Informasi dan Tips – informasitips.com

Makanan Ibu Hamil Trimester Pertama

informasitips.com – Makanan ibu hamil di trimester pertama kehamilan hendaknya kaya akan folat, vitamin B6, dan zat besi. Folat dibutuhkan oleh ibu hamil karena janin membutuhkannya untuk perkembangan sistem saraf mereka yang sempurna. Sementara itu vitamin B6 dibutuhkan untuk mengurangi atau menghilangkan rasa mual yang kerap muncul pada ibu hamil di trimester awal kehamilannya. Bagaimana dengan zat besi? Zat besi tentu saja dibutuhkan oleh ibu hamil untuk menjamin agar sang ibu tetap dalam kondisi yang baik, karena pada saat kehamilan volume darah akan meningkat, sehingga zat besi dibutuhkan untuk pembentukan haemoglobin. Zat besi merupakan komponen inti yang dibutuhkan pada struktur haemoglobin, sehingga fungsi darah untuk mengangkut oksigen dapat berjalan dengan baik.

Makanan yang kaya akan zat besi

  • Sayuran Brokoli, brokoli ternyata kaya akan zat besi yang dibutuhkan oleh ibu yang tengah hamil trimester pertama.
  • Daging sapi tanpa lemak. Daging sapi juga merupakan bahan makanan yang tinggi zat besinya. Pilihlah daging sapi yang tidak mengandung lemak atau kerap disebut lean beef.
  • Daging ayam. Tidak banyak yang tahu kalau ternyata daging ayam juga termasuk ke dalam bahan makanan yang kaya zat besi. Namun, untuk ibu hamil, disarankan untuk memilih ayam ‘organik’, atau yang tumbuh tanpa bantuan hormon.

Untuk lebih mengetahui bahan makanan apa saja yang kaya zat besi dapat dibaca di Daftar Makanan Kaya Zat Besi.

Makanan yang kaya akan folat

  • Bayam, merupakan jenis sayuran yang tinggi kandungan folat-nya, sehingga sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh ibu yang tengah hamil trimester pertama. Folat sangat krusial bagi perkembangan tabung saraf bayi pada bulan-bulan pertama kehamilan ibu.
  • Buah jeruk. Buah yang termasuk ke dalam buah yang tinggi folat-nya adalah jeruk. Buah jeruk tumbuh sepanjang tahun, tidak mengenal musim layaknya mangga atau duku, sehingga mudah bagi ibu hamil untuk mendapatkannya.
  • Buah Okra. Okra, di Indonesia dikenal dengan nama buah Bendi. Buah yang termasuk ke dalam suku Malvaceae ini mengandung folat dalam kadar yang tinggi, sehingga membantu dalam mencegah cacat saat lahir. Buah Bendi bisa diolah menjadi kari, balado, campuran salad atau hidangan tumis.

Makanan yang kaya akan vitamin B6

  • Ikan Tuna. Ikan tuna memiliki kandungan vitamin B6 yang cukup tinggi, yaitu 1.04 mg dalam setiap 100 gram-nya. Dalam mengonsumsi ikan tuna, pastikan Anda memasaknya dengan benar agar matang sempurna. Selain itu, pastikan juga bahwa ikan tuna yang dikonsumsi berasal dari laut yang tidak tercemar.
  • Pisang dan Alpukat. Kedua buah ini tinggi kandungan vitamin B6, yaitu 0.37 mg dalam 100 gram pisang dan 0.29 mg dalam setiap 100 gram alpukat. Kedua buah tersebut dapat membantu Anda dalam mengatasi rasa mual yang muncul di awal-awal kehamilan.
  • Biji Bunga Matahari. Biji bunga matahari merupakan bahan makanan dengan kandungan vitamin B6 yang tertinggi, yaitu 1.35 mg dalam 100 gram-nya.

Untuk kebutuhan kalori, kebutuhan ibu hamil di trimester pertama masih seperti sebelum hamil, yaitu sekitar 2000 kalori per hari. Hal tersebut karena pertumbuhan janin pada trimester pertama ini masih lambat dan kebutuhan gizinya belum besar. Meski begitu, pada dasarnya kebutuhan kalori ibu hamil juga tergantung dari bobot badan sang ibu, body mass index, serta seberapa aktif ibu dalam setiap harinya. Selain nasi, ibu hamil tentu dapat mengonsumsi bahan makanan pokok yang lain, seperti kentang, beras merah, wheat bread, ataupun oat.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *