Informasi dan Tips – informasitips.com

Bagaimana sich Berbicara di depan Umum? Ini Tipsnya

Bicara di depan Umuminformasitips.com – Prinsip tak ada seorang pun yang awalnya berpengalaman, contohnya pada waktu kita lahir saat bayi tidak bisa langsung bisa berdiri, butuh merangkak dan belajar berdiri, tidak ada seorang wanitapun yang awalnya pernah punya pengalaman melahirkan seorang bayi.

Saat ini saya mau sharing langkah-langkah apa saja yang perlu disiapkan sebelum kita berbicara didepan orang lain:

  1. Persiapkan bahan untuk presentasi kita, apa saja yang perlu dibicarakan, singkat, padat, buat point-pointnya. Usahakan selalu ditulis sehingga kita mudah membaca, saat presentasi , dan membuat kita lebih focus akan apa yang kita sampaikan.
  2. Persiapkan penampilan kita saat presentasi. Perhatikan penampilan kita dari bawah sampai atas, sepatu, usahakan bersih, celana, kemeja, usahakan warnanya selaras dengan dasi, jas. Rambut rapi, dan lain-lain, ini merupakan faktor penting sehingga membuat kita lebih Percaya diri saat berbicara.
  3. Latihan berbicara di depan kaca, dengan pasangan Anda, saudara, orang terdekat dan persilahkan mereka menilai penampilan Anda. Siapkan intonasi, gaya bahasa, susunan kata.
  4. Siapkan mental positif bahwa Anda bisa melakukannya walaupun yang pertama kali, ingat selalu ada titik awal dalam melangkah, ada pribahasa dari Tiongkok mengatakan, 1000 langkah dimulai dari langkah pertama.
  5. Selalu mengevaluasi diri Anda setelah latihan, mungkin dengan merekam suara Anda lewat Hp, atau Alat perekam lainnya.

Pada setiap awal kelas Public Speaking, saya selalu memulai dengan 6 nilai dasar sukses untuk terampil berbicara di depan umum. 6 nilai dasar sukses ini sebenarnya tidak hanya untuk belajar Public Speaking, tetapi untuk meraih sukses di kehidupan.

Adapun 6 Nilai dasar sukses tersebut adalah:

  1. Kemauan yang kuat dan besar
    Pertama kali yang harus Anda lakukan adalah bertanya pada diri Anda sendiri, apakah Anda benar-benar mau melakukannya? Pertanyaan ini terlihat konyol ketika Anda tanyakan, namun hal ini akan mengukur seberapa kuatkah kemauan Anda untuk berbicara di depan umum. Jika Anda berada dalam ujian atau harus memberikan sambutan atau pidato, maka mundur atau melarikan diri adalah merupakan tindakan yang bodoh yang tentunya akan merugikan bagi Anda. Dalam hal ini, satu-satunya jalan yang harus Anda tempuh adalah berbicara di depan umum karena Anda tidak mempunyai pilihan lain yang lebih menguntungkan. Jika Anda benar-benar ingin menaklukan pendengar, kuncinya Anda harus mempunyai kemauan yang kuat dan besar.
  2. Mengerti tujuan
    Public Speaking adalah salah satu bagian dari komunikasi. Anda harus memahami bahwa tujuan komunikasi adalah supaya orang lain mengetahui apa yang Anda sampaikan, melaksanakan apa yang Anda mau, mengikuti apa yang Anda katakan. Setiap profesi punya tujuan yang berbeda dalam Public Speaking. Tentu seorang MC punya tujuan yang berbeda dengan seorang Sekretaris, seorang Motivator dalam berbicara di depan umum. Begitu juga dengan seorang pelawak, guru, pemilik usaha, manager atau dosen. Jadi tanyakan pada diri Anda, apa profesi Anda dan apa tujuan Anda berbicara di depan umum ? (Public Speaking)
  3. Keyakinan / Percaya Diri
    Tidak ada sesuatu apapun yang bisa berhasil dengan baik, jika tak ada keyakinan yang ada pada diri Anda. Keyakinan bahwa Anda bisa berbicara di depan umum sebenarnya Anda sudah 50 % bisa berbicara di depan umum. Bagaimana cara Anda meyakinkan bahwa Anda bisa berbicara di depan umum ? Belajar melihat dari pengalaman orang lain, seperti saya misalnya.Lalu belajar dari pengalaman sendiri. Apakah Anda pernah tahu bahwa saat Anda lahir pertama kali di dunia, sesungguhnya Anda hanya bisa menangis;sakit menangis, lapar menangis, kepanasan menangis, kedinginan menangis, ditinggal menangis. Saat itu yang bisa Anda lakukan hanya itu saja bukan?. Tetapi waktu berjalan dan Anda mulai meniru orang-orang sekitar Anda berbicara, lalu perlahan tapi pasti, akhirnya Anda bisa berbicara begitu lancar seperti hari ini. Public Speaking juga demikian, Anda bertemu dengan mentor/guru yang tepat, lalu Anda mulai belajar, tanamkan keyakinan dan saya pastikan Anda pun akan bisa.

    Membangun rasa percaya diri di depan pendengar memang bukan pekerjaan yang mudah, namun hal itu juga tidak sulit untuk di latih. Dalam membangun keprcayaan diri, kita membutuhkan sugesti untuk melawan rasa takut. Rasa percaya diri akan membantu Anda dalam berfikir dan memilih kata yang tepat bagi presentasi Anda.

    Cara yang paling mudah adalah dengan mensugesti diri Anda jika Anda memang bisa tampil dengan baik. Hal ini bisa menimbulkan efek ketenangan dalam diri Anda sehingga Anda bisa berfikir dengan jernih tanpa terganggu masalah kurang percaya diri. Cobalah untuk berbicara dengan hati kecil Anda kalo Anda hanya butuh waktu sebentar untuk menyelesaikan tugai ini. Yakin pada diri Anda kalau Anda memang layak dan mampu berbicara di depan umum.

  4. Semangat
    Tidak ada sesuatu apapun di dunia ini yang bisa berhasil tanpa adanya semangat. Bahkan Anda lahir di dunia ini bukankah karena ada semangat?. Ketika semangat muncul di dalam diri Anda, maka energi akan mengalir ke seluruh tubuh Anda, dan sesaat kemudian tubuh Anda mulai terasa hangat. Rasa hangat ini menAndakan kehidupan terus berlangsung. Bandingkan sebaliknya saat Anda bangun tidur, Anda loyo, maka seharian juga akan loyo. Semangat dalam Public Speaking pun sedikit demi sedikit akan mengurangi rasa grogi, rasa gugup kita.
  5. Rasa gembira / bahagia
    Bagaimana saatnya saat pertama kali Anda jatuh cinta?

    Saat pertama kali anak Anda lahir ?,

    Saat pertama kali Anda diterima bekerja dan sebagainya ? Jawaban sederhananya pasti muncul rasa senang/bahagia?.

    Belajar Public Speaking juga begitu. Anda tidak akan pernah bisa mencapai hasil yang menggembirakan selama Anda tidak gembira. Selama beban ketakutan, kecemasan, bayang bayang ditertawakan, dikritik, dicaci muncul dalam pikiran Anda, selama itu pula sebenarnya Anda akan kehilangan bahan-bahan yang Anda pikir sudah Anda kuasai. Anda harus pahami bahwa pikiran Anda hanya memunculkan 1 hal dalam 1 waktu saat Anda berpikir. Artinya Anda punya pilihan ketika sedang berbicara di depan umum, takut atau bahagia?

    Saya sering katakan kepada murid-murid saya bahwa ketika mereka maju ke depan, lalu orang-orang menertawakan mereka, sebenarnya saat itu mereka sedang berbuat kebajikan. Ya, karena bisa menyenangkan orang lain itu pun kebajikan. Bayangkan mungkin saja orang-orang tersebut sudah seminggu tidak tertawa karena bertengkar dengan pasangannya, stress karena putus cinta, baru dimarahin bos dan sebagainya. Kalau Anda bisa melihat sesuatu dari sudut pAndang yang berbeda, maka tentu kemajuan Anda dalam segala bidang akan tumbuh begitu pesat. Jadi tumbuhkan rasa gembira/bahagia saat Anda melakukan apapun juga.

  6. Berlatih dan berlatih
    Kunci terahir dari tips diatas adalah berlatih dan terus berlatih. Anda bisa mengabaikan tips-tips di atas jika Anda mau terus berlatih. Karena berbicara di depan umum adalah ketrampilan, maka Anda membutuhkan latihan untuk menjadikannya lebih baik dan lebih baik lagi. Menerapkan tips di atas akan sia-sia jika Anda tidak melatih kemampuan Anda. Maka sekali lagi saya tekankan bahwa kunci dari apa yang Anda inginkan adalah latihan.

Semoga tulisan ini dapat membantu, saya menunggu sharing pengalaman, kritik dan saran serta komentar Anda untuk membuat perbaikan dan tetap berguna bagi yang lain.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

One thought on “Bagaimana sich Berbicara di depan Umum? Ini Tipsnya

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: