Informasi dan Tips – informasitips.com

5 Nutrisi Penting untuk Ibu Hamil

informasitips.com – Masa kehamilan merupakan masa dimana seorang calon ibu selalu berusaha untuk bisa memberikan yang terbaik untuk janin yang tengah dikandungnya, dan nutrisi adalah salah satu hal yang akan banyak menyita perhatian sang ibu. Mungkin keluarga ataupun teman banyak yang memberikan saran mengenai apa saja yang harus dikonsumsi dan apa yang tidak. Terlepas dari itu semua, Ibu harus tahu bahwa setidaknya ada 5 jenis nutrisi yang menjadi kunci dalam keberhasilan kehamilan Anda hingga bayi Anda dapat tumbuh dengan baik dan juga sehat.

Berikut ini 5 nutrisi yang harus Anda penuhi kebutuhannya selama kehamilan Anda:

  1. Asam Folat

    Asam folat sangat penting untuk perkembangan saraf tulang belakang bayi Anda. Perkembangan saraf tulang belakang sangat penting. Ibu hamil harus mendapatkan 600 mikrogram asam folat setiap harinya. Anda bisa mendapatkan asam folat dari makanan yang Anda konsumsi. Asam folat terkandung dalam jeruk, strawberi, kacang-kacangan, alpukat, asparagus dan berbagai sayuran hijau lainnya.

  2. Kalsium

    Kalsium membantu dalam pengaturan tekanan darah serta dalam membangun dan memelihara tulang Ibu dan bayi. Setidaknya ibu harus mendapatkan asupan kalsium sebanyak 1000 mg setiap harinya. Anda bisa mendapatkannya baik dari suplemen yang diresepkan dokter serta ditambah dari makanan, seperti susu, keju, yogurt dan jus jeruk, sereal serta roti yang telah difortifikasi dengan kalsium.

  3. Zat Besi
    5 Nutrisi Penting untuk Ibu Hamil

    sumber gambar: thegoodcalorie.com

    Zat besi berfungsi dalam mengangkut oksigen ke darah. Zat besi juga sangat penting untuk perkembangan janin Anda. Kebutuhan ibu hamil akan zat besi per harinya adalah 27 mg. Selain Ibu bisa mendapatkannya dari suplemen vitamin yang dikasih dokter, Ibu juga bisa mendapatkan zat besi dari asupan makanan seperti daging sapi, daging unggas, ikan, kuning telur, kacang-kacangan, biji-bijian dan sayuran hijau.

  4. Kolin

    Fungsi kolin sangat penting dalam menunjang perkembangan tabung saraf, system saraf pusat janin, serta memorinya. Seorang ibu hamil harus memenuhi kebutuhan kolinnya per hari sebanyak 450 mg per hari. Telur (beserta kuning telurnya), daging sapi, ikan, daging unggas, daun kol, brokoli, kentang dan kacang pistachio adalah beberapa sumber kolin.

  5. Omega 3

    Omega 3 memberikan sejumlah Manfaat bagi ibu hamil, yaitu mengurangi resiko terjadinya kelahiran premature, preeclampsia, dan hipertensi. Ada dua jenis utama asam lemak omega 3 yang harus dipenuhi kebutuhannya oleh Ibu hamil, yaitu DHA dan EPA. Ibu hamil harus memenuhi kebutuhan DHA yang sebesar 300 mg per hari dan kebutuhan EPA yang sebesar 220 mg. Sumber terbaik untuk memeroleh omega 3 adalah ikan dan makanan laut. Salmon, teri, remis dan tuna adalah sumber omega 3 yang bisa Ibu konsumsi. Jika Anda tidak menyukai makanan laut, Anda masih bisa mendapatkan omega 3 dari minyak ikan atau minyak biji rami yang dikemas dalam sediaan salut enteric

Semoga bermanfaat ya Moms….



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

One thought on “5 Nutrisi Penting untuk Ibu Hamil

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: