Informasi dan Tips – informasitips.com

Kehamilan 12 Minggu: Apa Saja yang Terjadi?

informasitips.com – Banyak hal yang terjadi di minggu 11 kehamilan, baik itu pada diri Anda maupun pada janin. Di minggu ke-12 ini beberapa perkembangan signifikan juga terjadi, seperti mulai munculnya gerakan refleks pada janin serta perubahan signifikan pada tubuh Anda yang seolah mengatakan pada dunia bahwa Anda sedang hamil. Berikut ini beberapa tahap perkembangan pada janin dan ibu hamil di kehamilan 12 minggu.

Yang Terjadi pada Janin

1. Pada minggu ke-12, perkembangan janin yang menjadi perhatian adalah munculnya gerakan refleks, seperti jari-jari tangannya mulai membuka dan menutup, jari-jari kakinya bergerak-gerak melekuk, & mulutnya mulai menunjukkan gerakan mngisap.

2. Refleksnya juga terjadi manakala ibu menempelkan tangan di perutnya. Saat itu, janin akan bereaksi dengan menggoyangkan tubuhnya sbg respon atas sentuhan ibu.

3. Usus halusnya yang berkembang cepat mulai bergerak menempati rongga di perutnya.

4. Kedua ginjalnya mulai mengekskresikan urin ke dalam kandung kemihnya.

5. Pada otak janin, sel-sel saraf melakukan multiplikasi dengan sangat cepat, begitu juga dengan sambungan-sambungan saraf yang terbentuk sangat cepat.

6. Penampakan wajahnya sebagai manusia sudah mulai terlihat, mata, kuping sudah terbentuk dan berada pada tempat yang seharusnya.

7. Pada minggu ini, system di dalam tubuhnya sudah sepenuhnya terbentuk. Pada beberapa minggu ke depan hingga minggu ke-28 perkembangan berlangsung ke arah organ untuk dapat bekerja sebagaimana fungsinya. Misal pada system pencernaan, di dalam tubuh janin beberapa otot pencernaan mulai berkembang untuk bisa berkontraksi, hal itu penting karena setelah lahir dia harus mampu mendorong makanan yang dikonsumsinya ke dalam saluran pencernaan. Contoh lain, sumsum tulang mulai membentuk sel-sel darah putih yang diperlukan manakala janin hadir ke dunia, serta kelenjar pituitary yang juga mulai memroduksi hormone-hormonnya.

8. Jika Anda belum pernah mendengar degup jantungnya, maka sekarang (12 minggu kehamilan) merupakan waktu yang tepat untuk melakukannya. Anda akan takjub menyadari ada kehidupan di dalam perut Anda dan Anda bisa mendengar irama jantungnya berdetak.

Yang Terjadi pada Ibu Hamil

1. Mendekati akhir trimester pertama, ukuran rahim semakin membesar, kira-kira sebesar ukuran jeruk bali berukuran besar. Pada minggu ini rahim mulai bermigrasi atau pindah dari bagian bawah panggul ke bagian tengah perut. Saat inilah mungkin Anda akan terlihat bahwa Anda sedang hamil.

2. Mungkin di waktu inilah saatnya bagi ibu hamil untuk mulai mengubah jenis pakaian, menyesuaikan dengan perkembangan yang terjadi pada tubuh Anda, serta agar Anda terasa lebih nyaman.

3. Dengan terjadinya perubahan pada diri Anda, beberapa hal yang tidak mengenakkan juga mungkin akan Anda rasakan, seperti pandangan yang mulai kabur. Beberapa wanita hamil mungkin saja mengalami hal itu dan disebabkan oleh tertekannya lensa dan kornea oleh cairan tubuh akibat dari terjadinya pengembangan pada tubuh Anda saat hamil. Oleh karena itu, jika Anda mengalami pandangan kabur, jangan langsung panik, bisa jadi itu hal yang wajar. Meski begitu, Anda bisa melaporkan mengenai pandangan yang kabur itu ke dokter, karena pandangan yang kabur juga merupakan gejala dari hipertensi dan diabetes.

4. Di minggu ini, rasa panas di area sekitar dada mungkin akan mulai dirasakan beberapa orang. Banyak perempuan yang baru merasakan rasa panas itu saat dia hamil, namun bagi mereka yang pernah merasakan sebelumnya ada kemungkinan rasa panas yang muncul kala hamil ini akan terasa lebih panas.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: