Kehamilan 18 Minggu: Yang Terjadi Pada Ibu Hamil

informasitips.com – Pada kehamilan di minggu ke-18 ini, perubahan yang paling mencolok adalah adanya peningkatan selera makan pada ibu hamil. Pada saat seperti itu, Ibu harus memperhatikan makanan yang dikonsumsinya. Makan jangan hanya asal kenyang demi memenuhi selera makan yang meninggi, tetapi juga harus memperhatikan kandungan nutrisi dalam setiap bahan pangan yang dikonsumsi.

Peningkatan selera makan akan disertai dengan terjadinya perubahan ukuran tubuh pada tubuh Ibu Hamil. Demi kenyamanan, sebaiknya para ibu memilih pakaian yang sedikit besar mengingat lingkar pinggang akan terasa semakin bertambah di kehamilan 18 minggu ini.

Sakit Pada Punggung

Perubahan ukuran tubuh ibu hamil yang kian bertambah juga disebabkan oleh semakin membesarnya ukuran rahim tempat janin berada. Hal itu akan menyebabkan pusat bobot tubuh ibu menjadi bergeser dari sebelumnya, sehingga punggung ibu akan tertarik ke depan akibat perut ibu yang membesar. Seiring dengan perubahan pada tubuh ibu hamil itu, maka sakit pada punggung kerap akan dirasakan oleh ibu hamil. Hindari posisi kaki menggantung ketika duduk, serta jangan berdiri terlalu lama, karena bisa menyebabkan rasa sakit pada punggung kembali muncul. Jika rasa sakit itu teramat mengganggu, maka Anda harus menghubungi dokter kandungan Anda guna mengatasinya.

Perubahan Pada Sistem Kardiovaskular

Tidak hanya punggung, sistem kardiovaskular turut mengalami perubahan di usia kehamilan yang 18 minggu ini. Selama di trimester ini, tekanan darah ibu akan menjadi lebih rendah disbanding waktu-waktu sebelumnya. Oleh karena itu, manakala ibu bangkit dari posisi berbaring atau dari posisi duduk jangan gerakkan tubuh terlalu cepat, karena ibu akan merasakan sedikit pusing, sebaiknya gerakkan secara perlahan.

Mulai di masa ini, saat ibu berbaring, sebaiknya posisikan tubuh untuk miring ke samping atau setidaknya sedikit miring. Hal itu baik bagi ibu karena jika posisi tubuh ibu terlentang, maka rahim ibu hamil yang telah kian membesar dapat menekan pembuluh darah vena utama, akibatnya darah yang kembali ke jantung menjadi berkurang, ibu bisa merasa pusing atau sesak. Untuk mengatasi problem itu, ibu bisa menempatkan bantal di bawah panggul atau di bawah paha bagian atas, sehingga ibu menjadi nyaman bahkan di posisi terlentang (bertumpu pada punggung).

Cek USG

Jika di trimester kedua Ibu belum memeriksakan si kecil dengan USG, maka inilah saat yang tepat untuk melakukan hal tersebut. Tujuannya adalah untuk memeriksa keadaan janin di dalam rahim Anda. Bagaimana dengan pertumbuhannya? Bagaimana keadaan plasentanya? Melakukan penapisan untuk mengetahui apakah ada kecacatan? Serta untuk mengetahui apakah Anda hamil tunggal atau lebih dari itu. Di minggu ini juga saat yang tepat untuk lebih akurat memprediksi hari lahir si kecil.

Gejala-Gejala Lain Yang Dialami Ibu Hamil 18 Minggu

Beberapa keadaan yang juga ibu hamil alami di kehamilannya yang 18 minggu adalah:

  • Pergerakan janin yang kian sering
  • Merasa kembung dan kerap buang gas
  • Sering terasa Kram pada bagian kaki
  • Juga bisa mengalami gusi berdarah
  • Muncul stretch marks adalah hal yang wajar
  • Kaki dan pergelangannya mengalami pembengkakan atau edema.

Loading...

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>