Informasi dan Tips – informasitips.com

Bahaya Merokok Bagi Ibu Hamil dan Bayinya

informasitips.com – Sebagian besar orang mungkin akan menjawab “ya” jika ditanya “Apakah merokok membahayakan wanita yang sedang hamil?”. Tentu saja semua orang setuju bahwa merokok memang membahayakan wanita yang tengah hamil, karena bagi pria yang sehat bugar saja merokok tetap membahayakan apalagi bagi wanita hamil yang kondisinya lebih rentan terhadap berbagai gangguan kesehatan seperti merokok.

Berikut beberapa dampak negatif yang dapat ditimbulkan oleh rokok terhadap wanita hamil:

  • Dapat melahirkan bayi secara prematur yang tentu saja akan membutuhkan ekstra perhatian dalam perawatan dan penanganannya.
  • Bukan hanya prematur, bahkan merokok dapat menyebabkan wanita hamil kehilangan bayi yang dikandungnya. Tidak mengherankan, lihat saja berapa banyak zat toksik yang terkandung dalam rokok.
  • Bayi yang lahir dari ibu yang seorang perokok cenderung akan memiliki organ-organ tubuh yang lebih kecil dibandingkan dengan bayi lain yang ibunya tidak merokok. Bayi seperti itu tentu saja akan lebih banyak mengalami gangguan kesehatan.
  • Bayi dari ibu yang perokok akan memiliki paru-paru yang tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya.
  • Studi menunjukkan bahwa bayi yang ibunya perokok memiliki kecenderungan dua kali lebih besar dalam hal kematian akibat SIDS (Sudden Infant Death Syndrome).
  • Bayi yang lahir dari ibu yang perokok pada saat tumbuh menjadi anak-anak akan lebih mudah untuk terserang penyakit dibandingkan anak-anak lain yang dahulu ibunya bukan perokok.
  • Percaya atau tidak? Anak-anak yang ibunya perokok cenderung akan lebih mudah untuk mengalami kecanduan akibat nikotin yang tentunya akan menjadikan dia seorang perokok juga. Apalagi lingkungan tempat dia tumbuh menyuguhkan pemandangan dimana para orang dewasa atau bahkan orang tua, paman atau bibinya yang merokok.
  • Studi juga menunjukkan bahwa anak yang lahir dari ibu yang merokok cenderung akan lebih mudah mengalami gangguan fisik dan juga mental.

Itulah sekelumit bahaya rokok bagi wanita hamil dan juga bagi bayi yang dikandungnya. Semoga artikel ini semakin menyadarkan kita mengenai ancaman bahaya rokok bagi buah hati kita yang bisa datang kapan saja. Selagi kendali ada di tangan kita, alangkah baiknya kita selalu menjauhkan rokok dari anak-anak kita. Salam sehat selalu!

Baca juga :
Fakta tentang Rokok dan Kehamilan

Zat-zat Berbahaya Bagi Kehamilan



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *