Informasi dan Tips – informasitips.com

Padu Padan Warna Baju

Posted on by in , with 3 Comments

informasitips.com – Saat melihat penampilan seseorang dengan warna-warna baju yang dipakai tidak match, sering kali kita berkomentar “Wah, bajunya tabrak lari”. Eeits, jangan keburu berpikir begitu dulu, mungkin orang yang anda komentari saat ini sedang menganut aliran trend berbusana yang menganjurkan untuk memakai warna-warna berani yang tidak senada.

Sah-sah saja sebenarnya mengikuti trend warna ‘tabrak lari’ atau entah apapun itu, sepanjang pakaian tersebut pantas untuk kita kenakan. Tetapi, padu padan warna baju yang Anda kenakan bisa jadi memang salah dan tidak pantas bila Anda mendapati begitu banyak orang yang mengomentari gaya busana Anda kata mereka terlihat aneh itu. Jika itu yang terjadi pada anda, berarti anda harus benar-benar menerima kenyataan bahwa baju yang sedang anda kenakan saat itu sebenarnya memang benar-benar kombinasi yang sangat buruk.

Jadi, bagaimana donk? Tenang, jangan keburu panik. Ada koq hal-hal yang bisa dipelajari untuk bisa tampil sempurna dalam padu padan baju. Pemilihan warna yang tepat menjadi hal yang mutlak untuk dilakukan ketika kita berhubungan dengan orang-orang di sekitar kita. Anda tidak ingin kan komentar miring terus-menerus menghampiri atau Anda menjadi semakin tidak percaya diri hanya untuk masalah kombinasi warna baju yang salah?

Padu padan warna baju

Berikut beberapa panduan dasar yang perlu Anda ketahui dalam mengkombinasikan warna baju yang akan dikenakan:

  1. Sesuaikan warna pakaian dengan warna kulit.
  2. Sesuaikan warna pakaian dengan kegiatan, waktu, dan tempat. Warna-warna gelap biasanya digunakan untuk acara-acara formal, sedangkan warna-warna terang untuk acara informal. Tetapi hal ini tidak mutlak alias bisa disesuaikan.
  3. Hindari mengenakan celana atau bawahan dengan warna-warna terang. Bawahan sebaiknya berwarna gelap, tetapi jika terpaksa harus memakai warna terang, misalnya wajib dipakai karena merupakan seragam atau semacamnya, maka pilihlah atasan yang senada atau sama warnanya. Itu akan lebih enak dipandang.
  4. Jangan menggunakan pakaian yang terdiri lebih dari tiga warna.
  5. Hindari memadukan warna abu-abu dengan warna kalem.
  6. Jika harus memakai aksesoris, sebaiknya harus yang sama dengan warna alas kaki anda. Misalnya anda mengenakan ikat pinggang berwarna cokelat, maka pakailah sepatu yang berwarna cokelat juga.

Warna adalah hal penting yang tak dapat dpisahkan dari fashion. Untuk itu, sudah sepantasnya Anda tahu kombinasi warna apa saja yang cocok dan yang tidak. Warna-warna tersebut antara lain:

padu padan warna pakaian

  1. Merah Terang
    Warna ini adalah lambang keberanian, aktif, dan juga agresif. Dengan melihatnya, mungkin orang akan menilai orang yang berbaju merah sedang dalam kondisi keras dan penuh gairah. Warna ini sangat cocok dalam dunia keprofesionalan karena memiliki kesan kuat. Tetapi warna ini tidak dianjurkan ketika sedang berada dalam acara interview atau wawancara. Warna yang memiliki kesan dinamis dan dramatis ini sangat cocok dipadukan dengan warna abu-abu.
  2. Pink atau Merah muda
    Banyak orang melambangkan warna ini sebagai cinta dan kasih sayang serta romantisme. Warna ini termasuk salah satu warna yang sangat dihindari kaum pria karena banyak yang mengidentikkannya dengan feminism. Warna yang sangat digemari para wanita ini cocok untuk acara-acara kencan dan keromantisan. Kesan romantic yang ditimbulkan oleh pink ini bisa berubah ketika dikombinasikan dengan warna lain, jadi padu padannya harus lebih hati-hati. Anda bisa memadukannya dengan warna putih atau warna-warna terang lainnya. Hindari memadukan dengan warna gelap.
  3. Biru Muda
    Warna ini melambangkan protektif dan bertahan. Banyak orang yang percaya bahwa warna ini bias meningkatnya kepercayaan diri si pemakainya. Sifat yang ditimbulkan dari warna ini adalah formal, jadi sangat cocok jika dikenakan saat acara-acara formal. Jika ingin terkesan lebih santai, maka anda bisa mamadukannya dengan warna-warna tidak formal seperti ungu.
  4. Biru Tua
    Karena melambangkan perasaan yang mendalam, biasanya biru tua diidentikkan dengan kesedihan. Warna ini sangat cocok dipadukan dengan biru muda atau putih.
  5. Kuning
    Warna kuning adalah warna penambah konsentrasi dan melambangkan kegembiraan. Kuning juga bisa berarti persahabatan. Walaupun banyak orang tidak terlalu suka dengan warna ini karena dianggap terlalu mencolok, tetapi sebenarnya anda bisa menyiasatinya dengan memadukan warna kuning dengan warna-warna yang lebih pucat seperti pastel atau kuning terang untuk menghilangkan kesan mencoloknya (nge-jreng nya).
  6. Hijau
    Warna ini banyak disukai orang karena memberi kesan kesejukan. Warna yang melambangkan alam ini sering dipakai untuk gaun pengantin dan sangat cocok dipakai pada saat suasana sore hari. Untuk kesan yang lebih berani, anda bisa memadukan dengan warna kontras seperti kuning. Tetapi jika anda tidak berani tampil mencolok, maka warna-warna padanannya yang lebih terang seperti putih dan hijau terang akan sangat pas menjadi kombinasi.
  7. Abu-Abu
    Warna ini melambangkan keseriusan. Karena warna ini cenderung netral maka tidak disarankan orang memakai warna abu-abu dari atas sampai bawah. Hal ini akan menyebabkan anda terkesan membosankan. Warna-warna gelap apapun bisa dipadukan dengan si abu-abu ini karena warna-warna tersebut akan memberi kesan kalem.
  8. Hitam
    Kesan yang timbul dari warna hitam adalah tegas dan kuat. Meskipun banyak yang menganggap warna hitam memiliki reputasi buruk, tetapi anda tidak perlu takut memakainya. Hitam dewasa ini sering diidentikkan dengan ke-elegan-an atau sesuatu yang klasik dan abadi. Hitam juga merupakan warna yang paling banyak dipilih oleh orang bertubuh gemuk karena bisa menampilkan kesan terlihat lebih kurus. Warna-warna seperti merah, silver, ataupun stiletto membuat warna ini lebih hidup.
  9. Coklat
    Warna cokelat adalah warna tanah. Karena bersifat alami, maka warna ini cenderung cocok dengan warna apapun apalagi jika masih senada.

Sebenarnya masih banyak warna-warna yang bisa dipelajari, tetapi dengan dasar pengetahuan ini, anda sekarang pasti telah memiliki gambaran yang lebih jelas dalam mengkombinasikan warna-warna apa saja yang tepat untuk anda kenakan sehari-hari atau ke acara-acara tertentu. Selamat mencoba.

Related Posts

3 thoughts on “Padu Padan Warna Baju

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

JOIN US ON

NEWSLETTER

Mau berlangganan artikel Kami? Tulis Email Anda pada form di bawah ini.

Cek Email Anda setelahnya untuk mengaktifkan layanan newsletter. Terimakasih