Informasi dan Tips – informasitips.com

Waspada Penyakit Stroke Mata, Kenali Penyebab, Gejala, dan Dampaknya

informasitips.com – Stroke tak hanya terjadi pada otak, namun juga bisa terjadi pada mata. Stroke yang terjadi pada mata disebut dengan istilah “stroke mata“. Pada umumnya, penyakit stroke mata terjadi pada mereka yang berusia lanjut (tua). Namun rupanya, orang yang masih berusia muda pun dapat terkena stroke mata. Penyakit ini tergolong berbahaya dan harus segera diobati, karena bisa merusak saraf mata, bahkan bisa menimbulkan kebutaan.

Apa itu stroke mata?
Stroke mata adalah sumbatan yang terjadi secara mendadak pada pembuluh darah di retina. Penyumbatan itu dapat terjadi pada pembuluh darah arteri retina, maupun pembuluh darah vena retina.

Pembuluh darah arteri (pembuluh nadi) retina adalah pembuluh darah yang mengalirkan darah dari jantung ke mata. Sementara pembuluh darah vena (pembuluh balik) retina adalah pembuluh darah yang menyalurkan darah dari mata ke jantung.

Menurut beberapa sumber, sumbatan yang terjadi pada pembuluh darah arteri retina biasanya lebih sering terjadi dibandingkan sumbatan pada pembuluh vena retina, dengan perbandingan antara keduanya adalah 10:1.

Penyebab stroke mata
Stroke mata pada umumnya terjadi pada usia tua, tetapi dapat pula terjadi pada orang yang usianya masih muda. Bila dilihat dari jenis kelamin, baik pria maupun wanita, dua-duanya memiliki peluang dan risiko yang sama besar untuk terkena penyakit stroke mata.

penyakit-stroke-mata

Penyebab stroke mata adalah akibat adanya sumbatan yang terjadi pada pembuluh darah di mata. Beberapa faktor risiko yang bisa memicu terjadinya penyumbatan pembuluh darah di mata adalah, penyakit darah tinggi (hipertensi), diabetes (kencing manis), kolesterol, dan jantung. Penyakit-penyakit tersebut sifatnya merusak pembuluh darah, membuat pembuluh darah mudah tersumbat dan pecah. Penyakit-penyakit tersebut, memang umumnya terjadi pada mereka yang berusia lanjut (tua). Namun, melihat fakta yang terjadi saat ini akibat pengaruh gaya hidup yang buruk misalnya, orang yang masih muda pun dapat terkena penyakit-penyakit pemicu stroke mata tersebut.

Untuk stroke mata yang terjadi pada usia muda, bisa juga disebabkan karena terjadinya kekentalan darah akibat kelainan-kelainan tertentu yang membuat darah menjadi kental.

Penyebab lainnya dari stroke mata adalah karena merokok. Perlu diketahui bahwa rokok mengandung zat berbahaya yang bisa menimbulkan penyempitan pembuluh darah. Hal ini biasanya terjadi pada perokok berat.

Faktor risiko lainnya yang juga bisa menyebabkan stroke mata adalah obesitas, dan kurang/jarang berolahraga.

Gejala Stroke Mata

  1. Stroke mata akibat adanya penyumbatan pada pembuluh vena retina
    Bila sumbatan terjadi pada pembuluh darah vena, maka gejala yang muncul adalah retina mata terlihat berwarna merah. Warna merah pada retina mata itu merupakan pendarahan yang terjadi akibat pecahnya pembuluh darah vena, karena tidak mampu lagi menahan tekanan aliran darah yang besar akibat adanya sumbatan.

    Ketika terjadi penyumbatan pada pembuluh darah di retina, maka darah dapat mengumpul pada pembuluh darah dan tekanan aliran darah di pembuluh darah tersebut akan terus meningkat sehingga mampu membuat pembuluh darah menggembung dan akhirnya pecah.

    Bila pembuluh darah di retina sudah pecah, maka darah akan tumpah ke retina atau disebut juga dengan terjadi pendarahan pada retina (ditandai dengan retina yang berwarna merah).

    Dampak dari pendarahan pada retina adalah mengakibatkan terganggunya fungsi penglihatan (mata), yaitu penglihatan menjadi kabur atau gelap.

  2. Stroke mata akibat adanya penyumbatan pada pembuluh arteri retina
    Bila penyumbatan terjadi pada pembuluh darah arteri, maka kondisinya akan lebih buruk, karena, penanganan stroke mata akibat penyumbatan pada pembuluh arteri retina ini tergolong sulit.

    Gejala yang muncul adalah terjadinya penurunan ketajaman penglihatan secara mendadak (penglihatan mendadak kabur dan gelap), dan bagian retina mata juga dapat terlihat pucat akibat kurang mendapatkan aliran darah.

    Stroke mata yang terjadi akibat adanya sumbatan pada pembuluh darah arteri biasanya menimbulkan dampak yang cukup parah. Bahkan, bila tidak cepat ditangani, stroke mata akibat sumbatan pembuluh arteri retina dapat mengakibatkan kebutaan permanen.

Dampak penyakit stroke mata
Apa saja keluhan yang muncul akibat stroke mata?

Keluhan yang muncul akibat stroke mata dapat berupa gangguan penglihatan (mata), dimana penglihatan mata menjadi kabur dan gelap, mata merah, mata pucat, dan disertai juga dengan timbulnya keluhan nyeri yang cukup mengganggu dan berlangsung terus-menerus pada mata.

Keluhan dan dampak yang lebih serius lagi dari stroke mata adalah dapat menimbulkan kebutaan bila tidak segera ditangani.

Pembuluh darah pada mata termasuk paling berisiko untuk mengalami sumbatan dibandingkan pembuluh darah pada organ lainnya. Hal ini disebabkan karena ukuran pembuluh darah pada mata yang lebih kecil daripada ukuran pembuluh darah di organ lain.

Pada awalnya, sumbatan mungkin saja terjadi pada satu mata saja. Namun, lama-kelamaan sumbatan dapat menyebar dan terjadi pada kedua mata. Bila tidak segera ditangani, maka sumbatan juga bisa terjadi di daerah lainnya, yaitu jantung dan otak.

Seperti apa cara penanganan dan pengobatan untuk penyakit stroke mata? Simak informasinya dalam artikel kami selanjutnya, yaitu:

Penyakit Stroke Mata: Penanganan (Pengobatan) dan Pencegahannya



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: