Informasi dan Tips – informasitips.com

Tanda-Tanda Hamil Kembar

informasitips.com – Banyak orang tua yang mengharapkan agar memiliki anak yang terlahir kembar. Berbagai alasan pun menyertainya, seperti ingin memiliki minimal dua anak hanya dengan sekali hamil, hanya ingin sekali waktu menjalani rutinitas mengurus lebih dari 1 bayi, dan berbagai alasan lainnya. Ibu yang hamil kembar biasanya memiliki tanda-tanda khusus yang menunjukkan bahwa dirinya tengah mengandung lebih dari 1 bayi. Nah, berikut ini beberapa tanda hamil kembar yang dapat diamati pada ibu hamil:

Meningkatnya Kadar Hormon hCG Pada Tes Darah

Biasanya seorang ibu yang mengandung janin kembar akan menunjukkan adanya lonjakan titer hormon hCG pada pemeriksaan darah. Titer hormon hCG pada ibu hamil dengan usia kehamilan 4 minggu memberikan hasil 5-50 mIU/ml. Nah, jika hasil titer hormon hCG Ibu berada di atas level itu maka ada kemungkinan Ibu mengandung anak kembar. Namun, hasil titer hormon hCG yang tinggi tidak menjamin bahwa Ibu mengandung anak kembar, hal tersebut seperti dijelaskan oleh Prof. Amos Grunebaum, direktur kebidanan, persalinan dan melahirkan pada Weill Cornell Medical College.

Gejala Kehamilan Yang Muncul Terbilang Hebat

Semakin banyak jumlah janin dalam kandungan, maka akan semakin banyak kadar hormon yang terlibat dalam kehamilan tersebut. Gejala yang menyertai fluktuasi hormon pun juga akan lebih hebat ketimbang jika hamil janin tunggal. Sebagai contoh, hamil kembar akan melibatkan kadar hormon hCG yang lebih tinggi, sehingga mual dan muntah yang dialami ibu hamil kembar akan lebih berat daripada ibu yang hamil dengan satu janin. Ibu yang hamil janin kembar akan mengalami morning sickness yang lebih ekstrem yang biasa disebut hyperemesis gravidarum, yaitu suatu keadaan dimana mual dan muntah yang terjadi pada ibu hamil sangat hebat hingga membutuhkan asupan cairan dari infus (intravena).

Tonjolan Perut Lebih Besar Pada Awal Kehamilan

Banyak orang melihat bahwa ibu yang hamil kembar memiliki perut yang lebih menonjol. Tidak hanya mereka, ibu yang hamil kembar pun juga merasa bahwa perut mereka lebih menonjol ketimbang ibu yang hamil dengan satu janin. Namun, pihak dokter berkata lain, ukuran perut ibu tidak bisa dijadikan patokan atau indicator untuk mengatakan apakah ibu hamil kembar atau tidak, yang bisa memastikan itu adalah hanya dengan pemeriksaan USG. Menurut dokter, ibu hamil kembar dapat dipastikan sejak umur kandungan mereka mencapai 6 hingga 7 minggu kehamilan. Selain dengan USG, cara untuk mengetahui bahwa seorang ibu hamil kembar adalah dengan menggunakan alat Doppler, yaitu mendengarkan adanya dua detak jantung yang berbeda di dalam Rahim.

Selain 3 Tanda Hamil Kembar di atas, tanda-tanda berikut ini juga sering teramati pada ibu dengan hamil kembar:

  • Memiliki keinginan dan kebutuhan untuk buang air kecil yang lebih sering dibandingkan dengan ibu yang tidak hamil kembar.
  • Ibu dengan hamil kembar merasa sangat lelah seolah-olah tidak bisa melalui setiap harinya.
  • Terasa kram pada daerah di sekitar Rahim, hal itu disebabkan karena Rahim berkembang relatif sangat cepat pada hamil kembar.
  • Bila ibu hamil kembar biasanya memiliki detak jantung yang lebih cepat, karena jantung bekerja lebih keras daripada biasanya. Hal itu disebabkan karena volume darah yang dipompa lebih banyak saat ibu hamil dengan janin kembar. Kedua janin harus disuplai oleh oksigen yang dibawa oleh darah yang dipompa jantung.
  • Sangat moody, bahkan cenderung mudah untuk menitikkan air mata dan memiliki emosi yang tidak stabil. Pada hamil kembar moody yang muncul kerap berada pada level ekstrem.
  • Ibu yang hamil kembar biasanya akan merasakan gerakan bayi di dalam perut lebih awal dibandingkan ibu yang tidak hamil kembar. Biasanya ibu akan merasakan gerakan bayi saat usia kehamilan menginjak 15-16 minggu, nah jika ibu hamil kembar, maka akan merasakan gerakan janin lebih awal dari 15-16 minggu.


loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: