Informasi dan Tips – informasitips.com

Tak Perlu Menunggu Lama Bila Ingin Hamil Lagi Pasca Keguguran

informasitips.com – Keguguran tentulah merupakan hal yang sangat menyedihkan bagi pasangan yang sedang mendambakan buah hati. Pasca keguguran sering timbul berbagai komplikasi yang bisa membahayakan kesehatan. Untuk itu, biasanya dokter akan menyarankan kepada sang wanita yang habis keguguran untuk tidak atau menunda dulu kehamilan berikutnya selama sekitar lebih dari 6 bulan. Namun, hasil studi terbaru mengatakan bahwa wanita yang ingin hamil lagi setelah keguguran tak perlu menunggu sampai lebih dari 6 bulan.

Sohinee Bhattacharya, salah seorang peneliti dari Universitas Aberdeen, Skotlandia mengungkapkan bahwa wanita yang hamil lagi dalam kurun waktu 6 bulan setelah keguguran bisa memiliki kehamilan yang sehat dan tehindar dari berbagai macam komplikasi akibat keguguran. Para peneliti dari universitas tersebut meneliti sekitar 30.000 wanita di skotlandia yang pernah mengalami keguguran dan hamil lagi setelahnya.

Penelitian tersebut menemukan fakta bahwa wanita yang hamil lagi dalam kurun waktu sekitar 6 bulan setelah keguguran memiliki resiko yang lebih kecil untuk mengalami keguguran lagi atau problem kehamilan lainnya bila dibandingkan dengan wanita yang hamil lagi dalam kurun waktu 12 bulan setelah keguguran. Bahkan, wanita yang hamil lagi dalam kurun waktu 6 bulan setelah keguguran tersebut bisa terhindari dari resiko kelahiran premature, operasi caesar atau melahirkan bayi berat lahir rendah.

Hamil Lagi setelah Keguguran

Para peneliti itu juga menambahkan bahwa tak perlu menunggu waktu lama untuk boleh hamil lagi pasca keguguran, kecuali untuk wanita yang memang memiliki komplikasi pasca keguguran seperti infeksi misalnya. Hasil studi ini khusus ditujukan bagi wanita-wanita yang berusia di atas 35 tahun yang ingin hamil lagi setelah keguguran. Hal ini dikarenakan wanita yang berusia di atas 35 tahun tersebut cenderung lebih sulit hamil.

Jadi, semuanya harus dikembalikan ke kondisi masing-masing tiap wanita. Bila kondisinya sehat-sehat saja setelah keguguran, boleh segera hamil lagi dalam kurun waktu yang tidak terlalu lama. Sementara bagi mereka yang mengalami komplikasi dan problem pasca keguguran, tentu harus bersabar menunggu lebih lama lagi sampai kondisi tubuh benar-benar sehat dan siap untuk hamil.

Hasil penelitian ini merupakan informasi untuk memperluas wawasan Anda. Selebihnya tentu Anda harus tetap berkonsultasi pada dokter, terutama bila ingin merencanakan kehamilan lagi setelah keguguran. (ST)

Related Posts

2 thoughts on “Tak Perlu Menunggu Lama Bila Ingin Hamil Lagi Pasca Keguguran

  1. hari auliya

    saya ibu rumah tangga 38 thn, saya baru keguguran, untuk menunda kehamilan seperti saran dokter boleh kah pakai program KB dulu, terus yang bagus pakai program KB apa? Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

JOIN US ON

NEWSLETTER

Mau berlangganan artikel Kami? Tulis Email Anda pada form di bawah ini.

Cek Email Anda setelahnya untuk mengaktifkan layanan newsletter. Terimakasih