Informasi dan Tips – informasitips.com

Perkembangan Janin di Kehamilan 9 Minggu

informasitips.com – Selalu menarik untuk mengamati perkembangan si kecil di dalam Rahim dari minggu ke minggu. Meski tak bisa diamati secara visual, namun sesuatu yang menentukan hidup si kecil di dunia terjadi di dalam sana. Apa saja yang terjadi pada janin pada kehamilan 9 minggu? Berikut ini poin-poinnya:

1. Minggu ke-9 disebut juga sebagai minggu berakhirnya periode embrio. Mulai di minggu ini, perkembangan embrio memasuki memasuki masa transisi untuk masuk ke tahap baru, yaitu perkembangan janin. Kini embrio telah mulai berubah menjadi janin, salah satu tanda perubahan tersebut adalah hilangnya penampakan ekor yang saat embrio masih terlihat. Panjang si kecil di minggu ke-9 berukuran 1 inci atau kira-kira sebesar buah anggur.

2. Pada minggu ke-9 ini, organ reproduksi janin mulai terbentuk, meski belum bisa dibedakan apakah dia pria atau perempuan. Untuk mengetahui jenis kelaminnya, maka Anda masih harus menunggu 7 minggu lagi.

3. Saraf-saraf dan otot-otot si janin mulai berfungsi di minggu ini, namun hal itu tidak bisa dirasakan oleh Ibu. Salah satu yang aktivitas otot yang bisa dideteksi dari luar adalah aktivitas otot jantung, dengan menggunakan suatu alat tertentu, dokter bisa merasakan degupan jantung si janin dari dalam rahim.

4. Jantung si kecil sudah terbagi menjadi 4 ruangan, dan katup-katupnya mulai terbentuk, begitu juga dengan gigi-gigi kecilnya. Dengan menggunakan alat Doppler, degup jantung janin sudah mulai bisa terdengar di minggu ke sembilan ini. Namun, jika dokter Anda belum bisa mendengar degup jantungnya di minggu ke-9 ini, maka Anda tidak perlu khawatir, karena bisa saja si kecil bersembunyi di pojok Rahim Anda atau dia pemalu sehingga posisi tubuhnya membelakangi arah dokter memeriksa. Nah, untuk kunjungan selanjutnya yang beberapa minggu lagi, saat itu pastilah degup jantungnya akan terdengar dengan menggunakan alat Doppler.

5. Tali pusar atau plasenta sudah berkembang cukup baik untuk menjalankan tugas-tugas pentingnya, terutama dalam hal produksi hormon.

6. Mata si kecil sudah terbentuk sempurna di minggu 9 kehamilan, namun kelopaknya masih menutup dan belum terpisah. Mata janin baru akan terbuka saat usmurnya mencapai 27 minggu.

7. Mulut, hidung dan lubang hidungnya sudah bisa dikenali di umurnya yang 9 minggu, meski belum terbentuk secara sempurna.

8. Perubahan fisik juga terjadi pada jari-jari tangan dan kaki si kecil. Jari-jari mereka yang tadinya masih berupa tunas, kini mulai menampakkan dirinya sehingga bisa diketahui jumlahnya. Saat 9 minggu inilah, sidik jarinya yang unik mulai terbentuk.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *