Informasi dan Tips – informasitips.com

Tips Memilih Gaun yang Pas Sesuai Bentuk Tubuh

informasitips.com – Gaun mini saat ini memang sedang digandrungi. Bukan saja karena banyak para artis yang memakainya untuk penampilan panggung yang kemudian diikuti para followernya, namun juga karena jenis ini simple untuk dikenakan. Meskipun demikian, anda sebaiknya memilih gaun bukan hanya dari ikut-ikutan saja. Untuk terlihat lebih gaya dan modis dalam mengenakan gaun, ada baiknya anda sesuaikan gaun dengan bentuk tubuh. Berikut tips yang bisa anda ikuti:

  1. Tubuh boyish
    Banyak yang bilang bentuk tubuh ini yang paling susah untuk dipadukan dengan gaun. Bentuknya yang cenderung mirip laki-laki, yaitu dada yang kecil, pinggang dan pinggul yang kecil membuat sulit untuk memberikan efek feminim. Namun, dengan trik yang pas, anda pemilik bentuk tubuh boyish yang ingin bergaya lebih feminim bisa tampil anggun saat memakai gaun. Coba saja dengan memilih model gaun ruffle dan lipit. Hal ini dimaksudkan agar tubuh lebih keliahatan berisi atau bervolume. Jangan lupa juga untuk menambahkan aksesoris seperti ikat pinggang atau kalung untuk menambah kesan feminim anda.

    Karena tubuh anda yang biasanya kecil, maka sebaiknya hindari model gaun dengan ukuran yang ketat. Sedikit agak longgar akan menambah kesan lebih besar pada tubuh anda. Hindari juga model kerah berbentuk bulat karena hanya akan membuat kesan dada anda lebih kecil. Model halter style dan kerah dengan bentuk V sangat cocok untuk bentuk tubuh boyish. Selain membuat bentuk leher anda lebih indah, juga akan membuat dada lebih berisi.

  2. Tubuh kecil atau petite
    Tubuh kecil atau mungil memerlukan trik khusus untuk menambah kesan panjang. Satu keharusan dalam memilih gaun bagi bentuk tubuh ini adalah gaun mini. Gaun mini bertujuan untuk membuat tubuh kelihatan lebih panjang. Gaun yang panjang justru akan menenggelamkan tubuh mungil anda, jadi sebaiknya dihindari.

    High heels juga termasuk syarat wajib bagi si petite. Alas kaki jenis ini akan selalu membantu membuat penampilan anda lebih tinggi. Yang tak kalah pentingnya adalah pemilihan drapery dan asimetris untuk memperlihatkan siluet tubuh kecil anda lebih berisi.

    Gaun yang pas sesuai bentuk tubuh

    Usahakan untuk memilih gaun berwarna-warni yang juga bertujuan untuk memberi kesan tubuh anda lebih besar. Penambahan bust line atau rusching pada bagain dada juga dianjurkan agar membuat dada lebih bervolume. Dalam pemilihan aksesoris, hindari yang bentuknya besar karena hanya akan menenggelamkan tubuh anda. Agak rame tidak masalah tetapi pilih yang bentuknya proporsional dengan tubuh anda yang mungil.

  3. Tubuh Pear
    Bentuk tubuh ini hampir menyerupai buah pir, yaitu kurus pada bagian atas namun besar pada bagian bawah. Untuk itu, pemilihan gaun perlu disiasati agar tubuh terlihat lebih seimbang. Kerah bentuk V akan memberi kesan agak lebar pada tubuh bagian atas sehingga tubuh terlihat lebih proporsional.

    Gaun berbentuk A-line juga akan menyamarkan pinggul anda yang besar dan menonjolkan bagian atas tubuh anda. Usahakan untuk memilih gaun dengan bagian atas yang agak rame misalnya kerah besar atau lengan model besar agar terihat lebih berisi untuk mengimbangi bagian bawah anda. Dan yang perlu dihindari adalah gaun bermodel ketat di bagian bawah, tetapi longgar di bagian atas.

  4. Tubuh besar dan berisi
    Seringkali orang bertubuh besar melakukan kesalahan dalam berpenampilan, seperti mengenakan gaun dengan motif penuh dengan maksud menyembunyikan tubuhnya yang besar. Padahal cara itu malah justru memberi kesan tubuh semakin besar. Solusi terbaik untuk si tubuh besar adalah mengenakan gaun dengan motif yang vertikal agar terlihat lebih ramping.

    Sekali waktu motif zebra atau phyton bisa juga dicoba. Hindarkan gaun yang terlalu panjang karena akan membuat tubuh terlihat pendek sehingga kesannya lebih gemuk. Disamping itu, hindari juga gaun dengan detil yang terlalu banyak dan rame untuk memberi kesan simple dan lebih langsing.

  5. Tubuh curvy
    Tubuh dengan siluet feminim disebut juga dengan curvy. Jika kondisi tubuh anda proporsional, maka bentuk tubuh yang satu ini sangat mudah untuk dicocokkan dengan gaun model apapun.

    Namun, untuk mempertegas kes*ksian anda, motif-motif seperti bunga-bunga kecil atau garis vertikal sepertinya lebih cocok. Gaun dengan potongan dada yang rendah juga akan lebih menonjolkan bagian atas anda sehingga terlihat lebih s*ksi.

  6. Tubuh Top heavy
    Tubuh model top heavy juga bisa dikatakan tubuh dengan dada (atas) besar. Satu hal yang pasti tidak boleh dilakukan untuk anda yang bertubuh top heavy adalah tidak mengenakan bra. Benda ini merupakan benda wajib pakai untuk menampilkan bentuk dada anda secara indah. Jangan mengenakan aksen rame pada bagian atas karena akan menyembunyikan kelebihan anda. dada yang besar bagi sebagian wanita merupakan anugerah, namun meskipun tak boleh disembunyikan, juga jangan terlalu diekspos agar tidak membuat bentuk tubuh tidak proporsional.

    Mengingat tubuh model ini lebih mudah terlihat gemuk jika salah memakai gaun, maka pemilihan gaun harus ekstra hati-hati. Hal lain yang juga tak boleh dilakukan adalah menggunakan gaun dengan neck line menutupi leher karena hal ini akan memberi kesan dada anda semakin besar.

  7. Tubuh berlekuk jam pasir
    Jika anda memiliki model tubuh seperti ini, maka perhatian anda sebaiknya terfokus pada bagian tengah tubuh anda. Mengingat tubuh jam pasir ini memiliki ukuran garis pinggang dan pundak sama, maka gunakan gaun dengan bagian atas terbuka untuk lebih menonjolkan bagian atas tubuh anda. Gunakan aksen ikat pinggang atau ruffle kecil di bagian tengah untuk memberi kesan lekukan pinggang lebih berisi.

  8. Tubuh apple
    Tubuh yang membesar di bagian pinggang disebut juga tubuh apple. Untuk bentuk tubuh seperti ini, gaun yang paling tepat adalah model empire dress atau dengan tali di bahu. Tali pada bahu akan memberi keseimbangan antara bahu dengan ukuran pinggang sehingga lebih proporsional.

    Penambahan belt atau ikat pinggang juga terkadang diperlukan untuk memberi kesan lekuk pada pinggang, mengingat bentuk tubuh ini kuncinya terletak pada bagian bagaimana menampilkan lekukan pinggang agar terlihat lebih s*ksi dan langsing. Pemakaian blazer yang dikombinasikan pada gaun juga diperbolehkan untuk membuat kesan lebih seimbang.

  9. Tubuh segitiga terbalik
    Pemilik bentuk tubuh ini biasanya tidak memiliki lekuk yang jelas pada bagian tubuhnya. Umumnya, ukuran bahu lebih lebar dari pinggang, jadi yang perlu diperhatikan adalah bagaimana cara membuat pinggang lebih berisi megimbangi bahu.

    Bisa dikatakan bentuk tubuh ini agak maskulin. Untuk mensiasatinya, hindari gaun dengan banyak detil di bagian bahu agar bahu tak terlihat semakin besar. Sebaliknya, perbanyak aksen pada bagian pinggul agar terlihat lebih berisi, seperti tumpukan-tumpukan atau ruffle, dan lain sebagainya.

  10. Tubuh persegi panjang
    Bentuk tubuh ini benar-benar lurus, dari atas sampai bawah memiliki ukuran yang nyaris sama. Untuk itu, perlu trik khusus untuk membuat bagian-bagian tertentu pada tubuh anda kelihatan lebih berisi, misalnya di bagian pinggul atau dada. Kenakan gaun dengan aksen agak rame di bagian-bagian tersebut untuk menambah kesan pinggul dan dada lebih berisi. Atau, dengan cara lain, anda juga bisa menggunakan atasan dengan leher tinggi untuk menonjolkan bagian dada anda agar terlihat lebih berisi.

Demikian tipsnya, semoga bermanfaat.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *