Cemilan yang Cocok Untuk Ibu Hamil

camilan sehat untuk ibu hamil


informasitips.com – Kecenderungan kita di jaman serba instan ini adalah belanja makanan jadi, yang menurut kita enak. Namun hati-hati dalam makanan tersebut ada zat-zat yang tidak baik untuk kesehatan, apalagi bagi ibu hamil yang memang perlu menjaga semua asupan makanan yang masuk ke dalam tubuhnya. Berikut ini adalah zat dan makanan yang perlu dihindari, terutama oleh Ibu hamil:

1. Makanan dengan kadar kalori, garam, gula, lemak dan msg (monosodium glutamat) yang tinggi. Zat-zat tersebut ada pada snacks (keripik kentang dan sejenisnya), butter popcorn, kue tar/cake, beberapa jenis biskuit/cookies, donat, kentang goreng, nachos, es krim dan cokelat.

Makanan yang tinggi garam perlu dibatasi selama hamil karena bisa memicu tekanan darah tinggi (Hipertensi Saat Hamil) dan membuat kaki bengkak akibat tertahannya cairan tubuh.

2. Minuman berkadar gula tinggi juga dihindari oleh ibu hamil, seperti minuman berenergi, soft drink, sport drink dan minuman rasa buah. Minuman beralkohol juga tentu saja tidak dibolehkan untuk ibu hamil.

Baca juga: Zat-zat Berbahaya Bagi Kehamilan

3. Minuman bersoda yang dapat membuat lambung Anda hanya dipenuhi gula dan gas. Anda akan merasa kenyang, dan malah asupan makan utama menjadi tidak terpenuhi.

4. Minuman berkafein sebaiknya juga perlu dihindari atau setidaknya dikurangi selama hamil. Minuman berkafein seperti kopi, teh, coklat berisiko mengganggu sistem saraf pusat janin. Minuman berkafein tersebut juga dapat membatasi penyerapan zat besi yang dibutuhkan oleh ibu hamil selama hamil, dimana kekurangan zat besi pada ibu hamil dapat menyebabkan anemia, dan kadar Hemoglobin ibu hamil yang rendah. Batasi konsumsi minuman berkafein hanya 1 cangkir sehari.

5. Sebaiknya selalu cek kemasan makanan ringan, coba lihat adakah zat pewarna dan zat penyedap. Zat pewarna dan penyedap sebaiknya juga dihindari selama hamil. Walaupun kenyataannya hampir semua makanan kemasan memang di dalamnya ada zat-zat ini, setidaknya semasa hamil Anda berusaha menghindari atau mengurangi konsumsi zat-zat tersebut. Zat tersebut misalnya ada pada mie instan dan makanan cepat saji.

Loading...

6. Makanan yang mengandung zat-zat berbahaya seperti boraks dan formalin harus dihindari. Boraks dapat menyebabkan gangguan otak, hati, dan kulit, sementara formalin dapat menyebabkan kanker paru dan gangguan pencernaan. Waspadai makanan-makanan yang biasanya mengandung boraks dan formalin, misalnya mie, bakso, tahu, kerupuk, dan lain sebagainya. Biasanya, makanan yang mengandung boraks, memiliki tekstur yang lebih bagus dan sangat kenyal.

Baca juga: Pantangan Makanan Ibu Hamil

Enam poin di atas bisa selalu Anda jadikan acuan saat memilih cemilan untuk dikonsumsi sehari-hari selama hamil. Kelihatannya tidak menyenangkan, ya? Menjadi sehat itu memang butuh perjuangan dan komitmen. Jika Anda sedang berjuang untuk mendapatkan janin yang sehat, tentu Anda mau berkomitmen mengkonsumsi hanya makanan yang sehat.

Ibu hamil memang disarankan “ngemil” karena porsi makan yang dibagi, juga adanya cemilan bisa menyiasati mual-mual, rasa begah dan nyeri lambung. Camilan juga penting untuk mengganjal perut ibu hamil yang umumnya lebih mudah lapar, membantu menambah tenaga, sekaligus juga membantu melengkapi nutrisi ibu hamil.

Waktu yang tepat untuk ngemil saat hamil adalah sekitar pukul 10.00 dan pukul 16.00. HIndari jenis cemilan yang tinggi kalori yang tidak terlalu dibutuhkan tubuh. Sebaiknya pilihlah makanan segar daripada makanan awetan, karena makanan olahan (awetan) cenderung tinggi garam, gula, dan banyak mengandung zat aditif yang berbahaya bagi kehamilan. Selain itu, dalam makanan olahan awetan, biasanya zat gizinya sudah jauh berkurang, hilang atau bahkan hancur akibat proses pengawetan, pemanasan, atau pendinginan.

Lalu, seperti apa jenis camilan yang disarankan untuk dikonsumsi oleh wanita hamil? Berikut ini ada beberapa makanan sehat yang direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil:

1. Buah-buahan
125 gram buah-buahan cukup untuk porsi sehari. Anda bisa mengonsumi buah dengan cara langsung dimakan, namun tentunya buah tersebut harus sudah dicuci dengan bersih ya.

Loading...

Selain dikonsumsi langsung, Ibu hamil juga dapat mengonsumsi buah dengan cara dibuat jus buah-buahan (sebaiknya tanpa tambahan sirup), dalam bentuk rujak buah (sangat cocok jadi cemilan Ibu Hamil yang suka dengan makanan yang segar-segar dan asam), atau bisa juga dikonsumsi dalam bentuk salad buah dengan tambahan saus yoghurt di atasnya.

Namun, saat akan mengonsumsi buah pastikan buah tersebut dalam kondisi yang masih bagus dan segar. Hindari konsumsi buah yang sudah berjamur, karena jamur-jamur tertentu dapat menghasilkan bahan-bahan toksik (racun) yang berbahaya bagi kehamilan.

2. Susu kedelai
Susu kedelai ditambah bubuk cokelat, selain sehat juga memenuhi kebutuhan sepertiga kebutuhan kalsium sehari dan vitamin D.

3. Yoghurt
Apakah Ibu hamil boleh minum yoghurt? Jawabannya tentu saja boleh. Selain mengandung kalsium, Yoghurt juga mengandung protein, serat vitamin dan mineral. Pilihlah jenis Yoghurt yang rendah lemak.

4. Stik keju
Cemilan ini selain gurihnya berasal dari keju juga tinggi protein. Tapi pilih yang rendah lemak ya. Selain stik keju, ibu hamil juga bisa mengonsumsi 1-2 iris atau lembar keju untuk membantu memenuhi kebutuhan kalsium selama hamil.

Namun, untuk konsumsi keju selama hamil, sebaiknya Anda mempertimbangkan jenis keju yang boleh dan aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil.

Baca juga: Jenis Keju yang Boleh dan Tidak Boleh Dimakan Ibu Hamil

5. Jus jeruk
Siang hari yang terik, boleh saja minum jus jeruk, apalagi kalau buatan sendiri. Jika membeli jus jeruk dalam kemasan juga masih dibolehkan, tiap 120 ml mengandung setengah dari kebutuhan vitamin C sehari dan 15% kebutuhan kalsium sehari. Namun jangan minuman berenergi rasa jeruk ya!

6. Sereal
Musli atau cornflake bisa dijadikan cemilan kecil sebelum beranjak dari tempat tidur. Siapkan juga beberapa bungkus untuk cemilan di meja kerja anda.

7. Kismis
Tiap 25 gram kismis, terdapat 2 gram serat, 4% kebutuhan zat besi sehari, dan 1 gram protein.

8. Baby carrot
Wortel mini yang renyah ini kaya akan pro-vitamin A dan serat. Anda bisa mencelupkannya ke dalam yoghurt rasa buah.

9. Susu Sapi
Susu Sapi dapat menjadi salah satu cemilan untuk ibu hamil. Selain sebagai camilan, susu juga dapat membantu melengkapi kebutuhan nutrisi harian ibu hamil. Ibu hamil dapat memilih jenis susu khusus untuk ibu hamil yang memang sudah diperkaya dengan aneka nutrisi seperti asam folat, AHA dan DHA, kalsium, zat besi, vitamin C, Vitamin B6, B1, Yodium, dan lain-lain. Bila Anda tidak suka dengan jenis susu khusus ibu hamil, minum susu sapi biasa pun tidak masalah.

10. Kacang Hijau
Kacang hijau juga termasuk salah satu camilan yang bergizi dan menyehatkan untuk ibu hamil. Kacang hijau kaya akan protein, vitamin, dan mineral yang dibutuhkan oleh ibu hamil, seperti vitamin B1, B2, fosfor, zat besi, dan lainnya. Semangkuk bubur kacang hijau dapat menjadi camilan sehat yang nikmat dan mengenyangkan untuk membantu mengganjal perut ibu hamil.

Baca juga: Nutrisi Dan Manfaat Kacang Hijau Untuk Ibu Hamil Dan Menyusui

Saran saya, lebih baik Anda membuat cemilan sendiri di rumah, sesuaikan dengan porsi makan sehari. Untuk mengetahui nutrisi dan porsi makan Anda, silahkan dibaca artikel berjudul “Nutrisi untuk ibu hamil”. Semoga bermanfaat.

Salam 
dr. Vetta Fegitalasky

Loading...

ARTIKEL TERKAIT:

One thought on “Cemilan yang Cocok Untuk Ibu Hamil”

  1. muhammad zia ulhaq irwan berkata:

    Terimah kasih kami ucapkan, karena ibu sudah mau membagi ilmunya lewat artikel ini semoga jasa jasa ibu dibalas yang Maha Kuasa dgn berlipat ganda. saran saya mohon diterbitkan lebih banyak lagi dengan mengikuti perkembangan zaman tehnolgi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading...

NEWSLETTER:

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan:

KATEGORI:

FOLLOW US: