Informasi dan Tips – informasitips.com

Otot-otot yang Dibentuk saat Push Up

informasitips.com – Push up merupakan salah satu latihan yang paling populer dalam usaha pembentukan otot. Selain mudah untuk dilakukan, push up juga sarat akan manfaat. Nah, mereka yang melakukan push up pasti memiliki tujuan tertentu, apakah itu untuk menjaga vitalitas ataupun untuk membentuk otot-otot di tubuh. Untuk alasan yang kedua, memang ada otot-otot tertentu yang dilatih saat Kamu melakukan push up. Tetapi yang pasti, latihan push up bermanfaat untuk melatih otot-otot yang ada pada tubuh bagian atas. Apa saja otot-otot tersebut? Berikut ini beberapa otot yang dilatih saat Kamu melakukan push up.

Otot Pectoralis Major

Otot ini merupakan dua otot utama yang ada di dada Kamu. Lihat gambar berikut agar lebih jelas:

Anatomi Otot Dada

sumber gambar: corewalking.com

Otot pectoralis major merupakan otot utama yang mendorong otot-otot bagian tubuh atas yang lain saat Kamu melakukan push up. Saat Kamu bangkit dari posisi rendah itulah otot pectoralis major adalah otot utama yang melakukan semuanya.

Otot Triceps

Kamu pasti tahu ‘kan yang mana otot triceps itu? Kalau masih belum tahu, lihat aja gambar di bawah ini:

Otot Triceps

sumber gambar: www.healthfiend.com

Ya, Kamu benar, otot triceps terletak pada bagian belakang lengan atas. Otot ini sangat penting dalam melakukan gerakan mendorong yang dilakukan oleh lengan. Dalam push up, otot ini bertugas dalam pergerakan lengan Kamu. Untuk memaksimalkan latihan pada otot triceps, maka Kamu disarankan agar melakukan push up dengan jarak kedua lengan yang tidak terlalu lebar.

Otot-otot Deltoid

Otot deltoid merupakan otot-otot pada bahu yang membantu otot pectoralis major dalam mendorong dan menurunkan tubh Kamu selama melakukan gerakan push up. Berikut ini gambar dari otot-otot deltoid:

Otot Deltoid

sumber gambar: dmmassage.com

Sekedar informasi nih, otot-otot deltoid sebenarnya merupakan kelompok otot yang lemah dibandingkan dengan kelompok otot di sekitarnya, meskipun begitu otot-otot deltoid sangatlah penting peranannya dalam setiap gerakan bahu Kamu. Otot deltoid yang terbentuk dengan baik akan membuat bahu Kamu terlihat rounded (membentuk lingkaran di ujung).

Otot Serratus Anterior

Otot ini disebut juga otot sayap dan terletak di bawah ketiak di samping dada. Lihat gambar berikut agar lebih jelas:

Otot Serratus anterior

sumber gambar: wikipedia.org

Fungsi otot sayap adalah untuk mendorong bahu depan dan area di sekitar tulang rusuk selama Kamu melakukan latihan push up.

Otot Coracobrachialis

Otot ini terletak pada daerah bahu dekat otot biseps, pada lengan atas. Otot ini termasuk otot yang sempit dan berfungsi dalam mendorong lengan atas depan yang pada akhirnya akan mendorong tubuh bagian atas. Gerakan tersebut sangat penting ketika Kamu melakukan push up. Otot Coracobrachialis ukurannya sempit sehingga mungkin Kamu tidak bisa melihatnya, meski begitu otot ini sangat penting untuk dibangun agar kekuatan tubuh bagian atas Kamu meningkat. Berikut ini gambar dari otot Coracobrachialis:

Otot Coracobrachialis

Semoga bermanfaat…



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

One thought on “Otot-otot yang Dibentuk saat Push Up

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

Pencarian Terkait:

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: