Informasi dan Tips – informasitips.com

Kehamilan 11 Minggu: Yang Terjadi pada Janin dan Ibu Hamil

informasitips.com – Setelah mengetahui apa yang terjadi di kehamilan 10 minggu, menarik untuk mengetahui apa yang terjadi di kehamilan minggu berikutnya. Setiap minggunya, janin mengalami perubahan yang signifikan pada beberapa bagian, seperti pada bagian tubuhnya atau dari sisi kinestetisnya. Berikut ini yang terjadi pada janin dan ibu hamil di kehamilan minggu 11.

Yang Terjadi Pada Janin di Kehamilan 11 Minggu

1. Kalau pada minggu ke 10, tangan janin sudah tidak berselaput lagi, maka pada minggu ke-11 ini tangan janin mulai bisa membuka dan mengepal seperti membentuk tinju.

2. Pada minggu ini, tangan dan kaki sudah berada di depan tubuh janin.

3. Kuku tangan dan kaki sudah mulai berkembang pada minggu ke-11 kahamilan, dan akan berlanjut di minggu-minggu berikutnya

4. Bentuk kupingnya sudah hampir berkembang sempurna di kehamilan 11 minggu.

5. Folikel-folikel rambut sudah terbentuk, tidak hanya di kepala tetapi juga di seluruh permukaan tubuhnya. Panjang kepalanya hampir sama dengan panjang tubuhnya.

6. Tunas giginya juga mulai muncul pada gusinya.

7. Tulang pada tubuhnya mulai mengeras.

8. Di dalam Rahim, janin aktif bergerak, bahkan dia terbilang sibuk dengan berbagai gerakannya itu, menendang-nendang ataupun meregang dilakukannya secara berulang-ulang. Seiring dengan bertambahnya usia janin dan dengan semakin berkembangnya dia, maka akan semakin sering pula dia melakukan gerakan-gerakan di dalam perut Ibu hamil, dan tentunya akan semakin terasa. Gerakan janin baru akan dapat dirasakan oleh ibu dalam waktu 1 atau 2 bulan ke depan, tidak di minggu ke-11 ini.

9. Pada minggu ke-11 ini, janin bisa mengalami cegukan, namun hal itu belum bisa disadari oleh ibu hamil, meski sebenarnya bisa diukur dengan menggunakan alat tertentu.

Yang Terjadi pada Ibu Hamil 11 Minggu

1. Layaknya di minggu ke-10, konstipasi atau susah buang air besar masih menjadi pada minggu ke 11 kehamilan. Tidak hanya itu, heartburn juga kerap terjadi di minggu ini. Keduanya terjadi sebagai akibta dari perubahan aktivitas hormone di masa kehamilan, dan itu terjadi untuk suatu alasan yang baik.

2. Mual-mual pada ibu hamil juga bisa terjadi pada minggu 11 kehamilan, sehingga banyak makanan yang mungkin tidak bisa masuk, termasuk makanan sehat. Hal itu tentu akan memengaruhi bobot badan ibu hamil. Namun, jangan khawatir, dalam beberapa waktu ke depan selera makan ibu hamil akan kembali lagi, saat itulah merupakan saat yang tepat untuk meningkatkan asupan nutrisi agar janin juga bisa mendapatkannya. Oleh karena itu, dalam mengonsumsi makanan jangan hanya memikirkan kuantitas, namun juga kualitas nutrisi yang terkandung di dalamnya.

3. Ibu hamil dapat merasakan kembung atau terjadi penumpukan gas pada saluran percernaan. Hal itu sebagai akibat dari meningkatnya aktivitas hormone progesterone yang menyebabkan otot-otot halus pada saluran cerna mengalami relaksasi, sehingga proses pencernaan akan melambat dan makanan akan berhenti lebih lama pada saluran cerna. Hal itu membuat nutrisi makanan lebih banyak terserap ke dalam aliran darah dan akhirnya sampai ke janin melalui plasenta, tentunya hal itu bak untuk perkembangan janin. Namun, yang baik untuk janin tak selalu demikian untuk ibu hamil. Lebih lamanya waktu singgah makanan pada saluran cerna ibu hamil akan membuat tekanan di dalamnya semakin besar sebagai akibat dari pembesaran rahim yang terus terjadi. Hal itu akan membuat ibu merasakan kembung, ditambah lagi gas yang dihasilkan akibat lebih lamanya waktu fermentasi (sebagai akibat dari lamanya waktu singgah) menjadi lebih banyak. Untuk mengurangi rasa tidak nyaman ini, maka ibu hamil disarankan untuk menghindari mengonsumsi makanan peghasil gas, seperti kacang-kacangan, makanan manis ataupun soda.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: