Informasi dan Tips – informasitips.com

5 Kebutuhan Dasar Bayi Prematur

Kebutuhan dasar bayi prematur informasitips.com – Bayi prematur adalah bayi yang terlahir ke dunia lebih cepat dari bayi-bayi lain pada umumnya. Jika bayi normal lahir pada usia kehamilah 38-42 minggu, maka bayi prematur lahir di usia kehamilan kurang dari 37 minggu. Kalau bayi normal terlahir dengan berat badan antara 2,5-3 kg, maka bayi prematur bisa terlahir dengan berat 0,5-2 kg.

Faktor penyebab kelahiran bayi prematur beragam. Mulai dari gaya hidup ibu yang tidak sehat selama kehamilan, seperti minum minuman yang beralkohol, merokok, menggunakan narkoba (narkotik dan bahan/obat berbahaya), pola makan yang buruk, sampai hal-hal diluar kendali seorang ibu hamil, seperti kelainan struktur rahim, infeksi, ketidakseimbangan hormon, faktor usia ibu hamil yang terlalu muda atau tua dan stres berat.

Bila bayi Anda terlahir prematur, mungkin Anda akan merasa terkejut, sedih dan khawatir. Hal itu wajar, karena kelahiran terjadi lebih cepat dari yang seharusnya, dan Anda mungkin tidak memiliki banyak informasi mengenai bayi prematur.

Berikut adalah 5 kebutuhan dasar bayi prematur untuk membantu orang tua menjalin ikatan batin dengan bayi prematur.

1. Bersih dari kuman penyakit
Mencuci tangan Anda dengan gel antiseptik secara menyeluruh adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan ketika memasuki NICU (Neonatal Intensive Care Unit). NICU adalah ruangan khusus di rumah sakit untuk merawat bayi baru lahir sampai usia 30 hari yang memerlukan pengobatan dan perawatan khusus di bawah pemantauan tim dokter.

Orang yang dapat masuk ke NICU dibatasi jumlahnya. Peraturan NICU lainya selain mencuci tangan dengan gel antiseptik, juga mewajibkan pengunjung untuk melepas alas kaki mereka, menanggalkan perhiasan, serta mengenakan pakaian khusus dari rumah sakit. Hal ini dilakukan untuk menjaga kesterilan ruangan dan menghentikan penyebaran kuman penyakit ke semua bayi di ruangan tersebut.

2. Kehangatan
Bayi prematur tidak memiliki cukup jaringan lemak dbawah kulit yang dapat mempertahankan suhu tubuh mereka. Kehangatan dibutuhkan bayi prematur karena mereka beresiko mengalami hipotermi atau suhu tubuh rendah. Bayi prematur sering merasa kedinginan walaupun dibungkus dengan selimut.

Oleh sebab itu, dibutuhkan inkubator atau penghangat yang berguna untuk menjaga bayi agar tubuhnya tetap hangat. Inkubator adalah ruangan berdinding kaca yang suhunya bisa diatur agar selalu hangat berkisar antara 35-36 o C. Inkubator juga berfungsi untuk meminimalkan resiko kontak antara bayi prematur dengan orang dan lingkungan yang berpotensi menularkan kuman penyakit.

Ada dua jenis tipe inkubator:
– Pada inkubator yang memiliki tutup, pengontrolan suhu dilakukan dari pemanas di bawah inkubator. Inkubator jenis ini dilengkapi dua lubang seukuran tangan orang dewasa di bagian sisinya, untuk memudahkan Anda menyentuh dan membelai anak Anda dengan kasih sayang.

– Pada inkubator yang tidak memiliki tutup, pemanas ada di bagian atas. Kelebihan dari jenis inkubator ini adalah Anda bisa menggendong anak Anda sewaktu-waktu, misalnya untuk disusui atau dipeluk.

3. Aroma Ibu
Banyak penelitian telah dilakukan oleh berbagai badan amal bayi prematur yang menunjukkan bahwa bayi prematur tahu kapan Anda berada di sekitarnya dan dapat mengenali suara Anda. Dengan cara yang sama mereka juga dapat mengenali aroma Anda. Beberapa wanita telah menemukan hal yang dapat menjaga bayi mereka dalam keadaan stabil adalah jika mereka menaruh sesuatu di dalam inkubator yang memiliki aroma mereka.

Hal yang sebaiknya dilakukan adalah Anda harus mencucinya dengan cara merebus, misalnya sapu tangan dan kemudian membawanya ke sekitar dengan cara menyelipkan sapu tangan tersebut di tali bra Anda untuk hari itu. Kemudian letakkan sapu tangan di dalam inkubator dimana bayi Anda dapat mencium baunya. Hal yang terbaik bagi orang tua adalah untuk menghindari mengenakan parfum yang memiliki aroma yang terlalu kuat.

4. Belaian kasih sayang
Selama bayi prematur berada dalam perawatan intensif di NICU, bukan berarti orang tua harus dijauhkan dari bayi. Bayi prematur membutuhkan kasih sayang orang tua yang akan membuatnya dalam keadaan stabil, sehat dan kuat. Sentuhan lembut Anda adalah cara istimewa yang dapat menenangkan, menguatkan jalinan kasih antara Anda dan bayi Anda.

Bayi yang sangat prematur sangat sensitif terhadap sentuhan. Diyakini bahwa dengan membelai lembut tubuh bayi prematur dan mengajaknya berbicara akan mempercepat pertumbuhannya dan mempererat kasih sayang. Jika bayi Anda dalam posisi tengkurap, pastikan tangan Anda bersih dari kuman penyakit dan dalam keadaan tidak dingin. Letakkan tangan Anda di pungung bayi dan usap lembut punggungnya. Jika hal ini membuat Anda merasa tidak nyaman melakukannya, Anda bisa memasukkan jari Anda di tangan bayi Anda.



5. Asupan nutrisi
Anda bisa memberikan ASI (Air Susu Ibu) yang sangat berharga bagi bayi Anda, bahkan jika bayi Anda sangat prematur dan belum memiliki sistem pencernaan yang matang. ASI adalah sumber gizi yang sempurna karena mengandung protein yang dapat membantu mengoptimalkan pertumbuhan dan melawan infeksi. ASI juga mengandung fosfor dan kalsium yang penting bagi bayi prematur.

Bayi prematur belum mampu untuk menyusu langsung dari pay*d*ra ibu atau botol sampai usia mereka 32-34 minggu usia kehamilan. Pada umumnya NICU memiliki pompa pay*d*ra listrik dan pompa pay*d*ra tangan bagi para ibu yang memiliki bayi prematur. ASI yang telah diperas bisa dibekukan di NICU dan siap untuk diberikan ke bayi Anda jika dibutuhkan. Pemberian ASI dilakukan melalui selang yang dipasang pada hidung atau mulut bayi dan terhubung dengan perut, dengan kecepatan yang bisa diatur. ASI begitu berharga, sebaiknya jangan disia-siakan.

Anda bisa menggunakan fasilitas yang membantu Anda untuk mempompa ASI untuk lebih cepat keluar. Untuk membuat ASI Anda keluar lebih lancar, para ibu bisa juga memeras susu sambil memegang foto atau mainan milik bayi yang biasanya berada di inkubator. Pemberian asupan nutrisi pada bayi prematur dilakukan secara bertahap sesuai dengan perkembangannya. Jika kemampuan mengisap, menelan, dan saluran cerna sudah baik, Anda bisa menyusui langsung atau menyuapi bayi prematur Anda dengan bantuan sendok.

Pada umumnya, Anda bisa membawa pulang bayi Anda ke rumah setelah berat badan bayi sudah mencapai 2-2,25 kg. Setelah di rumah, hal yang penting diperhatikan adalah asupan nutrisi dan pemberian ASI yang memadai bagi bayi prematur Anda. Ini berguna agar berat badan bayi bisa mencapai berat badan normal yang berkisar antara 2,5-3 kg.

Bayi prematur tidak selalu mengalami masalah perkembangan dalam waktu yang lama, seperti halnya pada perkembangan bayi normal. Tapi bila perkembangan bayi prematur Anda tidak terlalu pesat, jangan terlalu khawatir. Terus bersemangat dan bersyukur atas setiap langkah perkembangan bayi Anda.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

One thought on “5 Kebutuhan Dasar Bayi Prematur

  1. amel

    Mohon maaf mau tanya jika bayi prematur beratnya 700gr apa juga boleh untuk disusui??terima kasih atas jawabannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *