Informasi dan Tips – informasitips.com

Inilah Cara Sit Up yang Benar

informasitips.com – Sit up termasuk ke dalam latihan sederhana yang mudah dilakukan oleh siapapun, dimanapun dan kapanpun. Meski memang terlihat mudah untuk dilakukan, namun tidak sedikit yang salah dalam melakukannya. Alih-alih mendapatkan manfaat dari melakukan sit up, Kamu malah mendapatkan cedera otot dan mungkin malah tidak mendapatkan manfaatnya sama sekali. Jangan sampai hal itu terjadi. Nah, oleh karena itu, Kamu harus tahu bagaimana sebenarnya cara sit up yang benar, sehingga manfaat yang Kamu dapatkan pun akan maksimal.

Berikut ini cara yang benar dalam melakukan sit up:

  • Posisikan tubuh Kamu dengan benar

    Berbaringlah pada alas yang nyaman dan tidak terlalu empuk ataupun terlalu keras. Otot-otot di sekitar kepala dan leher harus dalam keadaa relaks, dan posisikan tangan Kamu dengan menyentuh ringan pada leher ataupun kepala. Kaki Kamu lurus rata dengan lantai, begitu juga dengan punggung, namun sebenarnya tidak semua bagian punggung harus menyentuh lantai, karena ada lekukan pada punggung yang malah harus Kamu jaga posisinya. Oh iya, kaki juga bisa diposisikan menekuk membentuk sudut 90 derajat. Lalu, pandangan Kamu dijaga ke depan, pastikan posisi dagu tetap ada jarak dari dada agar pernapasan selama sit up tetap lancar. Nah, itulah posisi awal saat ingin melakukan sit up.

  • Cara Sit Up

  • Melakukan Gerakan Sit Up

    Pada dasarnya sit up dilakukan dengan menggerakkan badan Kamu sedemikian rupa sehingga jarak antara tubuh bagian atas dengan panggul semakin mendekat. Posisi awal tubuh adalah membentuk sudut 180 derajat atau dengan kata lain lurus terbaring di lantai, kemudian dengan menggunakan otot-otot perut berusaha mengangkat tubuh bagian atas sehingga membentuk sudut 30 derajat dengan lantai. Ingat, latihan sit up yang optimal adalah mengangkat tubuh untuk membentuk sudut 30 derajat dengan lantai, jangan lebih dari itu.

  • Teknik Pernafasan yang benar saat Sit Up

    Nah, sekarang cara bernafasnya, tariklah nafas saat Kamu menurunkan tubuh Kamu, dan buanglah saat Kamu mengangkatnya. Hal itu merupakan cara yang paling nyaman untuk tubuh Kamu, akrena ketika Kamu menurunkan tubuh Kamu rongga dada Kamu akan mengembang, saat itulah saat yang paling tepat untuk menarik nafas, dan saat saat mengangkat tubuh maka paru-paru Kamu akan menerima tekanan, saat inilah saat yang tepat untuk mengeluarkan nafas.

  • Frekuensi Sit Up

    Prinsipnya adalah lakukan sit up sesuai dengan kemampuan Kamu, lalu tingkatkan secara bertahap. Meski begitu para ahli menyarankan untuk melakukan sit up sebanyak 10 hingga 15 kali dalam satu kali sesi. Istirahat selama 30 detik, lalu mulai lagi sit up sebanyak jumlah yang sama dengan sebelumnya, 10 hingga 15 kali. Lakukan terus sampai Kamu merasakan adanya sensasi terbakar pada perut Kamu, hal itu berarti pada otot-otot perut Kamu sudah menumpuk asam laktat sebagai hasil dari pernapasan anaerob yang terjadi. Satu catatan penting saat Kamu melakukan sit up, semakin lambat gerakan Kamu dalam melakukan sit up maka akan semakin baik kualitas peningkatan kekuatan otot-otot perut.

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Sit Up

Meski gerakan sit up terlihat sederhana, namun banyak juga orang yang melakukan kesalahan ketika melakukannya. Akibatnya punggung ataupun leher terasa sakit. Kesalahan yang umum terjadi adalah menggunakan tangan yang diletakkan di leher atau di kepala untuk mengangkat tubuh saat melakukan sit up, padahal seharusnya sit up dilakukan dengan bertumpu pada otot-otot perut. Saat melakukan sit up, beban tubuh Kamu seharusnya ditumpukan pada otot-otot perut, bukan pada leher atau kepala. Salah dalam melakukan sit up akan menyebabkan nyeri pada otot vertebrae pada leher dan di sepanjang tulang belakang.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

Pencarian Terkait:

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: