Manfaat Minyak Zaitun untuk Ibu Hamil

Minyak Zaitun untuk Ibu Hamil


informasitips.com – Sudah banyak diketahui bahwa mengonsumsi minyak zaitun selama kehamilan akan membawa banyak manfaat tidak hanya untuk ibu hamil, tetapi juga untuk janin yang ada dalam kandungannya. Minyak zaitun merupakan salah satu minyak yang memiliki kandungan monounsaturated fatty acids (MUFA) yang paling tinggi di antara minyak yang lain. Oleh karena itu, banyak khasiat yang dimiliki oleh minyak zaitun, termasuk manfaat dan khasiatnya untuk ibu hamil.

Berikut ini beberapa manfaat minyak zaitun selama kehamilan:

  • Mengurangi Stretch Marks

    Stretch mark biasanya terbentuk pada trimester ketiga akibat dari peregangan otot-otot panggul dan area kulit pada bagian perut. Salah satu tips yang bisa dicoba untuk menghilangkan strech mark pada ibu hamil adalah dengan memanfaatkan minyak zaitun.

    Menggunakan minyak zaitun atau olive oil selama kehamilan akan sangat membantu untuk mengurangi terjadinya stretch marks pada perut ibu hamil. Aplikasi minyak zaitun pada area stretch mark dapat memudarkan garis-garis yang kerap muncul pada perut wanita hamil, bahkan pada beberapa kasus minyak zaitun tak hanya dapat memudarkan namun juga dapat menghilangkan garis-garis stretch mark.

    Meski terbilang manjur untuk mengurangi stretch mark, namun aplikasi minyak zaitun tidak bisa hanya diterapkan sesaat saja, melainkan harus rutin sehingga hasilnya bisa dirasakan.

  • Melawan Infeksi

    Kondisi kehamilan terkadang membuat tubuh ibu hamil rentan terhadap berbagai serangan infeksi yang berbahaya. Kandungan vitamin A dalam minyak zaitun dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh ibu hamil dalam melawan serangan infeksi. Tidak hanya itu, vitamin A juga erat terkait dengan perkembangan kesehatan mata pada janin.

  • Perkembangan Janin

    Minyak zaitun memiliki kandungan omega-3 yang berperan penting dalam perkembangan kesehatan bayi. Menurut beberapa penelitian, omega-3 memiliki peran yang positif dalam perkembangan otak bayi, serta dalam perkembangan kemampuan belajarnya kelak.

    Tidak hanya itu, telah terbukti secara ilmiah bahwa konsumsi minyak zaitun atau bahan makanan yang tinggi kandungan MUFA selama masa kehamilan akan membuat otak bayi menjadi lebih dinamis, dan lebih resisten terhadap pengaruh negatif dari lingkungan, jadi mungkin saja dalam kehidupannya kelak si bayi tidak mudah stress dalam menghadapi suatu masalah.

    Loading...

    Selain itu, terdapat hubungan antara konsumsi minyak zaitun oleh ibu hamil dengan bobot badan bayi, tinggi bayi dan perkembangan kognitifnya.

  • Meningkatkan Gerak Refleks pada Bayi

    Berdasarkan studi terkini, bayi yang lahir dari perempuan yang sering mengonsumsi minyak zaitun selama kehamilan memiliki keunggulan dari sisi perkembangannya dibandingkan dengan bayi lain yang ibunya tidak mengonsumsi minyak zaitun.

    Perkembangan reflex psiko-motor bayi tersebut terbukti lebih baik ketimbang bayi lain.

  • Mengurangi Gejala Alergi

    Penelitian yang dilakukan pada tahun 2010 oleh Castro-Rodriguez dan kawan-kawan menyatakan bahwa konsumsi minyak zaitun oleh ibu hamil selama kehamilan akan berdampak pada terlindungnya bayi yang akan lahir kelak dari gejala alergi yang bisa muncul, seperti wheezing, pada tahun pertama kehidupan mereka.

————

Baca juga:

Manfaat Minyak Zaitun (Lengkap) Sungguh Luar Biasa

Manfaat Minyak Zaitun Untuk Wajah

Keunggulan Minyak Zaitun Dibandingkan Minyak Nabati Lainnya

Loading...

ARTIKEL TERKAIT:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSLETTER:

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan:

KATEGORI:

FOLLOW US: