Informasi dan Tips – informasitips.com

Perkembangan Kehamilan 10 Minggu: Yang Terjadi Pada Janin dan Ibu Hamil

informasitips.com – Ada beberapa hal penting yang menjadi perhatian pada perkembangan janin dan yang terjadi pada Ibu Hamil di kehamilan minggu ke-10. Berikut ini hal-hal yang terjadi pada janin dan ibu di minggu 10 kehamilan:

Yang Terjadi pada Janin di 10 Minggu Kehamilan

1. Pada minggu ke-10 ini, panjang janin lebih dari 2 inci atau kurang lebih 5,1 cm, sangat kecil ‘bukan? Beratnya pun hanya baru mencapai 7 gram.

2. Jika di kehamilan 9 minggu janin mulai memasuki akhir fase embrio, maka pada kehamilan minggu 10 ini, janin sudah memasuki akhir dari fase embrio, dan hal-hal menakjubkan akan dimulai sebentar lagi (di beberapa minggu ke depan).

3. Perkembangan janin di minggu ke-10 akan mengantarkan beberapa organ vitalnya, seperti ginjal, hati, otak, dan paru-paru, untuk mulai berfungsi, tetapi belum matang, karena proses pematangannya akan terjadi pada beberapa minggu ke depan.

4. Di minggu ini ukuran kepala janin panjangnya setengah dari panjang tubuhnya, dan terdapat tonjolan di jidat janin sebagai ruang untuk perkembangan otak.

Janin di Kehamilan 10 Minggu

5. Jari-jari tangan dan kaki, serta rambut mulai terlihat pada perkembangannya di minggu ke-10. Khusus untuk jari, kini sudah tidak berselaput lagi.

6. Janin telah secara aktif menelan cairan amnion dan mulai menendang-nendang kakinya, namun tentunya belum bisa terlihat di perut dan dirasakan oleh ibu.

7. Lekukan lengan janin pada siku sudah terlihat, lengkungan lengan pun juga sudah mungkin untuk dilakukan, walaupun belum sempurna. Lutut kaki pun juga sudah mulai berkembang.

8. Usus halus sudah terdapat di dalam abdomen pada janin di kehamilan 10 minggu. Saluran pencernaan sekarnag sudah berfungsi, di dalam perut janin cairan pencernaan sudah diproduksi dan hati sudah mensekresikan empedu.

9. Pankreas sudah sepenuhnya berkembang dan sudah menghasilkan insulin, sementara ginjal sudah lebih banyak memproduksi air seni dibandingkan sebelumnya. Dan, bagi janin dengan kelamin pria, hormon testosteron sudah diproduksi.

Yang Terjadi pada Ibu Hamil di Kehamilan 10 Minggu

1. Di masa kehamilan 10 minggu, rahim ibu terus berkembang, namun boleh jadi secara fisik ibu belum terlihat seperti sedang hamil.

2. Pengaruh perubahan hormon yang terjadi pada ibu hamil mulai dirasakan, salah satunya adalah melambatnya otot-otot halus di perut yang mengakibatkan melambatnya proses pencernaan. Hal itu pada akhirnya akan menyebabkan konstipasi pada ibu hamil. Oleh karena itu, ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi makanan dengan kandungan serat yang tinggi, serta banyak meminum air putih dan banyak bergerak.

3. Jika Ibu mengalami konstipasi atau susah BAB saat hamil, maka konsumsi makanan berserat akan banyak direkomendasikan oleh para ahli. Contoh makanan berserat yang dapat dikonsumsi ibu hamil adalah sereal, buah-buahan segar (seperti kiwi, pepaya), buah kering, serta sayuran.

4. Meski secara fisik ibu belum terlihat layaknya sedang hamil, namun jika diamati lebih seksama, maka akan terlihat ada bagian yang membulat pada perut bagian bawah. Yang dilihat itu adalah Rahim yang sudah berkembang dan mungkin saat ini sudah sebesar jeruk bali, sehingga akan lebih terlihat dibandingkan minggu sebelumnya.

5. Hal lain yang mungkin akan Ibu Hamil sadari kemunculannya adalah pembuluh vena yang akan lebih terlihat, sehingga pada permukaan kulit akan tampak garis-garis biru. Jika Ibu hamil termasuk orang yang kurus dengan tone kulit yang terang, maka garis-garis biru akan tampak jelas.

Pembuluh vena yang lebih mennonjol itu disebabkan karena adanya peningkatan fungsi akibat adanya janin yang juga harus disuplai lewat darah dari Ibu. Selama kehamilan, volume darah ibu akan meningkat sebesar 50% dari sebelumnya, sehingga untuk menjamin kelancaran alirannya maka pembuluh darah vena akan mengalami pembesaran yang pada akhirnya akan terlihat sebagai garis-garis biru pada permukaan kulit.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *