Informasi dan Tips – informasitips.com

Cara Push Up yang Baik dan Benar agar Manfaatnya Maksimal

informasitips.com – Tidak seperti yang dipikirkan orang selama ini, push up tidak hanya melatih otot lenganmu, tetapi juga melatih hampir sebagian besar otot-otot di tubuh Kamu. Push up merupakan latihan yang cocok untuk dilakukan baik oleh pemula ataupun oleh mereka yang sudah terbiasa, karena push up bisa dimodifikasi sesuai dengan tingkat kemampuan Kamu, mulai dari push up biasa hingga push up yang terbilang sulit. Mengingat manfaat push up yang holistik dalam melatih otot-otot di seluruh tubuh, maka sangat penting untuk bisa melakukan latihan yang satu ini dengan benar. Sayang ‘kan kalau Kamu sudah capek melakukan push up, tetapi tidak mendapatkan manfaatnya hanya karena Kamu salah melakukannya. Nah, oleh karena itu Kamu harus tahu bagaimana sih cara push up yang benar itu. Simak hal di bawah ini ya:

Langkah Pertama: Posisikan tubuh Kamu dengan benar. Saat ingin melakukan push up, posisikan tubuh Kamu dengan wajah menghadap ke bawah dan tubuh Kamu disokong oleh kedua tangan dan ujung kaki. Jarak antara kedua tangan Kamu setidaknya sedikit melebihi kedua bahu Kamu, dan harus lurus dalam menyokong tubuh Kamu. Posisi ini disebut posisi “up”.

Langkah Kedua: Pastikan tubuh Kamu membentuk garis lurus, mulai dari kaki, punggung hingga leher. Jangan terbentuk sudut pada leher, karena hal itu dapat menyebabkan rasa pegal, pandangan mata Kamu harus lurus ke bawah. Tahan posisi tersebut dengan menggunakan otot-otot di tubuh Kamu.

Langkah Ketiga: Turunkan tubuh Kamu secara perlahan dan pasti. Pada saat ini, pertahankan posisi punggung Kamu agar tetap lurus seperti sebelumnya. Turunkan tubuh Kamu hingga setara dengan siku Kamu. Pada saat tubuh Kamu menurun, tariklah nafas.

Langkah Keempat: Tahan posisi tubuh Kamu saat mencapai posisi terendah untuk sesaat, lalu gunakan momentum tersebut untuk mengangkat tubuh Kamu dengan menggunakan otot-otot dada serta otot trisep. Jaga tulang belakang belakang Kamu untuk tetap membentuk garis lurus. Nah, pada saat mengangkat tubuh Kamu itu, hembuskanlah nafas yang sebelumnya Kamu hirup. Jadi, ingat ya, tarik nafas saat menurunkan tubuh Kamu, dan hembuskan nafas saat mengangkatnya.

Jika Kamu belum terbiasa atau otot-otot Kamu belum cukup kuat untuk melakukan push up, maka Kamu bisa menekuk lutut Kamu untuk bisa lebih mendistribusikan beban tubuh tidak hanya pada tangan dan ujung kaki. Lakukan push up sesuai dengan kemampuan Kamu. Jika Kamu sudah cukup kuat untuk melakukan push up, lakukan sebanyak 12 hingga 15 kali dengan posisi tangan yang lebih lebar lagi, dengan posisi tersebut maka otot dada Kamu akan lebih terlatih. Nah, jika jarak tangan Kamu diperkecil lagi, maka pada posisi tersebut otot trisep lah yang akan lebih terlatih, sementara otot bahu akan menerima beban lebih ringan. Kamu juga bisa melakukan variasi pada latihan push up yang Kamu lakukan dengan menambahkan beban pada tubuh Kamu sehingga otot-otot yang terlibat saat mengangkat tubuh Kamu menjad lebih terlatih lagi.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *