Informasi dan Tips – informasitips.com

Manfaat Ati Ayam bagi Kesehatan

informasitips.com – Ati ayam merupakan bahan makanan yang kaya akan nutrisi, sebut saja protein, niasin (vitamin B3) dan juga fosfor, yang tentunya bermanfaat bagi kesehatan mereka yang mengonsumsinya. Sebagai makanan yang tinggi kandungan proteinnya, ati ayam memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan, yaitu membantu membangun dan menguatkan kulit, rambut dan jaringan lainnya yang ada di dalam tubuh. Ati ayam juga menjadi favorit bagi mereka yang ingin mengonsumsi makanan rendah karbohidrat, namun tinggi protein.

Manfaat lainnya dari ati ayam adalah membantu dalam mengatasi anemia. Hal tersebut disebabkan karena kandungan zat besi yang tinggi yang terkandung di dalamnya. Bagi para ibu hamil yang memiliki riwayat anemia, mengonsumsi ati ayam tentunya sangat disarankan. Selain itu, kandungan zat besi di dalam ati ayam juga dapat membantu tubuh dalam menguatkan fungsi sistem kekebalan tubuhnya.

Manfaat Ati Ayam

Selain bermanfaat dalam mengatasi anemia, ati ayam juga bermanfaat dalam proses pencegahan beberapa kelainan fungsi kelenjar tiroid. Tidak hanya itu, makanan yang satu ini juga bermanfaat dalam menurunkan kadar kolesterol serta mendukung fungsi optimum dari kelenjad adrenal. Beberapa studi bahkan mengatakan bahwa ati ayam dapat membantu produksi testosteron serta meningkatkan ketahanan tubuh bagi mereka para atlit, ataupun mereka yang ingin melatih otot-otot tubuhnya. Ati ayam yang mendukung fungsi adrenal juga berimplikasi bagi peningkatan kemampuan tubuh dalam menangani stres yang mungkin terjadi, yaitu dengan cara membantu pelepasan hormon kortisol yang berfungsi sebagai hormon penghilang stres. Kandungan asam pantotenat di dalam ati ayam juga semakin menguatkan manfaat ati ayam bagi terjaganya fungsi kelnejar adrenal.

Manfaat ati ayam dalam menjaga fungsi tiroid disebabkan karena kandungan selenium yang ada di dalamnya. Selenium telah diketahui memiliki peran penting dalam regulasi hormon-hormon yang diproduksi oleh kelenjar tiroid. Selenium juga dapat membantu pencegahan terbentuknya sel-sel kanker dan juga berperan dalam mengurangi rasa sakit akibat atritis serta chronic fatigue syndrome.

Tidak hanya kelenjar tiroid, ati ayam juga bermanfaat dalam menjaga kesehatan sistem kardiovaskular dengan cara mengurangi kadar kolesterol jahat di dalam tubuh, serta meningkatkan kadar kolesterol baik. Vitamin B-12 yang terkandung dalam ati ayam berperan dalam menjaga fungsi sel-sel darah merah sehingga tubuh tetap tersuplai energi. Bersama zat besi, vitamin B12 juga berperan dalam mencegah terjadinya anemia, terutama anemia yang disebabkan oleh kekurangan vitamin B12 atau biasa disebut pernicious anemia.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *