan besar negara yang kita tuju untuk membuat visa karena visa tersebut bisa kita dapatkan di bandara negara tujuan.

Namun, bila negara yang dituju tidak memberlakukan VoA bagi warga Indonesia, mau tak mau kita harus mendatangi konsulat atau kedutaan besar negara tersebut. Tanyalah syarat-syarat yang diperlukan untuk membuat Visa Turis. Syarat yang dibutuhkan biasanya berupa asuransi perjalanan, bukti reservasi tiket pesawat dan hotel, dan sebagainya. Waktu pembuatan visa bermacam-macam, tergantung kebijakan masing-masing negara. Namun, biasanya Visa Turis bisa disetujui setelah 4 minggu.

Tiket Pesawat
Penerbangan internasional tentu berbeda dengan penerbangan domestik. Oleh karena itu, cari tahu maskapai-maskapai yang menawarkan jalur penerbangan ke negara tujuan serta cari tahu juga mengenai baggage allowance maskapai tersebut. Pastikan juga kita tidak membawa barang-barang yang dilarang, seperti benda tajam, benda-benda yang mudah terbakar, atau cairan (biasanya tidak boleh lebih dari 3 Oz).

Hotel Mardan Palace Eropa

Gambar: southdreamz.com

Reservasi Hotel dan Informasi Restoran
Sebelum berangkat, ada baiknya kita melakukan reservasi hotel terlebih dulu, terutama bila kita memang tidak berniat untuk tinggal di rumah teman/saudara yang berada di negara tersebut. Setidaknya lakukan reservasi hotel untuk 2 – 3 malam dan reservasi selanjutnya bisa dilakukan langsung di negara tersebut. Mengapa demikian? Ketika melakukan perjalanan jauh, biasanya kita akan terkena jet lag. Karena itu, akan lebih nyaman bila kita sudah melakukan resevasi hotel sehingga kita bisa langsung menuju hotel tersebut untuk beristirahat.

Selain itu, cari tahu juga mengenai jenis makanan yang biasa dijual di restoran-restoran. Beberapa makanan mungkin tidak cocok dengan selera dan lidah kita sehingga kita tidak akan memakan makanan tersebut. Pilihan aman mungkin dengan menjungi restoran cepat saji yang menawarkan menu-menu reguler. Bagi penggemar pedas, mungkin akan memilih membawa saos sambal sachet karena makanan-makanan di luar negeri belum tentu sepedas makanan di Indonesia.

Barang Bawaan
Penting untuk memasukkan barang-barang yang memang berguna selama perjalanan kita, terutama soal pakaian. Mungkin kita berpikir, karena musim panas, tentu cuaca di Swiss juga akan hangat. Tapi belum tentu, sebab musim panas di Swiss tidak akan sepanas seperti cuaca di negara-negara Eropa selatan. Karena itu, bawalah baju yang sesuai dengan musim di negara tujuan supaya kita tidak ‘salah kostum’.

Bawa juga beberapa obat-obatan yang biasa kita konsumsi karena kalau kita sakit di sana, belum tentu kita cocok dengan obat yang dijual di apotek setempat. Perlengkapan mandi seperti sikat gigi, pasta gigi (ukuran kecil), shampoo (ukuran kecil) mungkin berguna selama beberapa hari sebelum kita bisa membelinya di sana.

Ada baiknya pula kita membawa beberapa potong baju dalam tas bawaan karena kadang kala terjadi travel bag kita hilang dalam perjalanan. Masukkan dokumen-dokumen penting dalam tas bawaan dan bukan dalam travel bag. Alat-alat elektronik, seperti laptop dan MP3, juga sebaiknya tidak ikut dimasukkan dalam travel bag.

Uang
Yang satu ini jangan sampai terlupa. Rencanakan dengan baik budjet liburan kita sehingga kita bisa memastikan membawa cukup uang dalam perjalanan. Sebaiknya pula kita sudah menukarkan rupiah kita dengan mata uang negara tujuan agar kita tidak kerepotan jika tidak menemukan money changer yang mau menerima rupiah di sana. Kartu kredit juga memberikan kenyamanan karena kita pun tak perlu repot membawa banyak uang tunai selama perjalanan. Pastikan cek tagihan kartu kredit kita setelah sampai di rumah untuk menghindari terjadinya penyalahgunaan kartu kredit.

Dengan perencanaan matang, kita akan mendapatkan liburan yang super memuaskan. Namun, jika memang tidak ingin direpotkan dengan urusan kalkulasi pengeluaran, reservasi tiket, hotel, maupun urusan visa, kita tetap bisa mendatangi agen perjalanan terdekat yang akan membantu kita mempersiapkan semua keperluan liburan kita. Selamat berlibur!



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: