Informasi dan Tips – informasitips.com

Keputihan yang “krem, kuning, hijau dan abu-abu”

Keputihan berwarna-warni pada wanitainformasitips.com – Keputihan saja bisa macam-macam ya warnanya? Ya, warna keputihan tidak spesifik untuk satu jenis penyakit. Apalagi penyakit yang disebabkan oleh parasit bernama Trichomonas v*g*n*lis ini. Wanita yang terinfeksi, bisa mengeluhkan keputihan yang berwarna krem, kuning, kehijauan atau abu-abu. Selain warna keputihan yang tidak spesifik, gejalanya juga belum tentu muncul dan sama pada tiap wanita. Tak heran jika banyak wanita yang tidak datang berobat, karena tidak merasakan gejalanya.

Kenapa bisa terinfeksi?
Penyakit ini ditularkan melalui sex dengan orang yang terinfeksi parasit T. v*g*n*lis. Memang benar si parasit ini memiliki ekor (flagel) dan bisa bergerak, namun penularan melalui sauna, genangan air, toilet tidak memungkinan. Jika terinfeksi, parasit akan menghuni v*g*n*, serviks/leher rahim, saluran kencing, kandung kemih, dan kelenjar bartholin (kelenjar yang menghasilkan pelumas). Pada pria, parasit ini menghuni saluran kencing, prostat, semen/cairan sperma dan epididimis/tempat penyimpanan semen. Parasit ini merusak sel-sel epitel v*g*n*, sehingga memudahkan terjadinya infeksi lain. Keputihan yang terjadi pada wanita hamil dapat menyebabkan ketuban pecah dini, kelahiran prematur, berat bayi lahir rendah, dan penularan ke janin. Selain itu juga bisa menyebabkan infeksi pada saluran telur dan kemandulan.


Gejala-gejala di bawah ini adalah gejala spesifik, namun sekali lagi ditekankan bahwa wanita yang terinfeksi belum tentu mengalaminya. Berikut beberapa gejala keputihan:

  • Keputihan berwarna krem, kuning, kehijauan, atau abu-abu
  • Keputihan berbau tidak sedap
  • Keputihan bercampur darah
  • Keputihan berbusa
  • Gatal dan kemerahan di seputar v*g*n*
  • Rasa nyeri atau terbakar saat buang air kecil atau saat berhubungan intim

Saran
Tidak semua keputihan itu merupakan penyakit menular , namun sangat penting untuk memeriksakan sesuatu yang tidak normal, kan? Hanya melalui pemeriksaan ke dokter, anda dapat mengetahui penyebab keputihan anda. Penampakan vulva/v*g*n* atau penis yang “normal” belum tentu bersih dari penyakit, sehingga please, jangan ambil resiko untuk kesenangan sesaat ya. Kondom bukanlah segalanya, kondom tidak dapat menghindari anda dari penyakit menular . Perlu anda ketahui juga, virus HIV itu ukurannya LEBIH KECIL dari pori-pori kondom loh!

Salam 
dr. Vetta Fegitalasky

Digiprove sealCopyright secured by Digiprove © 2012


loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: