Informasi dan Tips – informasitips.com

Yang Terjadi Pada Ibu Hamil di Kehamilan 9 Minggu

informasitips.com – Di kehamilan yang menginjak usia 9 minggu, ibu mungkin belum terlihat seperti seseorang yang tengah hamil, meskipun sebenarnya ada perubahan yang terjadi pada area pinggang. Oleh karenanya, beberapa pakaian mungkin akan terasa lebih sempit ketimbang sebelumnya. Meski belum terlalu terlihat, namun menginjak usia kehamilan 9 minggu ini, seorang ibu tetap akan merasakan bahwa memang ada perubahan yang terjadi pada dirinya.

Di kehamilan 9 minggu, morning sickness dapat terjadi. Tidak hanya itu, ibu hamil juga akan merasa ada gejolak emosi yang kentara perbedaannya. Mood atau suasana hati akan mudah sekali untuk mengalami perubahan. Hal tersebut akan semakin mengocok emosi ibu hamil menjadi sesuatu yang tidak hanya dirasakan dirinya, namun juga orang di sekitarnya.

Beberapa ibu hamil menyatakan bahwa puncak-puncaknya gejolak mood (suasana hati) itu terjadi pada kisaran waktu antara 6 hingga 10 minggu. Mood swing yang Ibu rasakan disebabkan oleh adanya peningkatan hormon Progesteron yang akan terus terjadi hingga melahirkan.

Pada minggu 9 ini, rasa lelah kerap mendatangi ibu hamil sampai-sampai sang ibu merasa bahwa dia telah mencapai batas lelahnya. Rasa yang dialami itu akan membuat ibu cenderung lebih sering menghampiri tempat tidurnya, akibat kelelahan yang mendera.

Sebenarnya, rasa teramat lelah yang dirasakan oleh ibu hamil merupakan hal yang wajar terjadi pada masa awal kehamilan, karena pada masa ini tubuh melakukan berbagai macam perubahan yang signifikan, seperti meningkatnya laju metabolisme dan jumlah hormon, sehingga tubuh akan membutuhkan banyak energi, akibatnya rasa lelah tidak bisa dihindari lagi.

Apalagi, pada minggu ke-9 ini, tubuh ibu hamil juga tengah mempersiapkan plasenta yang kini telah memasuki tahap perkembangan. Hal ini akan semakin menambah kelelahan yang dirasakan. Meski begitu, pada beberapa minggu ke depan, kondisi ibu hamil akan pulih lagi, energi akan meningkat dan morning sickness pun akan berkurang.

Di kehamilan 9 minggu ini, volume darah ibu akan mengalami peningkatan. Seiring dengan itu, ibu akan merasakan pusing dan mungkin juga akan lebih sering pergi ke belakang. Peningkatan volume darah tersebut dapat teramati pada pembuluh vena yang terlihat lebih menonjol ketimbang sebelumnya, dan perubahan itu dapat dilihat pada tangan dan kaki. Peningkatan volume darah terjadi bukanlah tanpa alasan. Ekstra volume darah itu sangat diperlukan dan akan berperan dalam melindungi janin Ibu saat Ibu berdiri atau saat berbaring. Selain itu, volume darah yang meningkat juga akan mencegah terjadinya kehilangan banyak darah saat Ibu melahirkan.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: