Informasi dan Tips – informasitips.com

Makanan Untuk Ibu Hamil yang Direkomendasikan

informasitips.com – Bagi para ibu hamil, salah satu hal yang paling menjadi perhatian adalah soal makanan yang mereka konsumsi, karena apapun makanan ibu hamil yang dikonsumsi juga akan dirasakan oleh janin yang tengah dikandungnya. Tidak hanya dirasakan, namun juga akan menimbulkan dampak tertentu bagi janin. Jika makanan itu baik, maka baik pula janinnya, namun jika sampai salah konsumsi makanan yang seharusnya dilarang, maka sedikit-banyak janin akan terkena dampak akibat makanan itu. Hal itu tentu tidak diinginkan, dan sebisa mungkin akan dihindari. Hal yang demikian akan mendorong sikap kehati-hatian yang tidak hanya berasal dari ibu hamil itu sendiri, namun juga dari suaminya dan orang-orang di sekitanya.

Nah, untuk mempermudah dalam memilih makanan, berikut ini akan Kami sajikan makanan untuk ibu hamil yang paling direkomendasi oleh para ahli untuk dikonsumsi selama dalam masa kehamilan.

  • Telur

    Ibu hamil membutuhkan protein dalam jumlah yang melebihi mereka yang tidak hamil. Kebutuhan protein yang tinggi tersebut tentu harus senantiasa terpenuhi demi memastikan agar perkembangan janin selalu baik. Kebutuhan protein itu dapat terpenuhi salah satunya dengan cara mengonsumsi telur. Telur diketahui kaya akan protein yang akan menyediakan berbagai asam amino yang dibutuhkan untuk perkembangan janin. Telur juga kaya akan berbagai vitamin dan mineral, termauk kolin.

    Kolin merupakan nutrisi yang bagus untuk perkembangan otak janin, juga untuk mencegah terjadinya kerusakan pada tabung saraf bayi. Beberapa telur yang dijual juga kaya mengandung omega-3 yang bermanfaat untuk otak dan mata janin. Biasanya telur yang seperti itu dijual dengan menggunakan label yang menginformasikan kandungan omega-3 nya. Adanya kandungan omega-3 semakin mengukuhkan bahwa telur merupakan makanan sehat untuk ibu hamil yang paling direkomendasikan.

    Bagaimana dengan kandungan kolesterol yang tinggi dalam telur? Apakah itu bermasalah bagi ibu hamil? Pada dasarnya kolesterol memang dibutuhkan oleh ibu hamil, namun dalam jumlah yang tertentu, tidak berlebih. Bagi ibu hamil yang tidak punya masalah dengan kolesterol disarankan untuk mengonsumsi telur sebanyak 1 hingga 2 butir per hari. Namun, bagi ibu hamil yang harus membatasi asupan kolesterolnya, maka disarankan untuk hanya mengonsumsi putih telurnya saja. Per butir nya, telur kira-kira mengandung kolesterol sebanyak 1.5 gram, dan terkonsentrasi pada bagian kuning telur. Namun, kandungan asam lemak jenuhnya cukup rendah, sehingga tidak terlalu berpengaruh terhadap peningkatan kadar kolesterol dalam darah. Sebenarnya, mengonsumsi asam lemak jenuh lebih berisiko dalam meningkatkan kolesterol dalam darah ketimbang mengonsumsi kolesterol itu sendiri.

  • Kacang-kacangan

    Kacang-kacangan termasuk jenis makanan bergizi untuk ibu hamil yang kaya akan protein dan serat dibandingkan dengan jenis sayuran lainnya. Kandungan serat dalam kacang-kacangan bermanfaat dalam mencegah terjadinya konstipasi, karena selama masa kehamilan pergerakan saluran pencernaan menjadi melambat. Selain protein dan serat, kacang-kacangan juga kaya akan nutrisi lain, seperti zat besi, asam folat, kalsium, dan zinc.

  • Salmon

    Salmon mengandung asam lemak omega-3 yang sangat bermanfaat bagi perkembangan otak dan mata janin. Salmon juga merupakan bahan makanan buat ibu hamil yang bisa memperbaiki suasana hati (mood). Bagi ibu hamil yang sering mengalami naik-turun mood, tentu mengonsumsi ikan salmon akan sangat membantu dalam mengatasi masalah mood itu. Selain itu, salmon juga tergolong ikan yang relatif tidak banyak mengakumulasi merkuri dalam tubuhnya, tidak seperti ikan lain. Tidak hanya asam lemak omega-3, ikan salmon juga kaya akan protein dan vitamin B. Salmon bisa dihidangkan dengan cara dipanggang atau disertakan dalam salad. Saran aman konsumsi ikan salmon untuk ibu hamil per minggu adalah minimal 12 ons.

  • Sayuran Hijau

    Sayu-sayuran hijau kaya akan nutrisi dan vitamin, termasuk vitamin A, C, dan K, serta folat yang sangat dibutuhkan ibu hamil dan janin. Sayuran hijau juga mengandung karoten yang sangat bermanfaat bagi kesehatan mata.

  • Daging tanpa Lemak (Lean Meat)

    Makanan Sehat Ibu Hamil

    Daging merupakan sumber protein yang sangat baik. Untuk mendapatkan asupan protein yang maksimal, maka pilihlah daging yang tidak mengandung lemak, sehingga ibu hamil dapat terhindar dari dampak yang tidak diinginkan dari mengonsumsi lemak. Seperti telur, daging juga mengandung kolin. Daging yang dikonsumsi ibu hamil haruslah daging yang matang sempurna, karena jika tidak maka akan besar risikonya daging yang dikonsumsi masih mengandung kuman, seperti toksoplasma yang sangat berbahaya bagi ibu hamil.

  • Buah-buahan yang Kaya Warna

    Buah-buahan yang kaya warna umumnya kaya pula akan kandungan antioksidan, vitamin serta mineral. Konsumsilah buah yang bervariasi agar janin Anda tidak bosan merasakan makanan yang itu-itu saja.

  • Biji-bijian Utuh

    Biji-bijian utuh atau kerap disebut whole grain kaya akan kandungan serat, zat besi dan vitamin-vitamin B. Untuk mendapatkan whole grain, maka ibu hamil dapat mengonsumsi beras merah, bukan beras putih ya. Selain itu, oatmeal juga merupakan whole grain yang mudah untuk didapatkan. Whole grain merupakan sumber serat terbaik untuk ibu hamil yang kerap dihantui konstipasi.


Makanan Untuk Ibu Hamil Berdasarkan Usia Kehamilan

Makanan Ibu Hamil Trimester Pertama : Pada prinsipnya, makanan untuk ibu hamil muda di trimester pertama kehamilan haruslah yang kaya akan asam folat, protein, kalsium, vitamin D, dan zat besi. Oleh karena itu, beberapa makanan ini menjadi pilihan ibu yang tengah hamil muda, yaitu bayam, daging, kacang-kacangan, salmon, telur, brokoli, dan asparagus, sedangkan untuk buah, ibu hamil bisa mengonsumsi buah jeruk yang mengandung folat.

Makanan Ibu Hamil Trimester Kedua : Untuk periode waktu trimester kedua, makanan untuk ibu hamil yang dikonsumsi harus yang kaya akan kandungan kalsium, magnesium, dan vitamin D. Magnesium berperan dalam kesehatan tulang dan dalam proses perubahan makanan menjadi energi. Bahan makanan yang termasuk dalam kriteria tersebut adalah cokelat, sayur-sayuran, yogurt, susu, kolang-kaling (kaya akan kalsium), kacang-kacangan, buah-buahan, dan lain-lain.

Makanan Ibu Hamil Trimester Ketiga : Pada trimester ketiga ini makanan ibu hamil sebaiknya kaya akan vitamin C, serat vitamin K, dan vitamin B1. Ibu hamil pada masa ini membutuhkan asupan 200 kalori per hari lebih banyak dibandingkan sebelumnya. Makanan ibu hamil trimester ketiga antara lain terdiri dari kedelai, buah-buahan, seperti alpukat, tomat, jeruk, serta sayur-sayuran, seperti kubis, mentimun. Buah dan sayur tersebut dapat dipadukan untuk dibuat menjadi salad, lalu tambahkan minyak zaitun, karena minyak zaitun juga kaya akan vitamin K.

Selain penting mengetahui makanan untuk ibu hamil yang direkomendasikan oleh para ahli, penting juga loh untuk mengetahui pantangan makanan ibu hamil. Nah, untuk mengetahuinya lebih jauh bisa dibaca di artikel berikut, Pantangan Makanan Ibu Hamil.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: