Informasi dan Tips – informasitips.com

Gizi Ibu Hamil Trimester I

informasitips.com – Ibu hamil memerlukan tambahan nutrisi yang berbeda pada tiap trimester. Pada trimester pertama terjadi perubahan besar secara fisik yang mempengaruhi psikologis ibu. Peningkatan beberapa hormon seperti HCG, estrogen dan progesteron menyebabkan gejala mual-muntah. Dengan adanya perubahan ini, ibu cenderung malas makan. Padahal, janin memerlukan berbagai zat gizi untuk pembentukan cikal bakal otak, indera, dan organ lain.

Zat gizi yang harus dikonsumsi ibu meliputi karbohidrat, protein, berbagai vitamin, dan mineral. Kebutuhan kalori perhari sekitar 2200 kalori yang bisa dipenuhi dari konsumsi makanan tersebut. Mengingat awal kehamilan adalah pembentukan cikal bakal otak, maka ibu memerlukan tambahan asam folat, DHA, dan protein. Kekurangan zat gizi ini dapat menyebabkan kegagalan pembentukan tabung saraf yang mengakibatkan neural tube defect seperti retardasi mental, IQ rendah, dan tidak mempunyai tempurung kepala. Asam folat dapat dipenuhi dari konsumsi makanan seperti kacang-kacangan, bayam, telur, alpukat, gandum, susu, jeruk, strawberi, dan pisang. DHA dapat diperoleh dari beberapa jenis ikan seperti herring, salmon, tuna, ikan trout, ikan lemuru, layur, dan selar. Sedangkan protein terdapat pada berbagai jenis makanan hewani dan nabati.

Gizi Ibu Hamil Trimester I

sumber gambar: www.arrowheadobgyn.com

Pola makan pada trimester pertama ini perlu dirubah agar ibu dapat memenuhi kebutuhan gizi meskipun sering mual. Beberapa tips berikut diperlukan untuk mengatasi masalah tersebut:

  • Sudahi makan sebelum merasa kenyang agar tidak mual setelahnya.
  • Perbanyak frekuensi makan. Makanlah sedikit tapi sering.
  • Hindari makanan yang berkuah dan bersantan karena dapat menimbulkan mual.
  • Hindari makanan berlemak.
  • Selingi dengan camilan dan biskuit kering.
  • Konsumsi buah yang mengandung glukosa seperti pepaya, alpukat dan pisang.
  • Perbanyak minum air putih.
  • Konsumsi sayuran hijau.
  • Hindari makanan yang banyak mengandung bahan kimia.

Selain makanan alami, biasanya dokter atau bidan memberikan suplemen vitamin untuk mendukung tumbuh kembang janin. Suplemen ini boleh saja dikonsumsi sesuai dengan petunjuk dokter. Selain suplemen, ibu hamil juga dianjurkan minum susu hamil secara rutin untuk melengkapi kebutuhan mineral yang jarang terdapat pada makanan. Namun, jika mual muntah masih sering terjadi, konsumsi susu hamil bisa ditunda hingga trimester dua. Apabila anda merasa frekuensi mual-muntah terlalu sering hingga mengganggu pola makan, mintalah obat anti mual pada dokter atau bidan, serta tetap menjalani pola makan seperti di atas.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: