Informasi dan Tips – informasitips.com

Ibu Hamil Usia Belia Lebih Beresiko Melahirkan Bayi Prematur

ibu muda belia resiko melahirkan bayi prematurinformasitips.com – Wanita yang hamil pada usia 14 sampai 17 tahun memiliki resiko yang lebih besar untuk melahirkan bayi prematur, dan memiliki bayi berat lahir rendah (BBLR), terutama bila kehamilan tersebut merupakan kehamilan yang kedua. Hal ini merupakan hasil penelitian seperti yang ditulis dalam Jurnal “BMC Pregnancy and Childbirth”. Dalam jurnal tersebut, para peneliti merekomendasikan kepada wanita muda belia untuk memakai kontrasepsi setelah melahirkan dan lebih memerhatikan masalah kondisi kesehatannya.

Ali Khashan, dari Universitas College Cork, Ireland, bersama tim penelitinya meneliti sekitar 56353 wanita di Inggris, antara usia 14-29 tahun yang sudah memiliki anak. Penelitian tersebut dilakukan selama dua tahun dari Januari 2004 sampai Desember 2006. Para peneliti mengelompokkan wanita-wanita tersebut berdasarkan usia, yaitu wanita usia 14-17 tahun sebanyak 3636 orang, usia 18-19 tahun sebanyak 7506 orang, dan usia 20-29 sebanyak 45211 orang.

Penelitian tersebut juga memperlihatkan bahwa sekitar sepertiga ibu belia tersebut berasal dari kehidupan sosial yang kurang baik. Ibu-ibu muda belia itu biasanya mengalami kekurangan berat badan.

Ternyata, wanita yang melahirkan di usia muda beresiko melahirkan bayi premature. Resiko tersebut semakin meningkat untuk ibu yang usianya lebih muda dibandingkan wanita yang usianya lebih dewasa. Terlebih lagi, resiko tersebut ternyata semakin meningkat bila kehamilannya adalah kehamilan yang kedua (bukan kehamilan pertama).

Terkait dengan hasil penelitian tersebut, Khashan mengatakan “Kemungkinan peningkatan resiko kehamilan yang buruk tersebut berkaitan dengan belum matangnya fungsi biologis tubuh. Kemungkinan peningkatan resiko untuk kasus kehamilan kedua berkaitan dengan sejumlah faktor, seperti perawatan kehamilan yang buruk dan kondisi sosial yang tidak baik.”

Profesor Kenny, peneliti dan konsultan kandungan Cork University Maternity Hospital yang juga memimpin studi tersebut mengatakan bahwa hasil penelitian ini menyoroti pentingnya jaminan perawatan kesehatan yang baik dan layak untuk wanita hamil usia muda. Lebih lanjut lagi, komponen vital dari perawatan kesehatan ini adalah perawatan pasca melahirkan yaitu dengan kontrasepsi untuk mencegah peningkatan resiko yang lebih buruk lagi pada kehamilan berikutnya.
(ST)



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *