Informasi dan Tips – informasitips.com

Manfaat Sit Up untuk Melatih Otot Perut

informasitips.com – Sit up dapat dikatakan sebagai salah satu bentuk latihan yang mudah untuk dilakukan, kapan pun dan dimana pun. Selain tidak membutuhkan alat bantu, sit up diketahui cukup efektif dalam melatih otot-otot perut Kamu. Nah, orang banyak yang salah kapra, mereka berpikir kalau sit up itu bisa dilakukan dengan tujuan untuk mengecilkan perut, padahal sit up tidak dapat mengecilkan perut yang buncit, melainkan membentuk otot-otot perut. Meski begitu, sit up memiliki banyak manfaat, bukan hanya sekedar untuk melatih otot-otot perut. Nah, apa saja sih manfaat sit up? Simak beberapa point berikut ini ya:

  • Melatih Otot Perut

    Seperti yang telah dikatakan di atas bahwa sit up sangat bermanfaat jika Kamu ingin membentuk otot-otot di sekitar area perut Kamu. Namun, Kamu juga harus ingat bahwa sebelum membentuk otot perut, terlebih dahulu Kamu harus menyingkirkan lemak-lemak di perut Kamu atau dengan kata lain Kamu harus mengecilkan perut terlebih dahulu. Berbeda dengan aerobic yang bisa membakar lemak di perut Kamu, sit up sangat bermanfaat melatih otot-otot di bagian tengah perut Kamu, oleh karena itu sit up dapat membuat tubuh Kamu lebih stabil.

  • Membuat tubuh lebih stabil dan seimbang

    Jika otot-otot perut terlatih dengan melakukan sit up yang rutin, maka segala aktivitas, seperti mengangkat kardus, bermain tenis, berlari, dansa, berjalan, akan lebih mudah untuk dilakukan, karena otot-otot di perut menunjang segala gerakan yang Kamu lakukan. Tidak hanya itu, gerakan-gerakan sit up juga berguna untuk melatih otot-otot perut, punggung, bahu, lengan dan pinggul untuk bisa bekerja sama menghasilkan sinergi dalam membuat tubuh Kemu stabil dan seimbang. Dengan begitu, tubuhmu akan lebih kuat seiring dengan rasa percaya diri yang bertambah.

  • Sit up Menyehatkan

    Tidak hanya itu, jika otot-otot perut kuat, maka postur tubuhmu juga akan lebih baik lagi dari sebelumnya. Jika otot-otot perut lemah, maka Kamu akan lebih mudah mengalami cedera otot ataupun sakit punggung bagian bawah. Sit up yang rutin dilakukan akan mencegah terjadinya penumpukan lemak, karena sejumlah kalori dibakar saat Kamu melakukan sit up. Penumpukan lemak yang berkurang berarti kualitas kesehatan akan semakin baik.

  • Membantu menurunkan berat badan

    Jika Kamu melakukan sit up, maka sejumlah kalori tentunya akan terbakar. Nah, kalori yang terbakar itu diambil dari simpanan lemak yang ada di tubuh Kamu. Yuk Kita itung-itungan, berapa banyak kalori yang terbakar jika Kita melakukan sit up. Jika berat badan Kamu sekitar 65 kg, maka 200 sit up yang Kamu lakukan dalam tempo yang lambat (kira-kira memakan waktu 20 menit) akan membakar sejumlah 172 kalori, namun jika dilakukan dalam tempo yang sedang (kira-kira memakan waktu 10 menit) maka akan membakar 86 kalori. Jika bobot tubuh Kamu 80 kg, maka sit up 200 kali dengan tempo lambat akan membakar 204 kalori sedangkan pada tempo sedang akan membakar 102 kalori. Ternyata sit up yang dilakukan dengan tempo yang lambat membakar kalori lebih banyak dibandingkan dengan sit up tempo sedang.

  • Secara tidak langsung, sit up memperbaiki penampilan Kamu

    Sit up yang rutin dilakukan akan membuat fisik tubuh Kamu tampil baik secara keseluruhan. Ditambah lagi perut yang rata dan six pack, tentunya rasa percaya diri akan semakin terpancar dari diri Kamu.

Tuh ‘kan, sit up memang banyak manfaatnya, tidak hanya untuk membentuk otot perut, namun juga untuk membuat tubuh Kamu tetap fit serta dapat membantu dalam menurunkan berat badan.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

Pencarian Terkait:

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: