Informasi dan Tips – informasitips.com

Perkembangan Kehamilan 15 Minggu

informasitips.com – Pada minggu ke-15 ini, wajah janin kian menyerupai manusia jika dibandingkan dengan kehamilan minggu 14. Tidak hanya itu, jika Anda beruntung maka Anda bisa melihat dan mengetahui dengan USG jenis kelamin si kecil di dalam rahim Anda. Berikut ini beberapa perkembangan kehamilan yang terjadi di minggu 15, baik itu pada janin maupun pada ibu hamil:

Perkembangan Pada Janin

– Alat-alat penting di wajahnya, seperti telinga dan mata, sudah berada pada posisi yang seharusnya. Hal itu akan membuat si kecil semakin memiliki tampilan manusia.

– Janin sudah bisa menunjukkan berbagai macam ekspresi wajah. Hal itu tidak terkait dengan suasana hatinya (mood), namun lebih untuk melatih otot-otot wajahnya.

– Kini, kaki janin telah tumbuh lebih panjang dibandingkan lengannya

– Janin sudah bisa menggerakkan semua sendi dan juga tungkainya

– Walaupun kelopak matanya masih dalam keadaan tertutup, namun janin bisa merasakan adanya cahaya. Jika Anda mengarahkan senter ke arah perut ibu, maka si kecil akan menjauh dari sumber datangnya cahaya.

– Indera perasanya belum terlalu berkembang, meski organnya telah terbentuk.

– Nah, pada minggu ke-15 ini Anda sudah bisa mengintip kelamin si kecil, perempuan atau laki-laki. Namun, usaha Anda untuk mengintip kelamin janin dengan menggunakan ultrasound (USG) belum pasti berhasil, boleh jadi tidak jelas atau si kecil tidak berada dalam posisi dimana organ vitalnya terlihat.

– Pada minggu ini, janin mulai belajar bagaimana caranya bernafas, mengisap, dan menelan. Hal tersebut akan memberikannya bekal yang penting manakala telah tiba waktu baginya untuk hadir di dunia, berpindah dari rahim ke rumah.

– Walaupun Ibu belum terlalu merasakan gerakan janin, namun sesungguhnya si kecil bergerak sangat aktif di dalam rahim. Layaknya pesenam aerobic, si kecil aktif bergerak menendang ataupun menggerak-gerakkan kedua tangan dan kakinya. Sebagai akibat dari bobotnya yang masih ringan, maka ibu belum bisa merasakan keaktifan janin dalam rahimnya.

Yang Terjadi Pada Ibu Hamil

– Pada beberapa bagian tubuhnya, di minggu 15 ini ibu hamil akan menjumpai permukaan kulit yang menggelap, misal seperti pada area mata, ketiak, dan lain-lain. Jangan khawatir, kulit yang menggelap tersebut akan hilang beberapa bulan setelah ibu melahirkan. Supaya tidak terlalu menggelap, ibu hamil sebaiknya menghindari paparan langsung sinar matahari.

– Bukan hanya pada kulit, bagian mulut juga harus menjadi perhatian ibu. Gusi yang bengkak atau terjadinya pendarahan pada gusi bisa saja terjadi di periode kehamilan minggu ke 15 ini. Hal tersebut merupakan salah satu dari pengaruh hormon kehamilan yang biasanya akan hilang setelah ibu melahirkan. Adanya kecenderungan munculnya masalah pada area mulut ibu hamil membuat ibu hamil harus senantiasa menjaga kebersihan gigi, agar masalah yang muncul tidak sampai berkembang menjadi lebih parah.

– Gangguan-gangguan lain, seperti sakit kepala, varises vena, mual ataupun kembung, masih mungkin untuk dialami ibu hamil.

– Sebagian ibu hamil mungkin akan mengalami mimisan kala menginjak minggu 15 kehamilan, hal tersebut disebabkan oleh meningkatnya volume darah pada area hidung.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *