Informasi dan Tips – informasitips.com

Tips Aman Berbagi Foto Anak ke Sosial Media

informasitips.com – Banyak orangtua yang terbiasa membagikan foto-foto anaknya ke sosial media. Kebiasaan tersebut sebenarnya boleh-boleh saja dilakukan. Namun, sebaiknya orangtua tetap perlu berhati-hati saat membagikan foto-foto anaknya ke sosial media, karena memajang foto anak di sosial media berpotensi membuat anak Anda menjadi incaran para pelaku kejahatan, seperti paedofil (predator anak), penculikan, perampokan, dan lain sebagainya.

Agar foto-foto anak yang dipajang di sosial media tidak sampai menimbulkan dampak yang buruk dan membahayakan keselamatan diri anak, para orangtua haruslah memerhatikan sejumlah tips berikut ini sebelum membagikan foto-foto anaknya ke sosial media:

1. Hindari membagikan foto anak yang sedang tidak memakai busana lengkap, misalnya foto saat anak mandi, atau saat anak hanya memakai pakaian dalam saja.

2. Hindari memajang foto anak sambil membagikan identitas dan data-data pribadi anak, seperti nama lengkap anak, tanggal lahir anak, tempat tinggal atau alamat rumah, nama sekolah, identitas atau lambang sekolah, tempat/alamat sekolah anak, tempat kursus/les anak, atau tempat-tempat yang biasa (rutin) dikunjungi anak.

3. Sebelum membagi foto anak ke sosial media, pastikan bahwa fitur penanda lokasi (geo-tagging) sudah dimatikan, baik itu penanda lokasi pada foto, maupun penanda lokasi pada sosial media yang Anda gunakan. Hindari membagikan foto anak sambil menyebutkan lokasi tempat di mana anak Anda sedang berada.

4. Hindari membagi foto anak sambil menggambarkan situasi dan kondisi tertentu yang justru bisa membahayakan anak, misalnya menuliskan caption atau deskripsi pada foto anak yang mengungkapkan betapa bangganya Anda karena si kecil sekarang sudah bisa lebih mandiri, pergi sekolah sendiri tanpa diantar orangtua.

Pastikan bahwa Anda sudah memikirkan matang-matang setiap caption dan deskripsi yang akan Anda tulis di foto anak, sebelum membagikannya ke sosial media.

5. Saat akan membagi foto anak ke sosial media, hindari juga memberikan informasi dan data-data diri orang-orang yang dekat dan biasa berinteraksi dengan anak. Karena, para pelaku kejahatan dapat mengincar anak Anda dengan cara menelusuri orang-orang terdekat yang biasanya berinteraksi dengan anak Anda.

6. Bila ingin memajang foto anak di sosial media, pilihlah foto yang layak dan pantas. Hindari memasang foto-foto yang dapat membuat anak menjadi bahan hinaan, ejekan, pelecehan, bullying, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, sebelum membagikan foto anak ke social media, ingatlah untuk selalu berpikir dari sisi anak apakah ia akan senang atau merasa malu dan tidak nyaman dengan foto tersebut bila dilihat banyak orang.

Baca juga: Fenomena Bully di Social Media

7. Akan lebih baik bila Anda juga sudah memperkecil ukuran file dan resolusi foto-foto yang akan dibagikan ke sosial media. Hal ini berguna agar foto-foto tersebut tidak disalahgunakan oleh orang lain untuk tujuan-tujuan tertentu yang belum tentu baik.

8. Berhati-hatilah juga dalam membagikan foto anak orang lain, tanpa seizin orangtuanya. Hanya karena di foto tersebut terdapat anak Anda yang sedang bermain bersama anak-anak lain, bukan berarti Anda dapat dengan bebas membagikannya ke publik. Karena, belum tentu semua orangtua merasa senang bila foto-foto anaknya dibagikan secara luas ke sosial media.

9. Agar lebih aman, atur settingan privasi siapa saja yang bisa melihat foto anak Anda. Sebaiknya jangan bagikan foto anak Anda kepada publik luas. Batasi foto anak Anda agar hanya dapat dilihat oleh keluarga dan orang-orang terdekat yang bisa dipercaya saja. Setiap sosial media biasanya memiliki settingan (pengaturan) privacy ini.

10. Think before you post!. Pikirkan matang-matang sebelum mem-posting segala sesuatu ke sosial media. Sebuah foto, bila sudah terlanjur dibagikan ke sosial media, maka akan dapat disebarluaskan, diedit macam-macam, dan Anda tentunya tak dapat mengontrol hal tersebut.

Saat ini, sosial media memang sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat. Setiap hari, hampir semua orang memanfaatkan sosial media untuk tujuan beragam, mulai dari berkomunikasi dan berinteraksi dengan teman, kerabat, atau kenalan, hunting berita dan informasi terbaru, atau hanya sekedar berbagi kisah dan cerita kehidupan sehari-hari. Tak salah memang bila ingin eksis memanfaatkan sosial media. Namun, tetaplah selalu waspada dan hati-hati dalam melakukan segala aktivitas di sosial media (termasuk salah satunya dalam hal membagi foto-foto Anda dan keluarga di sosial media), agar tidak sampai membahayakan diri dan anggota keluarga Anda.

Semoga bermanfaat.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: