Informasi dan Tips – informasitips.com

Kekurangan Vitamin D Sebabkan Kesulitan Bicara pada Anak

informasitips.com – Penelitian terbaru dari Institute Telethon di Perth menyatakan bahwa Ibu Hamil yang selama kehamilannya memiliki kadar vitamin D rendah di dalam tubuh beresiko dua kali lipat lebih besar untuk melahirkan anak yang akan mengalami kesulitan bicara. Penelitian tersebut dipublikasi di jurnal Pediatrik internasional edisi terbaru, dan merupakan penelitian terbesar yang menghubungkan kadar vitamin D rendah dengan kesulitan bicara pada anak.

Salah seorang peneliti yang melakukan studi tersebut, yaitu Dr. Whitehouse, menyatakan bahwa salah satu faktor yang memengaruhi perkembangan janin adalah kadar vitamin D dalam tubuh ibunya. Hal tersebut mengindikasikan bahwa vitamin D memiliki peranan penting dalam proses perkembangan otak anak.

Kekurangan Vitamin D Sebabkan Kesulitan Bicara pada Anak

Meskipun begitu, penelitian lanjutan tetap dibutuhkan untuk melihat pengaruh vitamin D terhadap perkembangan otak manusia. Penelitian yang dilakukan oleh Dr. Whitehouse dan rekannya juga mengindikasikan bahwa peran vital dari vitamin D dalam perkembangan bahasa dapat digunakan untuk mencegah terjadinya kesulitan bahasa pada anak dalam perkembangannya. Oleh karena itu, suplemen vitamin D yang dikonsumsi oleh ibu hamil selama kehamilannya mungkin dapat mengurangi resiko kesulitan bahasa pada anak.

Sementara itu, penelitian tersebut tidak menemukan adanya hubungan antara kadar vitamin D dalam tubuh ibu hamil dengan perilaku anak dan perkembangan emosionalnya.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *