Informasi dan Tips – informasitips.com

Perkembangan Kehamilan 13 Minggu: Janin dan Ibu Hamil

informasitips.com – Di minggu ini, janin mulai menunjukkan karakteristik manusianya secara fisik, terutama pada area wajah. Beberapa bagian lainnya, seperti usus halus dan pita suara juga mulai berkembang di kehamilan minggu ke-13 ini. Di sisi lain, ibu hamil mulai memasuki masa trimester keduanya, yaitu periode dimana kebanyakan ibu hamil mulai merasakan ketenangan dan kenyamanan akibat berkurangnya berbagai gejala yang dirasakan saat di trimester pertama.

Yang Terjadi pada Janin

1. Dari waktu ke waktu, si kecil di dalam perut Anda makin menunjukkan rupa seorang manusia. Dia semakin bertambah ukuran tubuhnya dan tampak semakin lucu.

2. Kini, matanya telah berada pada bagian depan wajah, bukan pada sisi wajah lagi. Begitu juga dengan telinganya telah berpindah ke bagian yang lebih di atas dibanding sebelumnya.

3. Jika sebelumnya panjang kepala hampir sama dengan panjang tubuh janin, maka mulai di minggu 13 ini tubuh janin akan lebih cepat berkembang sehingga panjangnya akan melebihi panjang kepalanya.

4. Sementara kaki janin pada minggu ini masih membutuhkan pertumbuhan yang lebih lagi, dan tangannya akan memanjang secara proporsional dengan tubuhnya.

5. Di kehamilan 13 minggu ini, janin sudah mulai bisa mengisap jempolnya.

6. Jari-jari kecilnya yang sudah tak berselaput lagi kini memiliki sidik jari yang unik.

7. Sementara pembuluh darah vena dan organ dalamnya akan terlihat sebagai akibat dari lapisan kulitnya yang masih tipis.

8. Pada usia 13 minggu ini, ukuran janin kira-kira sepanjang 7,5 cm dengan bobot seberat 28 gram.

9. Perkembangan bagian-bagian tubuhnya kini tidak lagi berjalan dengan kecepatan yang sama, ada yang berkembang lebih cepat, sementara yang lain lebih lambat.

10. Pada kehamilan di minggu ke-13 ini, tubuh janin telah berada pada posisi yang permanen di dalam rahim ibu.

11. Di usia janin yang sekarang, usus halus dan pita suaranya mengalami perubahan yang semakin menunjukkan perkembangan.

Yang Terjadi pada Ibu Hamil

1. Inilah minggu awal dimana Anda memasuki trimester kedua. Pada trimester kedua, risiko untuk mengalami keguguran berkurang. Di sisi lain, beberapa ibu dilaporkan lebih merasa nyaman pada trimester kedua. Jadi, beberapa gejala yang muncul di awal kehamilan akan mereda pada minggu ke-13 ini. Seiring dengan itu, gairah ibu hamil akan mulai meningkat di masa kehamilan ini.

2. Meski kebanyakan ibu sudah mulai merasakan nyaman di trimester keuda kehamilannya, namun tak jarang ada juga yang mengalami perpanjangan gejala yang mereka rasakan kala di trimester pertama, seperti konstipasi, bloating, sakit kepala, dan lain-lain.

3. Meski masih beberapa bulan ke depan ibu hamil baru akan melahirkan, namun pay*daranya sudah mulai memroduksi kolostrum, yaitu cairan pekat yang kaya akan nutrisi yang diberikan ke bayi selama beberapa hari setelah dilahirkan.

4. Pada trimester kedua ini, tubuh Anda membutuhkan asupan kalori tambahan, yaitu sekitar 340 kalori, sedangkan di trimester ketiga membutuhkan sekitar 450 kalori tambahan. Jadi, Ibu Hamil harus memperhitungkan apa yang diasupnya agar janin di dalam rahimnya juga mendapatkan nutrisi yang baik.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *