Informasi dan Tips – informasitips.com

Cemilan yang Cocok Untuk Ibu Hamil

informasitips.com – Kecenderungan kita di jaman serba instan ini adalah belanja makanan jadi, yang menurut kita enak. Namun hati-hati dalam makanan tersebut ada zat-zat yang tidak baik untuk kesehatan. Berikut ini adalah zat dan makanan yang perlu dihindari:

  • Tingginya kadar kalori, garam, gula, lemak dan msg (monosodium glutamat). Zat-zat tersebut ada pada snacks (keripik kentang dan sejenisnya), butter popcorn, kue tar/cake, beberapa jenis biskuit/cookies, donat, kentang goreng, nachos, es krim dan cokelat.
  • Minuman berkadar gula tinggi juga dihindari, seperti minuman berenergi, soft drink, sport drink dan minuman rasa buah. Alkohol tentu saja tidak dibolehkan.
  • Minuman bersoda membuat lambung Anda hanya dipenuhi gula dan gas. Anda akan merasa kenyang, dan malah asupan makan utama menjadi tidak terpenuhi.
  • Sebaiknya selalu cek kemasan makanan ringan, coba lihat adakah zat pewarna dan zat penyedap, ini juga sebaiknya dihindari, walaupun kenyataannya hampir semua makanan kemasan memang di dalamnya ada zat-zat ini. Zat tersebut misalnya ada pada mie instan dan makanan cepat saji.

Empat poin di atas bisa selalu Anda jadikan acuan saat memilih cemilan. Kelihatannya tidak menyenangkan ya? Menjadi sehat itu memang butuh perjuangan dan komitmen. Jika Anda sedang berjuang untuk mendapatkan janin yang sehat, tentu Anda mau berkomitmen mengkonsumsi hanya makanan yang sehat. Ibu hamil memang disarankan “ngemil” karena porsi makan yang dibagi, juga adanya cemilan bisa menyiasati mual-mual, rasa begah dan nyeri lambung. Berikut ini ada beberapa makanan sehat yang direkomendasikan ahli gizi jerman, Heidi Reichenberger dan Elizabeth Somer:

camilan sehat untuk ibu hamil

  • Buah-buahan
    125 gram buah-buahan cukup untuk porsi sehari. Buatlah jus buah-buahan tanpa tambahan sirup.
  • Susu kedelai
    Susu kedelai ditambah bubuk cokelat, selain sehat juga memenuhi kebutuhan sepertiga kalsium sehari dan vitamin D.
  • Yoghurt
    Selain tentunya mengandung kalsium, juga mengandung protein, serat vitamin dan mineral. Pilihlah yang rendah lemak.
  • Stik keju
    Cemilan ini selain gurihnya berasal dari keju juga tinggi protein. Tapi pilih yang rendah lemak ya.
  • Jus jeruk
    Siang hari yang terik, boleh saja minum jus jeruk, apalagi kalau buatan sendiri. Jika membeli jus jeruk dalam kemasan juga masih dibolehkan, tiap 120 ml mengandung setengah dari kebutuhan vitamin C sehari dan 15% kebutuhan kalsium sehari. Namun jangan minuman berenergi rasa jeruk ya!
  • Sereal
    Musli atau cornflake bisa dijadikan cemilan kecil sebelum beranjak dari tempat tidur. Siapkan juga beberapa bungkus untuk cemilan di meja kerja anda.
  • Kismis
    Tiap 25 gram kismis, terdapat 2 gram serat, 4% kebutuhan zat besi sehari, dan 1 gram protein.
  • Salad
    Beberapa restoran cepat saji menyediakan beragam salad sayur maupun buah. Pilihlah wortel, tomat, timun, Zuccini, seledri, kacang tanah dan kecambah.
  • Keju cottage
    Keju lembut berwarna putih ini, bisa dijadikan pelapis roti tawar anda. Ia merupakan sumber protein dan kalsium.
  • Baby carrot
    Wortel mini yang renyah ini kaya akan pro-vitamin A dan serat. Anda bisa mencelupkannya ke dalam Joghurt rasa buah.

Saran saya, lebih baik Anda membuat cemilan sendiri di rumah, sesuaikan dengan porsi makan sehari. Untuk mengetahui nutrisi dan porsi makan Anda, silahkan dibaca artikel berjudul “Nutrisi untuk ibu hamil”. Semoga bermanfaat.

Salam 
dr. Vetta Fegitalasky



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

One thought on “Cemilan yang Cocok Untuk Ibu Hamil

  1. muhammad zia ulhaq irwan

    Terimah kasih kami ucapkan, karena ibu sudah mau membagi ilmunya lewat artikel ini semoga jasa jasa ibu dibalas yang Maha Kuasa dgn berlipat ganda. saran saya mohon diterbitkan lebih banyak lagi dengan mengikuti perkembangan zaman tehnolgi.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: