Informasi dan Tips – informasitips.com

Perkembangan Kehamilan 16 Minggu: Janin dan Ibu Hamil

informasitips.com – Seperti apa perkembangan janin pada usia kehamilan 16 Minggu? Pada usia kehamilan 16 minggu, bayi dalam kandungan Anda sudah mulai bisa mendengar suara Anda. Jadi, sering-seringlah berbicara kepadanya, bukan supaya ia mengerti apa yang Anda bicarakan, tetapi lebih untuk menstimulasinya dan meng-akrabkan suara Anda di telinganya. Tidak hanya itu, bahkan saat Anda bernyanyi si kecil juga akan mendengarkannya dari dalam sana, dan boleh jadi si kecil tetap akan bisa mengenali nyanyian yang sering Anda nyanyikan kepadanya setelah ia lahir ke dunia.

Indera penglihatan bayi di usia kehamilan 16 minggu sudah mulai bekerja. Bayi dalam perut Anda sudah bisa menggerakkan bola matanya dari satu sisi ke sisi lainnya. Meskipun demikian, kelopak matanya belum membuka. Namun, ia tetap bisa merasakan adanya cahaya yang ia terima.

Janin kira-kira berukuran sebesar buah alpukat dengan bobot 3,5 ons dan panjang 4,5 inci yang diukur dari kepala hingga ke anus.

Tulang rangka bayi yang tadinya berupa jaringan kartilago yang lentur, kini mulai mengeras, dan terjadilah proses pembentukan tulang. Meski begitu, tulang yang terbentuk masih cukup fleksibel bagi bayi, sehingga ia dapat bergerak dengan mudah menyusuri lingkungan sekitarnya.

Pada minggu ke-16 ini, tali pusar sudah cukup matang dengan satu pembuluh vena dan dua arteri yang dilindungi oleh jeli Wharton. Jeli Wharton adalah bahan yang tebal (layaknya jeli) yang membuat tali pusar menjadi licin sehingga dapat bergerak bebas di sekitar tubuh janin.

Jika janin yang dikandung berkelamin perempuan, maka pada kehamilan minggu ke-16 ini ratusan atau bahkan ribuan telur akan terbentuk di ovary, itulah yang akan menjadi bakal cucu Kita nantinya.

Selain sejumlah perkembangan di atas, apa lagi perkembangan janin Anda di usia kehamilan 16 minggu ini?

  • Kepala. Di usia kehamilan 16 minggu, kepala janin mulai bisa lebih tegak, dan pola pada kulit kepalanya juga mulai berkembang walau rambutnya belum mulai tumbuh di minggu ke-16 ini.
  • Kaki. Pada kaki janin, kuku mulai tumbuh.
  • Pembuluh Darah. Sistem sirkulasi darah di dalam tubuh janin mulai berjalan di usia kehamilan 16 minggu

Ibu Hamil di Kehamilan 16 Minggu

Apa yang terjadi pada ibu hamil memasuki usia kehamilan 16 minggu ini?

Keadaan ibu hamil di kehamilan 16 minggu ini, pada umumnya mulai membaik. Mual-mual sudah berkurang, begitu juga dengan naik-turun mood atau perubahan moodnya. (mood swing). Kulit ibu hamil pun akan tampak lebih bersinar, karena semua keadaan sudah menjadi lebih baik ketimbang sebelumnya.

Dalam waktu yang tidak begitu lama lagi, Anda akan merasakan keajaiban di area perut Anda, yaitu gerakan janin. Bagi sebagian ibu hamil mungkin mulai dapat merasakan gerakan si kecil di kehamian 16 minggu, tapi sebagian yang lain akan mulai merasakannya di usia kehamilan 18 minggu atau lebih. Apa lagi ibu hamil yang baru menjalani kehamilan pertamanya, biasanya gerakan janin baru akan terasa di kehamilan minggu ke-20. Jika Anda baru pertama kali merasakan gerakan janin mungkin gerakan yang pertama kali Anda rasakan akan seperti debaran jantung atau letupan gas, atau mungkin seperti getaran perut manakala Anda lapar. Pada minggu-minggu ke depan gerakan si kecil akan lebih kentara terasa dengan frekuensi yang lebih sering.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *